. Cara Menghemat Uang Saat Traveling Saat Anggaran Pas-Pasan | MediaLintasSumatera
Home » » Cara Menghemat Uang Saat Traveling Saat Anggaran Pas-Pasan

Cara Menghemat Uang Saat Traveling Saat Anggaran Pas-Pasan

Written By MediaLintasSumatera on Sabtu, 25 Maret 2017 | 11.20

Pesonajambi.net-Kebanyakan traveler berhasil mengunjungi tempat-tempat keren yang mereka inginkan bukan karena mereka punya banyak uang, hanya saja mereka bisa mengatur keuangan dengan baik selama perjalanan. 
 
Bagi kamu yang suka traveling, tentu sering dibuat pusing dengan banyaknya biaya yang harus kamu keluarkan sebelum dan selama perjalanan. 

Sebelum berangkat, kamu merasa perlu membeli berbagai perlengkapan seperti tas travel, kamera, dan sebagainya. Selama perjalanan pun, tentu kamu menghabiskan uang yang tidak sedikit. Meskipun kamu berhasil mendapatkan tiket dengan harga promo dan tidak mengeluarkan uang untuk akomodasi karena menginap ala couch surfing, kamu tetap perlu membeli makanan atau oleh-oleh. 

Padahal, sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan anggaran yang ada. Di bawah ini ada tujuh cara sederhana untuk menghemat uang saat traveling.

1. Siapkan Rencana Perjalanan Dengan Detail

Photo Credit: haiineola

Memang melakukan perjalanan wisata harus direncanakan sebaik mungkin. Traveling spontan atau dadakan memang seru dan menyenangkan, apalagi jika dilakukan bersama sahabat-sahabat dekat. Sayangnya, hal ini bukan pilihan yang tepat kalau kamu ingin menghemat uang. 

Jika ingin menghemat budget sebelum dan selama perjalanan, kamu harus menyiapkan perencanaan dari awal. Perencanaan yang detail seperti bagaimana rute transportasi yang akan kamu gunakan, mencari tahu tempat-tempat wisata yang menyenangkan namun juga murah, serta tempat makan yang sesuai dengan anggaranmu.

Yang paling penting, ketika kamu merancang perjalananmu dari jauh hari, bisa saja kamu mendapatkan tiket pesawat yang jauh lebih murah. Hal ini akan sangat mengurangi pengeluaranmu saat traveling

Menurut riset dari korporasi penerbangan, waktu terbaik untuk membeli tiket pesawat yang murah adalah 6-8 minggu sebelum waktu keberangkatan. Jadi paling tidak kamu harus melakukan pemesanan 2 sampai 3 bulan dari masa keberangkatnmu.

2. Cari Penginapan Termurah atau Gunakan Kemampuan Jaringanmu untuk Mendapat Tumpangan Menginap

Photo Credit: newmediatravel

Selama melakukan traveling, kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu di tempat-tempat wisata daripada diam di penginapan. Jadi untuk menghemat biaya, kamu tidak perlu mencari hotel atau penginapan mewah yang bisa membuat pengeluaran membludak

Pintar-pintarlah mencari penginapan termurah atau gratis. Jika memang punya, akan lebih baik menghubungi teman atau kerabat yang tinggal di daerah kunjunganmu.

3. Jangan Membeli Souvenir, oleh-oleh, dan snack di Tempat Wisata Karena Harganya Bisa Jauh Lebih Mmahal

Photo Credit: satuceritadalamhidupku

Melakukan sebuah perjalanan wisata rasanya kurang afdol jika tidak membeli souvenir atau oleh-oleh dari daerah yang sedang dikunjungi. Pernak pernik cantik atau makanan khas daerah tersebut seringkali mengundang keinginan berbelanja bagi para wisatawan. 

Namun, perlu Sahabat Trivia ketahui bahwa harga oleh-oleh atau souvenir yang dijual di kawasan wisata memiliki harga yang tidak wajar. Apalagi jika kamu pergi berlibur saat peak season atau masa-masa liburan, harganya akan sangat mahal. 

Sebagai alternatif tempat berbelanja yang lebih murah, kamu bisa membeli barang-barang yang kamu inginkan di pusat oleh-oleh atau pasar tradisional. Tidak hanya harganya yang akan jauh lebih murah, pilihannya juga pasti lebih banyak.

4. Mencoba makanan lokal tanpa harus ke restoran mahal

Photo Credit: kompas
Di daerah wisata, pastinya banyak penduduk lokal yang menyediakan makanan atau minuman khas daerah setempat. Selain harganya dijamin murah, dengan menikmati makanan dari pendagang-pedangan lokal, kamu bisa bertemu dengan banyak penduduk setempat untuk mendapatkan cerita-cerita seru tentang tradisi atau budaya mereka. 

Jadi, selain dapat mendukung pengusaha kuliner lokal, secara tidak langsung kamu pun bisa mengalokasikan sisa biaya untuk mengunjungi tempat-tempat wisata lain.

5. Pastikan ada aplikasi traveling dan peta di ponselmu

Photo Credit: huffingtonpost

Untuk mengetahui daerah wisata mana saja yang bisa kamu kunjungi, aplikasi dan peta yang dapat digunakan offline akan sangat membantu bagi perjalananmu. Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya mencari tahu aplikasi yang tepat sekaligus bisa menjadi pemandu wisata gratis bagimu. 

Aplikasi yang kamu butuhkan misalnya, aplikasi yang bisa memudahkanmu membuat daftar barang-bararang yang kamu butuhkan. Atau aplikasi yang dapat memberi tahu rekomendasi tempat-tempat wisata yang bisa kamu kunjungi serta informasi terkait jam buka atau harga tiket masuk.

6. Penting hukumnya membawa makanan yang tahan lama untuk dimakan saat melakukan traveling

Photo Credit: langsungenak

Selain harga penginapan, harga makanan di tempat wisata pasti juga ikut-ikutan naik level. Tapi tenang, kamu bisa mengakalinya dengan membawa beberapa makanan yang tahan lama selama perjalananmu. 

Misalnya, abon, mie instan, sereal, atau makanan lain yang menurutmu tahan lama. Selain bisa mengurangi anggaran, hal ini juga bisa menjadi solusi bagi kamu yang muslim dan khawatir akan kehalalan makanan di tempat tujuanmu. Kamu pun tak perlu pusing jika penginapanmu tidak menyediakan sarapan.

7. Liburan bersama grup

Photo Credit: ncc
Melakukan solo traveling kadang memang menyenangkan, kamu bisa bebas bertualang sesuka hati tanpa menunggu keputusan orang lain. Namun, melakukan perjalanan seorang diri tentunya akan mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk biaya akomodasi. 

Berbeda halnya jika sebelum melakukan perjalanan kamu mengumpulkan massa untuk turut bergabung dalam wisata yang akan kamu lakukan. Selain akan lebih menyenangkan, biaya yang kamu keluarkan bisa jauh lebih sedikit dibanding ketika melakukan perjalanan pribadi. 

Misalkan, ketika kamu berlibur ke sebuah pulau, kamu bisa patungan untuk menyewa kapal/boat. Atau saat memesan makanan, kamu bisa membeli porsi besar yang harganya cenderung lebih murah. 

Traveling sambil membatas pengeluaran tidak selalu berarti kamu akan sengsara selama perjalanan. Asal bisa mengatur keuangan dengan baik dan memanfaatkan fasilitas-fasilitas publik serta mengikuti tips-tips di atas, dijamin berhemat juga dapat membuat liburanmu menyenangkan. Kebanyakan traveler berhasil mengunjungi tempat-tempat keren yang mereka inginkan bukan karena mereka punya banyak uang, hanya saja mereka bisa mengatur keuangan dengan baik selama perjalanan.

8. Mengurangi pengeluaran ‘remeh’

Photo Credit: pesonaindo
Tanpa disadari, mungkin kamu mengeluarkan uang untuk melaundry baju, membayar parkir, atau membeli air minum kemasan. Jika kamu bisa mencuci baju dan mengambil air minum di penginapan, kamu bisa menghemat hingga lima puluh ribu sehari, lho! Jika memungkinkan, kamu pun bisa menyiasati dengan parkir di satu tempat lalu mengunjungi tempat-tempat wisata dengan berjalan kaki. 

Atau kamu juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan angkutan umum jika biayanya lebih hemat daripada menyewa motor atau mobil.

Hemat tidak berarti kamu tidak bisa membelanjakan uang untuk barang-barang yang kamu inginkan. Asal bisa mengatur keuangan dengan baik dan memanfaatkan fasilitas-fasilitas publik serta mengikuti tips-tips di atas, dijamin berhemat juga dapat membuat liburanmu menyenangkan. 

Kebanyakan traveler berhasil mengunjungi tempat-tempat keren yang mereka inginkan bukan karena mereka punya banyak uang, hanya saja mereka bisa mengatur keuangan dengan baik selama perjalanan. (Pesonajambi.net/ Sumber http://trivia.id)

Share this article :

Posting Komentar