}); }); Lomba Perahu di Sungai Batanghari Jadi Agenda Wisata Jambi | MediaLintasSumatera
Home » , » Lomba Perahu di Sungai Batanghari Jadi Agenda Wisata Jambi

Lomba Perahu di Sungai Batanghari Jadi Agenda Wisata Jambi

Written By MediaLintasSumatera on Selasa, 07 Maret 2017 | 07.47

Lomba Pacu Perahu Naga di Sungai Batanghari Kota Jambi. IST
(Matra, Jambi)-Lomba pacu perahu di Sungai Batanghari merupakan tradisi Provinsi Jambi sebagai salah satu agenda wisata yang  harus dipertahankan. Karena lomba perasu sudah menjadi agenda tahunan di Jambi, baik saat HUT Provinsi Jambi juga saat HUT Kota Jambi.

“Lomba pacu perahu ini sudah menjadi tradisi dan harus dipertahankan. Kalau memang ini bisa kita dorong menjadi lomba perahu di tingkat nasional, kenapa tidak. Kita sudah mengarah ke sana," kata H Zumi Zola saat lomba pacu perahu di Sungai Batanghari dalam rangkaian HUT ke-60 Provinsi Jambi, Januari lalu.

Zola mengatakan lomba pacu perahu sudah menjadi tradisi dalam setiap perayaan ulang tahun Provinsi Jambi, bahkan dilaksanakan disetiap hari-hari besar. “Saya dan pak Wagub sangat bersyukur, peserta lomba pacu perahu tahun ini lebih banyak daripada tahun sebelumnya. Artinya animo masyarakat semakin meningkat dan mudah-mudahan terus meningkat," ujarnya.

Zola juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berkenan untuk ikut memeriahkan lomba dengan menonton di kiri kanan sepanjang aliran sungai. “Selain ada segi olahraga, lomba pacu perahu juga ada segi hiburannya. Masyarakat sangat banyak yang menyaksikannya. Mudah-mudahan ini memberikan sesuatu yang baik kepada masyarakat," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Arief Munandar mengatakan, lomba pacu perahu ini diikuti 39 peserta yang merupakan perwakilan dari 11 kabupaten/kota di Jambi. Peserta dibagi dengan tiga kategori. Yakni tipe A sembilan peserta, tipe B 23 peserta dan kategori perahu naga sebanyak tujuh peserta.


Arief mengatakan total hadiah yang diperebutkan sebanyak 81 juta plus piala yang akan di bagi dalam kategori yang diperlombakan. Lomba dilakukan di lokasi, kawasan Kelurahan Olak Kemang Seberang Kota Jambi dan finis di Tanggo Rajo (Ancol) Jambi, tepatnya di objek wisata Jembatan Pedestrian Gentala Arasy. (Matra/Lee)
Share this article :

Posting Komentar