}); }); Melirik Pesona Jerambah Gantung Desa Air Batu Merangin | MediaLintasSumatera
Home » , , , » Melirik Pesona Jerambah Gantung Desa Air Batu Merangin

Melirik Pesona Jerambah Gantung Desa Air Batu Merangin

Written By MediaLintasSumatera on Rabu, 22 Maret 2017 | 20.17


PesonaJambi.net-Lokasinya di Desa Air Batu, Kecamatan Renah Pemberap, Kabupaten Merangin. Penanda Desa Air Batu berada di Desa Merkeh 24 Km dari Bangko pada ruas jalan ke Kerinci. Di simpang Merkeh kita berbelok di Gapura yang telah dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Merangin dan Kemudian menempuh jalan aspal sekitar 7 Km.

Kawasan 'Geopark' yang terletak di desa Air Batu dan Dusun Baru, Kecamatan Renah Pemberap, Kabupaten Merangin ini dikelola langsung oleh HAMPA (Himpunan Anak muda Peduli Alam) desa Air batu, pengunjung wajib menemui mereka di basecamp sebelum ke 'geopark'.

Ada dua cara untuk menjangkau semua lokasi fosil, jalan kaki atau menyusur sungai (Rafting) menantang jeram di aliran sungai. Jika melintasi jalur traking, butuh waktu 3 jam pulang pergi, dan jika dengan arung jeram harus melewati sungai sepanjang 13 kilometer dengan waktu tempuh selama tiga jam. Guide dari HAMPA akan memandu semua pengunjung yang ingin menikmati wisata.

Untuk traking, pengunjung cukup membayar guide Rp 100 ribu/ orang, dan untuk sewa perahu arum jeram, pengunjung dikenakan Rp 600 ribu/ 13 kilometer/ lima orang didampingi tiga pendayung. Sementara jika bermalam sewa 'homestay' hanya Rp 200 ribu/per 10 orang atau perkelompok.

Dua cara perjalanan untuk melihat fosil di 'geopark' memang menantang, namun rasa lelah berjalan kaki atau melewati arung jeram akan terbayar mahal jika kita sudah sampai ke lokasi fosil yang berumur 350 juta tahun itu. Selain itu, menikmati dua air terjun di sepanjang 'geopark' juga menambah rasa kagum akan keindahan alam yang ada.

Salah satu keunikan geologi merangin adalah Geodiversiti unik yang terletak di kawasan Batang Merangin antara desa Air Batu, Desa Biuku Tanjung (Teluk wang sakti) hingga Ujung Tanjung. Salah satunya fosil kayu yang bernama Araucarioxylon. Fosil ini juga tercacat terbaik di Asia. (Sumber: FB Pesona Jambi)


Share this article :

Posting Komentar