}); }); Pemkab Muarojambi Bangun Pusat Cinderamata di Candi Muarojambi | MediaLintasSumatera
Home » , » Pemkab Muarojambi Bangun Pusat Cinderamata di Candi Muarojambi

Pemkab Muarojambi Bangun Pusat Cinderamata di Candi Muarojambi

Written By MediaLintasSumatera on Sabtu, 06 Mei 2017 | 21.17




Pedagang menjual buah jeruk di lapangan di kawasan Cani Muarojambi, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi karena belum tersedianya kios pedagang yang representatif di objek wisata tersebut. (Pesonajambi.net/Rsm)

Pesonajambi.net - Muarojambi - Pembenahan-pembenahan daya tarik wisata di objek wisata andalan Kabupaten Muarojambi, Candi Muarojambi terus ditingkatkan sebagai salah satu upaya mendongkrak kunjungan wisatawan ke objek wisata religi dan sejarah itu. Untuk itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muarojambi mulai membangun sentra kerajinan dan pusat penjualan cinderamata di objek wisata sejarah, Situs Purbakala Candi Muarojambi, Desa Muarojambi dan Danau Lamo, Kecamatan Marosebo Ulu, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi. 

Pejabat (Pj) Bupati Muarojambi, Kailani di Jambi, beberapa waktu lalu mengatakan, pembangunan sentra kerajinan dan pusat penjualan cinderamata di Candi Muarojambi dimulai karena adanya bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2017 dari Pemerintah Pusat untuk pembangunan fasilitas objek wisata di kompleks Candi Muarojambi sekitar sekitar Rp 1,5 miliar. 

Menurut Kailani, melalui DAK untuk pengembangan wisata tersebut, Pemkab Muarojambi berusaha membangkitkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di kawasan objek wisata Candi Muarojambi. Pengembangan UMKM di kompleks percandian Muarojambi juga aklan menambah daya tarik objek wisata sejarah tersebut. 

 “Melalui DAK yang khusus dialokasikan bagi pengembangan UMKM dan wisata tersebut, para pelaku UMKM di sekitar kompleks percandian Muarojambi bisa membangun dan mengembangkan usaha kerajinan mereka. Produk kerajinan mereka akan menjadi cinderamata khas Cani Muarojambi. Ketersediaan pusat cenderamata tersebut juga akan menambah daya tarik wisata Candi Muarojambi,”katanya.
Pembangunan kios pedagang di kawasan Candi Muarojambi, Kabupaten Provinsi Jambi. (Foto : Pesonajambi.net/Rs,)

Sesuai rencana, lanjut Kailani, sebagian dari Rp 1,5 miliar DAK untuk pembangunan wisata dan UMKM Muarojambi itu dimanfaatkan mendukung kelengkapan fasilitas wisata percandian Muarojambi. Di antaranya relokasi pembangunan gerai - gerai cinderamata, pembangunan musholla, toilet dan sarana kebersihan lain di kawasan Candi Muarojambi.
 
Objek wisata sejarah dan religi Candi Muarojambi, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi yang memiliki potensi besar mendongkrak kunjungan wisata ke Jambi. Namun fasilitas objek wisata itu masih minim. (Foto : Pesonajambi.net/Rsm)
Kailani mengatakan, pembangunan sentra cenderamata di Candi Muarojambi tersebut diharapkan sudah bisa rampung menjelang pelaksanaan Festival Candi Muarojambi dan perayaan hari raya Waisak 2561 Candi Muarojambi, Kamis, 11 Mei 2017. 

Menurut Kailani, Festival Candi Muarojambi dan perayaan Waisak tahun ini dilaksanakan bersamaan di Candi Muarojambi sebagai salah satu upaya meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara ke Jambi. Wisatawan mancanegara yang diharapkan berkunjung ke Jambi menghadiri Festival Candi Muarojambi dan perayaan Waisak berasal dari Thailand, Singapura, Tiongkok dan Hongkong. (PJN/Rsm)
Share this article :

Posting Komentar