}); }); Pengusaha Jambi Mulai Lirik Investasi Bidang Parawisata | MediaLintasSumatera
Home » , , , » Pengusaha Jambi Mulai Lirik Investasi Bidang Parawisata

Pengusaha Jambi Mulai Lirik Investasi Bidang Parawisata

Written By MediaLintasSumatera on Selasa, 01 Agustus 2017 | 10.11


Pesonajambi.net, Jambi-Kini pengusaha Jambi sudah mulai tertarik untuk berinvestasi dibidang parawisata. Minimnya obyek wisata dan tingginya animo masyarakat untuk menikati obyek wisata menjadi alasan para pengusaha Jambi untuk mengembangkan sektor wisata di Provinsi Jambi.

Sejumlah pengusaha Jambi menemui Gubernur Jambi Zumi Zola guna membicarakan pembangunan Provinsi Jambi termasuk sektor parawisata. Gubernur Jambi merespon kunjungan pegusaha Jambi itu sembari mengatakan kalau saat ini masyarakat Jambi butuh hiburan dan tempat rekreasi. 

Bahkan Pemerintah Provinsi Jambi juga siap membantu infrastruktur, hotel dan sarana pendukung lainnya. Hal itu terungkap saat pertemuan sejumlah pengusaha Jambi dengan Gubernur Jambi Zumi Zola di Rumah Dinas Gubernur jambi, Kasang, Pasar Jambi, Senin (31/7/2017). Pertemuan itu lebih fokus dalam membicarakan sektor pariwisata. 

“Pariwisata Jambi tidak kalah dengan daerah lain. Jambi punya Geopark, Candi Muarojambi, Danau Kaca dan Pesona Gunung Kerinci. Karena itu, Gubernur Jambi ingin mengajak investor terlibat karena mereka dimulai lebih punya pengalaman dan insting. Ini yang kita butuhkan dan harus digaet ini,” ujar Zumi Zola yang disambut gelak tawa pengusaha Jambi seperti Roni Attan, Dharma Wijaya, Ahok Bakok dan lainnya. Meski demikian, kata Zola, harus ada ide dan masukkan. 

“Saya menginginkan apa yang dibutuhkan investor, pihak Provinsi Jambi siap membantu mewujudkannya. Saat ini, masyarakat Jambi butuh hiburan dan tempat rekreasi. Soal infrastruktur, hotel dan lainnya kita akan bantu siapkan secepatnya,” tandas Zola. 

Disamping itu, dalam membangun suatu daerah tidak bisa mengandalkan dana dari APBD saja, tapi wajib dari pihak lain, seperti investor. Zola meminta Sekda Provinsi Jambi Erwan Malik untuk segera buat tim khusus. 

“Saya juga ingin terlibat nantinya. Bila tidak halangan bisa diwujudkan 2018 dan segera dianggarkan. Begitu juga nantinya, bila para investor tertarik di wilayah lainnya di yang ada di kabupaten dan kota, akan disiapkan dan akan dimudahkan urusannya. Dalam waktu dekat saya minta dibuatkan konsepnya supaya cepat direspon,” imbuh Zola. 

Selain para pengusaha lanjut Zola, kita juga merangkul pihak perbankan, yang mana nantinya akan berperan serta untuk mensupport pendanaan.

“Kalau dari pihak pengusahanya kita mengajak serta menjalin kesepakatan untuk segi bisnisnya sisi mana yang mau dikembangkan. Kalau untuk pihak perbankan, kita juga merangkul OJK dan Bank Jambi, tentunya untuk segi pendanaan. Mudah-mudahan ini bisa berjalan dengan baik dan maksimal,” jelas Zola.

Selain itu, Gubernur Jambi Zumi Zola juga berharap setelah pertemuan ini akan dilanjutkan dengan pertemuan selanjutnya. Untuk itu dirinya menunggu kesiapan para pengusaha Jambi tersebut dengan konsep-konsepnya dalam mengembangkan potensi wisata yang ada di Provinsi Jambi.

“Kami menunggu konsepnya di pertemuan selanjutnya, apa yang ingin kita kembangkan dan mudah-mudahan dengan adanya pertemuan seperti ini saya berharap kita lebih banyak bisa berbuat untuk pembangunan di Jambi khususnya bidang pariwisata,” tutur Zola.

Lebih lanjut Zumi Zola menambahkan, dalam pertemuan tersebut banyak para pengusaha Jambi yang hadir, tentu dirinya juga tidak mau melewatkan kesempatan ini guna membicarakan pengembangan-pengembangan dalam pembangunan lainnya yang ada di Provinsi Jambi.

“Karena pengusaha disini hadir semua, saya tidak mau melewatkan kesempatan ini, saya bilang pengembangan-pengembangan kita misalnya Bandara Depati Parbo, kita ada 30 hektar sedang kita bebaskan dan kita kembangkan. Dan juga untuk pelabuhan, pelabuhan itu tadi didukung juga oleh Pak Usman Ermulan, kita ada Ujung Jabung 4.200 hektar, artinya apa, butuh waktu yang cukup lama untuk pengembangannya dan pasti harus dibutuhkan dari investor. Nah, untuk jangka waktu yang dekat ini yang visibleadalah Pelabuhan Muara Sabak. Saya sudah minta kepada Pemerintah Pusat untuk dibangun jalan, saat ini dalam proses dibangun jalan rigid beton dari Auduri sampai ke Muara Sabak Tanjung Jabung Timur, dan juga akses lainnya atau fasilitas lainnya, misalkan dari Pelindo itu harus ada komitmen membangun perkembangannya, air bersih dari Pemkab Tanjung Jabung Timur siap, kemudian juga komunikasi Telkomsel siap untuk membangun menaranya,” jelas Zola lebih lanjut.

Tidak hanya itu, Gubernur Jambi Zumi Zola juga menambahkan bahwa dalam waktu dekat ini dirinya akan menemui Menteri Perhubungan guna membahas pendangkalan yang terjadi di beberapa titik dan upaya pengerukannya.


“Besok tanggal 4 Insya Allah saya akan bertemu dengan Menteri Perhubungan, ya pengembangannya seperti apa, pemaparannya seperti apa.  Dan juga Menteri Perhubungan saat terakhir kami komunikasi ada beberapa titik yang terjadi pendangkalan, bisa untuk dilakukan pengerukan, sudah siap semuanya. Tentu kita ingin punya rencana besarnya, siapa kerja apa dan siapa dan dimana targetnya. Ini yang harus disepakati dan mudah-mudahan setelah hari Kamis itu, kita mendapat kepastian, baik itu Depati Parbo maupun juga di Pelabuhannya nanti,” ujar Zola.

Sementara penginisiasi ini, Usman Ermulan berjanji dengan tim yang dibawahinya segera mungkin membuat konsep seperti yang diinginkan Gubernur Jambi. 

“Kita tidak ingin, investor lokal ini yang masih cinta Jambi membuang uangnya ke luar daerah untuk berinvestasi di tempat orang. Padahal Jambi berpeluang untuk investasi,” tegas mantan Bupati Tanjungjabung Barat ini. Para pengusaha Jambi ini akan fokus ingin berinvestasi di Provinsi Jambi, khususnya bidang parawisata, namun dengan kemudahan-kemudahan perizinan dari pihak terkait. (PJN/Lee)
Share this article :

Posting Komentar