}); }); Hotel Bintang Lima "Novita Hotel" Terbakar, Satu Aset Wisata Jambi Hangus | MediaLintasSumatera
Home » » Hotel Bintang Lima "Novita Hotel" Terbakar, Satu Aset Wisata Jambi Hangus

Hotel Bintang Lima "Novita Hotel" Terbakar, Satu Aset Wisata Jambi Hangus

Written By MediaLintasSumatera on Selasa, 10 April 2018 | 08.23

 Kondisi Novita Hotel Kota Jambi yang dilalap sijago merah hingga 20 jam, Senin – Selasa (9 – 10/4/2018). (Foto : RSM/PJN]

MediaLintasSumatera-Jambi – Provinsi Jambi, khususnya Kota Jambi kehilangan satu aset wisata andalan, yakni Novita Hotel yang hangus terbakar sejak Senin – Selasa (9 – 10/4/2018). Hotel tersebut tidak dapat lagi dinikmati wisatawan sebagai tempat menginap berkelas bintang lima karena sebagian besar ruangan dan kamar hotel hangus dilalap si jago merah selama 20 jam mulai Senin (9/4/2018) pagi pukul 05.00 WIB hingga Selasa (10/4/2018) pagi.  

Peristiwa kebakaran Novita Hotel di Jalan Gatot Soebroto, Kecamatan Pasar, Kota Jambi, Provinsi Jambi tersebut tragis dan memprihatinkan. Hotel berbintang lima pertama di Jambi itu terbakar di kala sulitnya peningkatan hunian hotel di Jambi akibat minimnya kunjungan wisatawan mancanegara. Kemudian kebakaran hotel tersebut juga memprihatinkan karena tidak bisa dipadamkan akibat terbatasnya kemampuan armada pemadam kebakaran.

Sebanyak 19 unit armada pemadam kebakaran dari berbagai instansi di Jambi tidak mampu memadamkan kebakaran Novita Hotel sejak Senin pagi hingga Selasa pagi karena selang pemadam kebakaran tidak mampu menjangkau lantai 4 danlantai 5 Novita Hotel yang terbakar. Akibatnya kebakaran Novita Hotel tersebut terpaska dibiarkan dan hanya hujan yang membantu pemadaman kebakaran hotel itu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Jambi, Ridwan di lokasi kejadian, Senin malam menjelaskan, penyemprotan air ke hotel yang terbakar tidak bisa dilakukan karena terbatasnya sarana pemadam kebakaran. Selang mobil pemadam kebakaran tidak sampai ke dalam hotel. Tangga pemadam kebakaran juga tidak ada, sehingga penyemprotan air ke lantai 4 dan 5 hotel yang terbakar tidak bisa dilakukan.

Ridwan menambahkan, petugas pemadam kebakaran sempat mencoba masuk ke dalam hotel untuk melakukan pemadaman. Namun para petugas kembali ke luar karena api masih menyala di lantai 4 dan 5.

“Kemudian petugas ditarik ke luar dari dalam hotel karena khawatir hotel ambruk karena terlalu lama terbakar,”katanya. 

Kebakaran hotel berbintang lima pertama di Jambi, Novita Hotel, Jalan gator Soebroto, Kota Jambi, Senin (9/4/2018). (Foto : RSM/PJN)
Sementara itu Kapolda Jambi, Brigjen Pol Muchlis AS didampingi Kabid Humas Polda Jambi, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)  Kuswahyudi Tresnadi ketika meninjau lokasi kebakaran, Senin siang menjelaskan, kebakaran Novita Hotel Kota Jambi diduga disebabkan korstleting (hubungan arus pendek) listrik di ruang fitness dan sauna  hotal lantai 4.

“Kebakaran ruang fitness dan sauna hotel di lantai 4 tersebut diduga sudah cukup lama terjadi, yakni mulai Senin pukul 05.00 WIB. Namun kebakaran tersebut tidak cepat ditangani, sehingga kebakaran meluas ke kamar-kamar hotel di lantai 4 dan 5 hotel,”ujarnya.

Muchlis AS mengatakan, kerugian akibat kebakaran Novita Hotel Kota Jambi tersebut diperkirakan mencapai ratusan miliar. Sebagian besar ruangan dan fasilitas hotel mulai dari lantai satu hingga sembilan terbakar. Bahkan lantai 5 hotel tersebut ambruk.

Menurut Muchlis AS, tidak ada korban jiwa akibat kebakaran Novita Hotel Kota Jambi itu. Namun empat orang tamu hotel sempat dilarikan ke rumah sakit akibat menghirup asap kebakaran.

Dijelaskan, kasus kebakaran Novita Hotel tersebut diselidiki. Beberapa orang pegawai, pimpinan dan saksi mata masih kami mintai keterangan. Penyelidikan mengenai penyebab kebakaran ini baru bisa dilakukan setelah api padam.


Upaya pemadaman kebakaran Novita Hotel Kota Jambi yang dilakukan aparat kepolisian dan pemadam kebakaran, Senin (9/4/2018). (Foto : RSM/PJN)

Saksi Mata

Saki mata kebakaran Novita Hotel tersebut yang juga tamu hotel, Mira (40), mengatakan tahu terjadinya kebakaran hotel ketika mendengar teriakan minta tolong dan kebakaran Senin (9/4/2018) sekitar pukul 05.00 WIB.

Mendengar teriakan tersebut, Mira langsung menggendong anaknya menuruni tangga darurat untuk menyelematkan diri.

“Saya membawa anak saya menuruni tangga darurat. Kemudian petugas hotel menyelamatkan kami ke luar hotel," katanya.

Aminah (30), yang juga tamu Hotel Novita asal Kota Solo, Jawa Tengah mengatakan, dia dan enam orang rekannya yang menginap di hotel itu panik ketika mendengar kebakaran hotel tersebut. Dia dan rekan-rekannya yang menginap di lantai 9 hotel pun diselamatkan melalui tangga darurat.

Aminah dan rekannya sudah 10 hari mengikuti pelatihan kerja di Novita Hotel ini. Mereka menginap di lantai 9. Mengetahui ada kebakaran, Aminah dan enam orang rekan saya langsung turun melalui tangga darurat dipandu petugas hotel.

“Kami tidak sempat membawa barang-barang kami karena diliputi kepanikan,”katanya.
20 Jam Terbakar

Pengamatan PJN di lokasi kejadian Senin pagi sampai malam, api yang melalap Novita Hotel berlangsung hingga 20 jam. Api yang mulai melalap beberapa ruangan hotel Senin pagi masih berkobar hingga Senin malam pukul 23.00 WIB. Api yang menghanguskan lantai 4 dan 5 Novita Hotel Kota Jambi itu.

 Sebanyak 19 unit mobil pemadam kebakaran dan 175 orang petugas pemadam kebakaran berjuang memadamkan kobaran api yang melalap hotel itu selama 20 jam. Namun api yang melalap hotal itu tidak dapat dipadamkan karena selang mobil pemadam kebakaran tidak mampu menjangkau lantai 4 dan 5 hotel.

Seluruh mobil pemadam kebakaran yang bersiaga di depan Novita Hotel, Jalan Gatot Soebroto tidak lagi menyemprotkan air ke hotel yang terbakar Senin malam. Mobil pemadam kebakaran dan petugas hanya bersiaga dan mengantisipasi merembetnya api ke toko-toko di sekitar hotel.

Kebakaran Novita Hotel belum bisa dipadamkan secara total hingga Selasa (10/4/2018) pagi. Asap masih mengepul dari hotel tersebut. Petugas pemadam kebakaran dan puluhan mobil pemadam kebakaran masih bersiaga di depan hotel. [RSM/PJN)




Share this article :

Posting Komentar