. Ekonomi Masih Sulit, Animo Warga Jambi Mudik Natal Tetap Tinggi | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , » Ekonomi Masih Sulit, Animo Warga Jambi Mudik Natal Tetap Tinggi

Ekonomi Masih Sulit, Animo Warga Jambi Mudik Natal Tetap Tinggi

Written By MediaLintasSumatera on Jumat, 20 Desember 2019 | 15.02

Kepadatan arus mudik dari Kota Jambi – Sumatera Utara mulai meningkat di Kota Jambi, Jumat (20/12/2019). Tampak kepadatan pemudik di loket bus PO Rapi di Kota Jambi. (Matra/Ade SM)
(Matra, Jambi) – Kesulitan ekonomi masyarakat di Jambi yang belum sepenuhnya pulih akibat rendahnya harga kelapa sawit selama ini ternyata tidak terlalu berpengaruh terhadap animo warga Jambi asal Sumatera Utara mudik  atau balik kampung pada musim Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Kendati ekonomi masyarakat Jambi masih termasuk sulit hingga akhir tahun ini, animo warga Jambi asal Sumatera Utara mudik natal dan tahun baru tahun ini masih cukup tinggi. Hal tersebut tampak dari kepadatan arus mudik natal dan tahun baru dari Kota Jambi tujuan Sumatera Utara.

Pantauan MediaLintasSumatera.Com (Matra) di beberapa loket bus rute Kota Jambi – Sumatera Utara di Kota Jambi memasuki H-5 Natal, Jumat (20/12/2019), kepadatan arus mudik mulai terjadi. Bus mudik yang berangkat dari loket – loket bus tujuan Kota Jambi – Sumut rata-rata penuh, berbeda dengan kondisi penumpang bus yang relatif sepi sepekan sebelumnya.

Pemudik yang berangkat dari Kota Jambi – Medan dan berbagai kota di Sumut menggunakan bus PO Rapi, Jumat (20/12/2019) cukup padat. Setiap bus PO Rapi yang berangkat dari loket di Kota Jambi rata-rata penuh. Baik tujuan Medan maupun Doloksanggul.

Pengawas loket bus PO Rapi Perwakilan Jambi, Juli Lingga (50)  mengatakan, mulai Jumat (20/12/2019), penumpang bus PO Rapi tujuan Medan dan Doloksanggul yang berangkat cukup padat. Seluruh bus PO Rapi yang  berangkat dari Kota Jambi penuh.

“Perkiraan kami, sesuai dengan pemesan tiket mudiknatal dan tahun baru, puncak arus mudik ke Medan terjadi Sabtu – Minggu (21 – 22/12/2019). Tiket bus PO Rapi tujuan Kota Jambi – Medan untuk Sabtu – Minggu sudah habis,”katanya.

Juli Lingga mengatakan, untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik natal dan tahun baru kali ini, pihaknya menambah tiga armada untuk melayani tambahan tiga jadwal keberangkatan setiap hari. Selama ini jadwal keberangkatan bus PO Rapi dari Kota Jambi tujuan Medan dan berbagai kota di Sumut hanya enam kali sehari.

“Mengantisipasi lonjakan penumpang, mulai hari Kamis (19/12/2019), kami menambah jadwal keberangkatan bus PO Rapi Kota Jambi – Medan menjadi sembilan kali sehari. Biasanya kami hanya memberangkatkan bus enam kali sehari. Bus yang kami siapkan tige kelas, yakni kelas ekonomi, eksekutif dan royal eksekutif. Bus PO Rapi dari Kota Jambi mulai berangkat pukul 09.00 WIB dan terakhir pukul 17.00 WIB,”ujarnya.     
Jumlah bus yang berangkat dari terminal bus Alam Barajo, Kota Jambi memasuki H - 5 Natal, Jumat (20/12/2019) meningkat. Puncak arus mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Jambi diperkirakan terjadi Sabt-Minggu (21 - 22/12/2019). (Matra/Ade SM)
Kepadatan arus mudik dari Kota Jambi tujuan Kota Jambi - Kota Pematangsiantar, Sumut, Jumat (20/12/2019) pagi hingga siang juga tampak di loket bus PO Intra. Kepadatan penumpang di loket bus PO Intra Kota Jambi sudah mulai terajadi pukul 09.00 WIB kendati busa yang hendak berangkat belum tiba di loket.

Jansen Siahaan (55), petugas loket PO Intra Perwakilan Kota Jambi mengatakan, penumpang bus PO Intra tujuan Pematangsiantar, Sumatera Utara mulai padat, Jumat (20/12/2019). Perkiraan, penumpang bus PO Intra yang akan berangkat dari Kota Jambi tujuan Pematangsiantar akan mencapai puncaknya, Sabtu – Minggu (21 – 22/12/2019).

Sementara Kepala Terminal Bus Alam Barajo, Simpang Rimbo, Kota Jambi, Ibrahim kepada MediaLintasSumatera.Com di terminal Alam Barajo, Jumat (20/12/2019) mengatakan, puncak arus mudik natal dan tahun baru Kota Jambi – Sumut akan terjadi Sabtu – Minggu (21 – 22/12/2019).

Warga asal Sumatera Utara di Jambi, tambah Ibrahim, banyak yang berangkat dari Kota Jambi menuju kampung halaman Sabtu dan Minggu karena hari Sabtu para siswa sudah menerima rapor. Kemudian pemudik memilih waktu berangkat dari Kota Jambi Sabtu dan Minggu, sehingga mereka bisa sampai di Sumatera Utara dua hingga satu hari sebelum natal. (Matra/Ade SM)


Share this article :

Posting Komentar