}); }); Persatuan Intelegensia Kristen di Jambi Hadir Perkokoh Kerukunan | MediaLintasSumatera
Home » , , , » Persatuan Intelegensia Kristen di Jambi Hadir Perkokoh Kerukunan

Persatuan Intelegensia Kristen di Jambi Hadir Perkokoh Kerukunan

Written By MediaLintasSumatera on Selasa, 25 Februari 2020 | 07.59


Gubernur Jambi, Fachrori Umar (tiga dari kiri) didampingi Wakil Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia (PIKI), Nickson Gans Lalu  (dua dari kiri), Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Provinsi Jambi, Robinson Hutapea (kiri) bersama pengurus DPD PIKI Provinsi Jambi seusai pelantikan pengurus DPD PIKI Provinsi Jambi di rumah dinas Gubernur Jambi, Sabtu (22/2/2020). (Matra/AdeSM)
(Matra, Jambi) – Peran intelektual sangat dibutuhkan dalam pembangunan untuk memberikan kontribusi pemikiran-pemikiran cerdas, terutama untuk memperkokoh kerukunan hidup beragama dan bermasyarakat. Hal itulah yang diharapkan dari intelektual Kristen di Provinsi Jambi menyusul terbentuknya untuk pertama kali kepengurusan Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia (PIKI) Provinsi Jambi. 

“Para anggota dan pengurus PIKI Provinsi Jambi harus terus bersatu padu menghilangkan sekat-sekat sosial yang ada di tengah masyarakat. Hal itu penting untuk membantu pemerintah meningkatkan kerukunan dan toleransi di tengah kemajemukan masyarakat Indonesia,”kata Gubernur Jambi, Fachrori Umar pada pelantikan Pengurus Dewan Perwakilan Daerah Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia (DPD PIKI) Provinsi Jambi 2020 – 2025 di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi, Sabtu (22/2.2020). 

DPD PIKI yang baru pertama kali terbentuk di Provinsi Jambi tersebut dipimpin Ketua, Robinson Hutapea. Pelantikan DPD PIKI Provinsi Jambi itu dilakukan Wakil Pimpinan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PIKI, Nickson Gans Lalu.

Pelantikan tersebut turut dihadiri  Ketua Komisi Kejaksaan Republik Indonesia, Dr Barita Simanjuntak, SH, MH, CFr.A, dan Dewan Pakar dan Dewan Penasehat PIKI Provinsi Jambi, Prof Dr Johannes Simatupang, SE.

Fachrori Umar mengatakan, sebagai kaum intelektual Kristen, anggota dan pengurus PIKI perlu terus membahu – membahu membangun kerukukunan dan toleransi kehidupan bermasayarat, termasuk di Provinsi Jambi. Selain itu PIKI juga harus bekerja dengan ulet, tekun, sabar dan bekerja sama secara sinergis dengan semua pihak membangun daerah di mana pun berada. 

Dikatakan, kontribusi pemikiran yang cerdas dan konstruktif intelektual Kristen yang tergabung dalam PIKI sangat dinanti masyarakat Jambi. Peran PIKI juga sangat dibutuhkan masyarakat  membangun kerukunan dan toleransi dalam keberagaman masyarakat, khususnya di Provinsi Jambi.
Gubernur Jambi, Fachrori Umar (kiri) menyalami para pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia (PIKI) Provinsi Jambi pada pelantikan pengurus DPD PIKI Provinsi Jambi di rumah dinas Gubernur Jambi, Sabtu (22/2/2020). (Matra/AdeSM)
Menurut Fachrori Umar, Pengurus DPD PIKI Provinsi Jambi mampu memperjuangkan dan mengakomodasi aspirasi anggota dan masyarakat. Para pengurus DPD PIKI Provinsi Jambi harus memberikan sumbangan pemikiran bagi kemajuan pembangunan di Provinsi Jambi, karena PIKI Provinsi Jambi adalah tempat berkumpulnya para pemikir, akademisi dan ahli dibidang masing masing.

"Saya yakin, pengurus DPD PIKI Provinsi Jambi yang baru saja dilantik ini dapat lebih meningkatkan peran dan fungsi dalam pembangunan di Provinsi Jambi dengan terus mengembangkan kreativitas dan inovasi yang ada. PIKI harus mampu menjadi penggerak pembangunan dan kerukunan masyarakat Jambi,"katanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PIKI, Nickson Gans Lalu pada kesempatan tersebut memberikan apresiasi atas perhatian Gubernur Jambi memfasilitasi pelantikan Pengurus DPD PIKI Provinsi Jambi. 

"Kepengurusan DPD PIKI Provinsi Jambi yang baru dilantik ini merupakan kepengurusan PIKI pertama tingkat Provinsi Jambi. Kami mengapresiasi dukungan dan penerimaan Pemprov Jambi terhadap kehadiran PIKI di Jambi,”katanya.

Nickson Gans Lalu mengatakan, Provinsi Jambi termasuk salah satu daerah yang sangat menghargai kemajemukan dan tetap berupaya membangun kerukunan maupun toleransi kehidupan bermasyarakat. Hal tersebut bisa dilihat dari salah satu motto Provinsi Jambi, yakni “Menjadi Rumah bagi Keberagaman”.

Melihat besarnya sambutan Gubernur Jambi terhadap PIKI di Jambi, Nikson Gans Lalu meminta seluruh anggota dan pengurus DPD PIKI Provinsi Jambi tetap menjalin kebersamaan dan menjadi mitra bagi Pemprov Jambi mengatasi berbagai problmea pembangunan di daerah itu. 

“PIKI Provinsi Jambi harus memberikan kontribusi positif melalui program-program yang secara langsung menyentuh kepada masyarakat Jambi agar Provinsi Jambi kedepannya semakin maju,”ujarnya.
Gubernur Jambi, Fachrori Umar (tengah berdiri pakai batik) bersama para anggota Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia (PIKI) Provinsi Jambi pada pelantikan pengurus DPD PIKI Provinsi Jambi di rumah dinas Gubernur Jambi, Sabtu (22/2/2020). (Matra/AdeSM)
Kedepankan Intelektualitas

Sementara itu Ketua DPD PIKI Provinsi Jambi, Robinson Hutapea mengatakan, PIKI merupakan organisasi intelegensia yang mengedepankan intelektualitas dan bobot akademik dalam merespon perubahan serta mendorong gagasan gagasan perubahan. 

"Kami mengharapkan PIKI dapat terus bergerak dan bisa menjadi aktor utama bersama komponen bangsa lainnya dalam mewujudkan kehidupan kebangsaan Indonesia sesuai dengan cita-cita proklamasi perjuangan," katanya.

Dijelaskan, PIKI berbeda dengan organisasi lainnya karena bukan organisasi kader, melainkan gerakan pemikiran intelektual dikalangan umat Kristen. 

“Kita akan terus bekerja keras sebagai pengkaji isu strategis dan dengan pendekatan akademis dalam membantu memajukan Provinsi Jambi yang sama-sama kita cintai ini,"tambahnya.

Sedangkan mewakili Dewan Pakar dan Dewan Penasehat PIKI Provinsi Jambi, Prof Dr Johannes Simatupang, SE mengatakan, PIKI harus turut memetakan berbagai permasalahan yang dihadapi Provinsi Jambi, serta pemikiran-pemikiran untuk menghadirkan solusi atas berbagai permasalahan tersebut. (Matra/Ade SM)
Share this article :

Posting Komentar