}); }); Perusahaan Sawit dan Karet di Jambi Masih Banyak Abaikan Pelestarian Lingkungan | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , , , » Perusahaan Sawit dan Karet di Jambi Masih Banyak Abaikan Pelestarian Lingkungan

Perusahaan Sawit dan Karet di Jambi Masih Banyak Abaikan Pelestarian Lingkungan

Written By MediaLintasSumatera on Selasa, 25 Februari 2020 | 08.10

 
Gubernur Jambi, Fachrori Umar (tengah) didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, Evy Primawaty,SPt,MSi (kiri) memberikan Sertifikat Penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) periode 2018-2019 kepada Manager PT Pertamina Eksplorasi Produksi Asset 1- Field Jambi, Gondo Irawan di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi, Senin (24/02/2020). (Matra/AdeSM)
(Matra, Jambi) – Perusahaan industri perkebunan kelapa sawit dan karet di Provinsi Jambi hingga kini masih banyak yang mengabaikan pelestarian lingkungan. Pengabaian kelestarian lingkungan yang dilakukan perusahaan sawit dan karet tersebut tercermin dari kurangnya pengelolaan limbah pabrik sawit dan karet. 

Hal tersebut terungkap pada Penyerahan Sertifikat Penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) periode 2018-2019 di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi, Senin (24/02/2020).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, Evy Primawaty,SPt,MSi pada kesempatan tersebut mengatakan, saat ini masih ada 11 perusahaan karet dan sawit yang masuk kategori merah dalam pengelolaan lingkungan. Dua di antaranya perusahaan karet dan sembilan perusahaan sawit.

Dijelaskan, penghargaan Proper untuk dunia usaha merupakan agenda tahunan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Pada periode 2018-2019 ini, ada sebanyak 60 perusahaan di Provinsi Jambi yang mendaftarkan untuk mendapatkan penilaian Proper dan banyak terdapat perubahan dari perusahaan yang mendaftar.

“Penilaian Proper pada tahun ini sudah menerapkan teknologi informasi dengan singkatan Simpel (Sistem Pelaporan Elektronik Lingkungan Hidup) yang telah menggantikan proses pengumpulan analisa data dan penyusunan hasil evaluasi peringkat perusahaan yang sebelumnya dilakukan secara manual, sehingga Simpel ini lebih memudahkan perusahaan dalam melaporkan dan mengelola data data lingkungannya,” katanya.

Evy mengungkapkan, selain mengelola data pencemaran yang berasal dari industri industri, Proper juga mendokumentasikan berbagai inovasi pada dunia usaha untuk meningkatkan efisiensi penggunaan energi, efisensi penggunaa air, upaya menurunkan emisi, menurunkan beban pencemaran air limbah dengan menerapkan konsep 3 R (Reuse, Reduce dan Recycle).

Menurut Evy peringkat Proper 2018-2019 di Provinsi Jambi dibagi tiga, yakni kategori emas hijau, biru dan merah. Kategori emas diraih  PT Pertamina Eksplorasi Produksi Asset 1- Field Jambi. Kategori hijau diraih tiga perusahaahn, yakni PT Pertamina Persero Marketing Operation Region II Depot Pengisian Pesawat Udara Sultan Thaha Jambi, Petrochina International Jabung Ltd Gas Tanjung Jabung Barat dan Petrochina International Jabung Ltd Minyak Tanjung Jabung Timur.  Kategori Biru diraih 43 perusahaan dan kategori merah 11 perusahaan. 
Suasana pemberian Sertifikat Penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) periode 2018-2019  di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi, Senin (24/02/2020). (Matra/AdeSM)
Dorong Inovasi

Sementara itu Gubernur Jambi, Dr Drs H Fachrori Umar, MHum pada kesempatan tersebut mengatakan, Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) lebih mendorong perusahaan dalam melakukan inovasi inovasi pengelolaan lingkungan sekitar. 

“Perusahaan juga bisa merasakan penghematan biaya yang dikeluarkan untuk pengendalian lingkungan atas kegiatan perusahaan,”katanya.

Menurut Fachrori Umar, Proper bertujuan agar industri menerapkan prinsip ekonomi hijau dengan kriteria penilaian kinerja sistem manajemen lingkungan, efisiensi energi, efisiensi air, penurunan beban air limbah dan pengurangan emisi. 
 
Kriteria penilaian juga diukur  dari perlindungan keanekaragaman hayati, 3 R (Reuse, Reduce dan Recycle), limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) dan limbah padat non B3 serta mengurangi kesenjangan ekonomi dengan menerapkan program pemberdayaan masyarakat.

“Saya mengharapkan melalui Proper ini, industri di Provinsi Jambi lebih taat kepada peraturan lingkungan hidup. Ketaatan dalam pengelolaan lingkungan sangat penting dilakukan oleh semua perusahaan, karena selain memberikan efisiensi, juga bermanfaat bagi masyarakat yang menjadi konsumen mereka,” tutur Fachrori.

Pada kesempatan tersebut Fachrori Umar memberikan apresiasi dan penghargaan kepada perusahaan yang mendapat peringkat Proper emas, hijau dan biru, khsususnya untuk PT Pertamina Eksplorasi Produksi Asset 1- Field Jambi yang telah memperoleh peringkat Proper emas. Perusahaan tersebut diharapkan terus meningkatkan prestasi dan menjadi contoh bagi perusahaan lainnya dalam pengelolaan lingkungan.

“Bagi perusahaan yang mendapat peringkat Proper hijau dan biru untuk berusaha lebih baik lagi agar memperoleh penilaian yang lebih baik kedepannya, sedangkan bagi perusahaan yang mendapatkan penilaian Proper merah untuk belajar dari kelemahan dan kekurangan saat ini, sehingga penilaian kedepannya bisa mendapatkan hasil yang lebih baik,”katanya.

Manager PT Pertamina Eksplorasi Produksi Asset 1- Field Jambi, Gondo Irawan mengucapkan terima kasih kepada tim penilai, sehingga PT Pertamina Eksplorasi Produksi Asset 1- Field Jambi mendapatkan kategori emas pada Proper 2018-2019. Proper sendiri merupakan bentuk kepatuhan dari perusahaan terkait dengan aturan dan kepedulian lingkungan.

“Proper juga merupakan bentuk keikutsertaan kami dalam responsibility social di wilayah operasional kerja masing masing perusahaan. Untuk PT. Pertamina Eksplorasi Produksi Asset 1- Field Jambi sudah mendapatkan 10 kali kategori Proper hijau, 4 kali kandidat kategori Proper Emas dan Alhamdulillah untuk Tahun 2018-2019 berhasil mendapatkan kategori Proper Emas untuk pertama kalinya,”paparnya. 

Menurut Gondo, untuk Proper Tahun 2018-2019, PT Pertamina Eksplorasi Produksi Asset 1- Field Jambi mengambil tema besar “Tanah Pusako Hijau Berdayo,” yang artinya Pertamina memberdayakan masyarakat Provinsi Jambi dengan tetap berkomitmen pada lingkungan di Provinsi Jambi. Ada 4 program dari Pertamina untuk Proper yaitu, Kampung Bersinar, Kampung Berseri, Kampung Edukasi dan Kampung Budaya. (Matra/Ade SM)
Share this article :

Posting Komentar