}); }); Penyebaran Virus Corona Menyasar Sumatera, Waspada Tingkat Tinggi | MediaLintasSumatera
Home » , , , , » Penyebaran Virus Corona Menyasar Sumatera, Waspada Tingkat Tinggi

Penyebaran Virus Corona Menyasar Sumatera, Waspada Tingkat Tinggi

Written By MediaLintasSumatera on Kamis, 19 Maret 2020 | 08.47

Ilustrasi penanganan pasien virus corona. (Ist)
(Matra, Jambi) – Seluruh wilayah di Sumatera perlu melakukan waspada tingkat tinggi terkait meningkatnya kasus virus corona (Covid-19) di Sumatera. Berdasarkan keterangan Juru Bicara Pemerintah dalam Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto di Jakarta, Rabu (18/03/2020), sudah ada tiga kasus positif terinfeksi virus corona di Sumatera. Satu kasus positif virus corona di Sumatera Utara dan meninggal dunia,  satu kasus positif virus corona di Provinsi Lampung dan satua kasus positif corona di Provinsi Riau. 

Menurut Achmad Yurianto, total kasus positif virus corona di Indonesia hingga Rabu (18/03/2020) siang sudah mencapai 227 orang. Sebanyak 19 orang yang positif virus corona tersebut meninggal dunia dan 11 orang sembuh.

Dijelaskan, kasus – kasus positif corona di Indonesia terdapat di Daerah Keistimewaan Indonesia (DKI) Jakarta (30 kasus), Jawa Barat (12 kasus), Banten (empat kasus), Daerah Istimewa Yogyakarta (satu kasus), Jateng (dua kasus), Sumatera Utara, Lampung, Riau dan Kalimantan Timur masing-masing satu kasus. 

“Pasien positif corona yang meninggaldunia sebanyak19, yakni di DKI Jakarta sebanyak 12 kasus, Jawa Tengah (dua kasus), Banten, Bali dan Sumatera Utara masing-masing satu kasus. Pasien yang sembuh sebanyak 11 orang,  yakni di DKI Jakarta sembilan kasus, Banten dan Jawa Barat masing-masing satu kasus,”katanya.

Deterjen Bunuh Corona

Menurut Achmad Yurianto, deterjen (sabun) diperkirakan bisa membunuh virus corona karena bungkus virus corona sangat rapuh terhadap deterjen.  Karena itu orang yang mengisolasi diri di rumah terkait virus corona perlu menggunakan deterjen bila merasakan gejala virus corona. 

Selain itu, lanjut Achmad Yurianto, orang yang mengisolasi diri sendiri di rumah harus melakukan social distancing atau menjaga jakar setidaknya satu meter dari anggota keluarga lainnya demi menjaga keluarga agar tidak tertular.

"Orang yang mengisolasi diri di rumah juga perlu menggunakan masker yang proper dan menjaga kebersihan tangan maupun anggota tubuh dengan sering mencuci tangan pakai sabun. Virus corona akan mati dengan sendirinya saat bertemu dengan deterjen yang terkandung dalam sabun,”katanya.

"JIka ada anggota keluarga yang mengalami gejala virus corona dan mengisolasi diri, tidur pun harus sendiri dulu dan tidak berbagi penggunaan alat makan minum. Pakai alat makan minum yang terpisah, bukan berarti sekali pakai buang, tidak, tetapi dicuci pakai sabun," katanya. (Berbagai Sumber /Matra/Ade SM)
Share this article :

Posting Komentar