. Cerita Dua Seniman Simalungun Soal Kisah Terciptanya Lagu Elvi yang Terkenal Itu | MediaLintasSumatera
Home » , , » Cerita Dua Seniman Simalungun Soal Kisah Terciptanya Lagu Elvi yang Terkenal Itu

Cerita Dua Seniman Simalungun Soal Kisah Terciptanya Lagu Elvi yang Terkenal Itu

Written By MediaLintasSumatera on Rabu, 15 April 2020 | 14.43

Elpy Dameria Saragih Itupun Jadi Kenangan
Damma Silalahi. Net
(Matra, Pematangraya)-Lagu Pop Daerah Simalungun berjudul “Elvi” sudah tersohor dikomunitas etnis Batak khususnya. Apalagi untuk Orang Simalungun bahkan tak asing lagi. Lagu Elvi ini juga sudah banyak dicover oleh berbagai penyanyi dan menyajikannya di Youtube. Bahkan Lagu “Elvi” tak hanya fasih dinyanyikan oleh Penyanyi Simalungun, namun juga penyenyi dari Etnis Toba, Karo. 

Lagu “Elvi” ini pertama kali dipopulerkan Artis Simalungun Sobat Sitopu mendio Tahun  2001-2002 dalam Album VCD. Lagu “Elvi” kali pertama kali di Posting di Youtube oleh Chanel Awaluddin Sinaga Lagu Batak Simalungun "Elvi" pada 21 Juli 2013 dan sudah ditonton 885.615 kali dengan jumlah 1,93 Ribu subscriber Chanel Awaluddin Sinaga.

Lalu bagaimana kisah Lagu “Elvi” ini bisa tercipta oleh penciptanya Damma Silalahi. Ternyata ada dua Seniman Simalungun yang ingat betul kisah terciptanya lagu “Elvi”. Kedua Seniman Simalungun itu yakni Jerry Sigumonrong dan Damma Silalahi. 

Beginilah kisah cerita mereka terciptanya “Lagu “Elvi” yang terkenal itu.  

Jerry Sigumonrong: Kala itu, Aku, Damma Silalahi dan beberapa teman sepakat mau menyaksikan show Diva,s Trio yang lagi naik daun pada saat itu. Masing masing ketertarikan kami kepada trio tersebut tentu berbeda. 

Aku karena di dalam album trio itu ada lagu “On Ma Pengorbanan Ku”, Damma mungkin karena ada di dalam  salah satu personilnya penyanyi favoritnya, dia lah yang tau itu.


Artis pendukung pun tiba di tempat show. Tepatnya komplek Gereja Khatolik Sirpang Sigodang. Melihat para penyanyi, Damma pun menyapa si penyanyi kesayangan nya itu. 

Ntah karena tidak dengar sangkin ramainya penonton atau karena alasan apa pun Damma merasa dicuekin dan tiba-tiba ngajak saya ke kodei tuak. “Ehehhh, hu kodei tuak an ma lah hita, sombong ni pe,” kata Damma Silalahi sedikit kesal.

Tuak kami pun sudah siap dipesan dan teguk satu dua gelas. Tiba tiba Damma meminta gitar. Kirain mau nyanyi bareng, eh ternyata, ciptakan lagu. Rampung hanya beberapa menit saja.

Setelah pulang dari show Diva,s Trio yang di Sirpang Sigodang itu, kami pun pulang ke Sondiraya dan besoknya Damma pun pulang ke kampung nya. 

Setelah beberapa bulan lamanya kami dari “Grup Desri Tani” musik tempat saya bekerja niat juga merilis album Lagu Pop Simalungun. Tentu butuh lagu yang bagus karena perdana untuk dinyanyikan Sobat Sitopu yang pada saat itu merupakan aset terpendam karena punya suara yang lembut landur dan tinggi. 

Kepikiranlah saya ke sang pencipta yang belum punya nama pada saat itu Damma Silalahi. Sesampainya di kampung  Damma, aku sampaikan niat kami dan beliau pun respon dan bilang “kalau untuk kalian dan Simalungun ambil aja lagu ku semua,” katanya. 
Jerry Sigumonrong.(IST)
Kami pun disuguhi lagu yang salah satu nya jadi head yaitu Cinta Pertama. Tapi aku belum puas karena yang terngiang dipikiran ku hanya lagu yang belum punya judul itu, yang diciptakan di Sirpang Sigodang.

Damma pun bilang, “ahhh sele-selenya itu, itu pun kalau mau ambillah,” ujar Damma. Dalam hati ku sambil senang, sele sele ma itu?

Rilis lah album perdana yang pada saat itu sampul nya lagu Cinta Pertama sesuai dengan usul pemusik nya Noah Sumbayak, walaupun sebenarnya saya lebih suka lagu yang kubuat judul nya “Elvi”, bukan Elpi ya?

Tak disangka dan tak diduga album itu meledak meletup di pasaran dengan sebutan CD Sobat lagu Elvi. Maka aku bilang ke penciptanya “Sele-sele” jadi Top dan lagu itu jugalah salah satu melambungkan nama Damma Silalahi. “Jika ada penulisan dan penyampaian yang kurang pas mohon dikoreksi,” tulis Jerry Sigumonrong.

Cerita Damma Silalahi

Damma Silalahi-pun menuliskan kisah terciptanya Lagu “Elvi”. Malam itu Damma dan Jerry diguyur hujan. Akan tetapi si Damma-lah yang basah. Sebab Jerry malam itu ada gebetan juga disana.

Damma pun akhir merasa tiada lagi yang peduli akan nasibnya. Dia menghantam tuak tersebut hingga dia mabuk parah dan tidak sadar lagi bahwa dirinya sudah sempoyongan menuju panggung sambil diguyur hujan.

Malam itu sebenarnya kekasih pujaan hatinya masih cinta, namun karena melihat tingkah arjuna-nya sedikit nyeleneh seketika itu juga cinta si Elvi tadi hancur lebur. Sebab kelakuan arjuna-nya tidak mencerminkan suatu hal yang baik.

Namun sang dara manis tersebut masih merasa iba melihat kekasihnya. Lalu dia memberikan sebuah jakket mengingat Sirpang Sigodang adalah kampung yang bercuaca dingin. Dan Damma Silalahi-pun mencium jakket tersebut berulang ulang.

Karena memang tak dapat dipungkiri dijakket tersebut masih melekat aroma tubuh sang adinda, kan on maaa. Setelah acara tersebut selesai Jerry yang telah selesai indehoy mencari keberadaan sahabat mabuknya.

Dan mengajaknya pulang ke Sondiraya, saat melintasi Bah Hutailing terngiang ucapan Elpy Dameria Saragih tadi, (olatni on ma hubungan ta bange,mailado au marhasoman ham anggo songonin). Lalu timbullah gijangni pada diri seorang laki-laki yang selama ini selalu merendah terhadap siapa pun.

Dan Damma pun membuang jakket tersebut sambil berkata “YANG KUBUTUHKAN CINTA MU, BUKAN RASA KASIHANMUUUU....EMANGNYA COWOK APAANNNN.....!!! Hahajajaj. Begitulah kisah terciptanya Lagu “Elvi” oleh Damma Silalahi. Dan Elpy Dameria Saragih Itupun Jadi Kenangan. (Asenk Lee Saragih) 
Share this article :

Posting Komentar