}); }); Polri Perketat Pengawasan Pintu Masuk Arus Mudik TKI di Seluruh Indonesia | MediaLintasSumatera
Home » , , , , » Polri Perketat Pengawasan Pintu Masuk Arus Mudik TKI di Seluruh Indonesia

Polri Perketat Pengawasan Pintu Masuk Arus Mudik TKI di Seluruh Indonesia

Written By MediaLintasSumatera on Jumat, 24 April 2020 | 08.54

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono (tengah) ( Foto: BeritaSatu.Com/Handout)
(Matra, Jakarta) – Ratusan ribu pekerja migran Indonesia di luar negeri atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) bakal mudik ke Tanah Air hingga Lebaran nanti. Guna mencegah masyarakat yang tetap berusaha mudik ke kampung halaman, termasuk TKI, Polri mendirikan 58 titik pemantauan di seluruh perbatasan wilayah di Indonesia melalui Operasi Ketupat 2020.

"?Operasi Ketupat 2020 ini berlaku di 34 polda seluruh Indonesia dari Aceh-Papua. Akan dilakukan penyekatan larangan mudik, dari Korlantas sudah mendeteksi ada 58 titik yang dilakukan penjagaan di seluruh Indonesia," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen (Pol) Raden Prabowo Argo Yuwono, Kamis (23/4/2020) terkait larangan mudik yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Argo merinci 58 titik pemantauan arus mudik tersebut terdapat 6 titik di Banten, 18 titik di DKI Jakarta, 17 titik di Jawa Barat, 5 titik di Jawa Tengah, 3 titik di DIY, dan 9 titik di Jawa Timur. Puluhan titik ini dijaga oleh anggota TNI-Polri serta instansi lain yang tergabung dalam Operasi Ketupat 2020.

"Masing-masing titik ini diisi oleh anggota Polri baik dari Lalu Lintas, Sabhara, Brimob. Ada juga anggota TNI, Dishub, Satpol PP. Kami tempatkan mereka untuk memfilter kendaraan yang terindikasi akan mudik," ujar Argo.

Jika ditemukan masyarakat yang hendak mudik, Argo menjamin aparat gabungan akan memberikan imbauan secara humanis, lalu meminta mereka untuk kembali ke rumahnya masing-masing.

Mantan Kabid Humas Polda Jatim ini meminta masyarakat mematuhi aturan larangan mudik yang sudah dikeluarkan Pemerintah demi mencegah penularan virus corona (Covid-19) untuk kebaikan bersama.

Operasi Ketupat 2020 mulai dilaksanakan pada 24 Maret hingga? 31 Mei 2020. Ada 175 ribu personel TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan pemerintah daerah yang dilibatkan dalam Operasi Ketupat tahun ini.

Tujuan operasi ini adalah untuk mencegah masyarakat mudik, menjamin rasa aman masyarakat yang menjalankan ibadah puasa, dan mewujudkan kamtibmas yang kondusif selama Ramadan, Lebaran, dan sesudah Lebaran. (Matra/AdeSM; Sumber : BeritaSatu.Com)

Share this article :

Posting Komentar