. Pasien Positif Covid-19 di Provinsi Jambi Tiga Sembuh, Total Dalam Perawatan 62 Pasien | MediaLintasSumatera
Home » , » Pasien Positif Covid-19 di Provinsi Jambi Tiga Sembuh, Total Dalam Perawatan 62 Pasien

Pasien Positif Covid-19 di Provinsi Jambi Tiga Sembuh, Total Dalam Perawatan 62 Pasien

Written By MediaLintasSumatera on Selasa, 12 Mei 2020 | 13.04

(Matra, Jambi)-Jumlah kasus positif corona (Covid-19) di Provinsi Jambi kini sudah diangka 65 orang hingga Selasa (12/5/2020). Namun demikian pasien positif Covid-19 yang sembuh sudah tiga orang.

Sebanyak 62 orang pasien positif Covid-19 kini menjalani perawatan di rumah sakit rujukan Covid-19 di Provinsi Jambi. 

Dua orang pasien positif Covid-19 di Provinsi Jambi dinyatakan sembuh. Kedua pasien positif yang dinyatakan sembuh tersebut, yakni pasien kasus 03 Jambi, seorang pria berusia 65 tahun asal Kabupaten Bungo dan pasien 07, pria berumur 48 tahun asal Kota Sungaipenuh.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid – 19 Provinsi Jambi, Johansyah di Jambi, Selasa (11/5/2020) menjelaskan, kedua pasien positif di Jambi yang dirawat sejak Maret tersebut dinyatakan sembuh menyusul keluarnya hasil pemeriksaan cairan tenggorokan (swab) mereka di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) di Jakarta, Minggu (10/5/2020). Berdasarkan hasil pemeriksaan swab di Balitbangkes, kedua pasien dinyatakan negatif corona.

“Jadi hingga Senin ini sudah tiga pasien positif di Jambi sembuh. Sebelumnya, seorang pasien positif asal Kabupaten Tebo, pasien kasus 01 dinyatakan sembuh Senin (20/4/2020),”katanya.

Menurut Johansyah, di tengah bertambahnya pasien yang sembuh di Jambi, jumlah pasien positif corona di daerah itu juga terus bertambah. Total pasien positif di Jambi hingga Senin (11/5) mencapai 64 orang. Dua orang pasien baru positif di Jambi, yakni pasien kasus 63, seorang perempuan berusia 42 tahun, asal Kabupaten Batanghari.

Pasien tersebut istri dari pasien kasus 57 yang merupakan klaster Gowa, Sulawesi Selatan. Kemudian pasien kasus 64, seorang perempuan berusia 38 tahun yang bekerja sebagai pedagang di pasar Kota Sungaipenuh.

“Kasus positif corona di Jambi diperkirakan masih bertambah karena hingga kini masih ada puluhan pasien dalam pengawasan (PDP) yang menjalani pemeriksaan swab,”ujar Johansyah.

Johansyah mengatakan, pemeriksaan kasus positif di Jambi belum bisa dilakukan secara cepat (real time). Pemeriksaan kasus corona di Jambi baru sebatas tahap rapid test (tes cepat). Pemeriksaan swab secara cepat di Jambi belum bisa dilakukan karena karena Jambi belum mesin penguji sampel atau spesimen secara real time polymerase chain reaction (RT-PCR).

“Kami berharap Jambi segera mendapat bantuan mesin RT – PCR agar bisa lebih cepat menemukan kasus-kasus positif corona melalui pemeriksaan swab secara cepat,”katanya. (Matra/Lee)

 Video Pasien Positif 2 Orang
Share this article :

Posting Komentar