. PDIP Dalam Komitmen Mengusung Anton Saragih-Rospita Sitorus di Pilkada Simalungun | MediaLintasSumatera
Home » , » PDIP Dalam Komitmen Mengusung Anton Saragih-Rospita Sitorus di Pilkada Simalungun

PDIP Dalam Komitmen Mengusung Anton Saragih-Rospita Sitorus di Pilkada Simalungun

Written By MediaLintasSumatera on Rabu, 22 Juli 2020 | 09.34

Semangat Baru Membangun Simalungun Lebih MANTAP


(Matra, Pematangraya)-Setelah proses panjang, akhirnya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) resmi mengusung pasangan H Anton Saragih-Rospita Sitorus dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Simalungun 9 Desember 2020 mendatang. PDIP juga berkoalisi dengan PAN yang memiliki dua kursi di DPRD Kabupaten Simalungun, sedangkan PDIP memiliki 8 kursi. 

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sumatera Utara (Sumut) Djarot Saiful Hidayat (Anggota DPR RI Dapil Sumut III) kepada wartawan di Kantor DPC PDIP Simalungun, Jalan Asahan, Komplek Griya, Kabupaten Simalungun, Selasa (21/7/2020) mengatakan, dukungan Anton Saragih yang notabene kepada abang kandung Bupati Simalungun JR Saragih itu merupakan perintah Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarno Putri.

“Di dalam proses pencalonan, mulai dari bawah naik ke atas. Akhirnya kemarin Ibu Ketua Umum sudah memutuskan. Untuk Simalungun, kita akan dukung Haji Anton Saragih dan Rospita Sitorus. PDIP akan memberikan perhatian khusus pada Simalungun. Sebab, ada kader partai yang ikut bertarung dan lokasinya sangat strategis. Ada kader partai (Rospita), tuh. Semua kader partai harus solid memenangkan Pilkada di Simalungun,” tegas Djarot.

Kata Djarot, guna proses pemenangan nantinya, Ketua DPC PDIP Simalungun Samrin Girsang akan tampil paling depan.

“Jangan malu-maluin. Selama ini, kita kan kalah terus di sini, sama dengan Siantar. Jangan sampai di sini, saya ditugaskan sebagai Plt Ketua DPD, kemudian kadernya lemas. Semua calon kepala daerah dari PDIP akan dididik dan dimasukkan ke sekolah partai. Itu supaya visi misinya sama. Simalungun nanti nyambung sama Pematangsiantar, nyambung sama Karo, sama Batubara,” ujarnya.

Kata Djarot, apa yang dilakukan PDIP, khususnya dalam hal memutuskan calon kepala daerah yang didukung, tak lain untuk kepentingan rakyat.

“Ini untuk siapa? Untuk rakyat Sumatera Utara. Untuk saudara-saudara kita semua. Bukan untuk kita, kok. Yang menikmati siapa? Rakyat Sumatera Utara. Bukan pribadi-pribadi kita. Kita akan bela wong cilik ini. Kenapa? Karena sebagian besar pendukung kita, militan kita, itu adalah wong cilik,” ujarnya.

Sebelumnya dari Kabupaten Simalungun, hanya ada satu pasangan calon (paslon) yang diundang ke Kantor DPP PDIP Jakarta. Mereka adalah pasangan H Anton Ahmad Saragih dan Rospita Sitorus. 
Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sumatera Utara (Sumut) Djarot Saiful Hidayat (Anggota DPR RI Dapil Sumut III) di Kantor DPC PDIP Simalungun, Jalan Asahan, Komplek Griya, Kabupaten Simalungun, Selasa (21/7/2020).(Istimewa)
Ketua DPC PDIP Simalungun Steven Samrin Girsang menambahkan, bahwa Paslon Anton Saragih-Rospita Sitorus merupakan cakada Simalungun yang tepat di dukung PDIP dan akan berkoalisi dengan PAN.

Terpisah, Ketua Badan Pemenangan (BP) Pemilu DPD PDIP Sumut Mangapul Purba juga membenarkan bahwa H Anton Ahmad Saragih dan Rospita Sitorus merupakan satu-satunya paslon yang diundang menghadiri konsolidasi organisasi persiapan Pilkada Serentak 2020 dan komitmen calon kepala daerah yang akan digelar di markas DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.

PDIP akan mengusung paslon Anton-Rospita sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun, politisi PDIP yang akrab disapa MP ini mengungkapkan bahwa hal itu merupakan salahsatu kemungkinan karena sudah konsolidasi komitmen kepartaian.

BagusDapat PDIP

Bakal Calon Bupati Simalungun Dr H Anton Saragih menyampaikan keinginannya untuk diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Hal itu disampaikannya saat berkunjung ke Warung Kopi Hitam Putih, Jalan MH Sitorus, Siantar Barat, Rabu pecan lalu. Anton mengatakan, saat ini dirinya masih fokus mencari partai pengusung. “Masih fokus cari kapal (partai) dulu,” kata Anton Saragih.

Anton Saragih pun mengungkapkan, jika partai yang diinginkannya adalah PDIP. Namun, Anton menilai, bukan hal yang mudah untuk diusung PDIP. Anton mengatakan, dirinya sudah mendaftar ke beberapa partai, seperti PPP, PKS, PAN dan PDIP.

Kata Anton Saragih, dirinya siap menjadi Bupati Simalungun tak lain untuk melakukan perawatan dan perbaikan. Rumah ini butuh perawatan. Gentengnya gimana, sengnya, lantainya. Bagaimana tanaman, anak-anaknya, sekolahnya, bagaimana kalau dia sakit.

Pada kesempatan itu, Anton mengungkapkan, jika dirinya pernah bertarung di Pilkada Siantar pada tahun 2000 silam. Saat itu, walikota masih dipilih DPRD. 

Sebelumnya S Samrin Girsang mengatakan bahwa Bapaslon Dr H Anton Saragih dengan Ir Rospita Sitorus merupakan calon yang kuat yang akan diusung PDIP dan PAN dengan 10 kursi di DPRD Kabupaten Simalungun. Karena ada 8 kursi PDIP di DPRD Simalungun dan PAN ada 2 kursi. Jumat pekan ini akan dilakukan deklarasi usungan.

Profile Calon Bupati Simalungun

Dr H Anton Saragih dilahirkan pada tanggal 25 Januari 1959 di Kota Medan, Sumatera Utara. Haji Anton  begitu selalu dia dipanggil dilahirkan pada pagi subuh dari rahim sang ibu, Hj. Netty br Sembiring dan oleh sang ayah, seorang tentara memberinya nama Anton Achmad. Masa kecil dilewati beliau dengan apa adanya di Kota Medan.

Ketika liburan beliau selalu menyempatkan untuk berkunjung ke Hapoltakan, Pematang Raya, Kabupaten Simalungun. Mengunjungi saudara/i dan keluarga dari sang ayah yang masih menetap di Simalungun. Ketika berkunjung ke Hapoltakan, mengunjungi ladang kopi dan sekali-kali mengangon adalah suatu hal yang sangat disenangi oleh Anton Achmad kecil.

Pria yang sekarang menjadi seorang komisaris di Badan Usaha Milik Negara Riset Perkebunan Nusantara ini dari pernikahannya dengan Hj. Darmawati dikarunia dua orang anak yaitu Andrew Reyhan Saladin, SH, LL.M dan Thalita Karina, S.Ds, MDM.

Andrew anak sulung dalam keluarga ini setelah menyelesaikan pendidikan jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) melanjutkan pendidikannya ke Universitas Indonesia dengan mengambil Ilmu Hukum. Sembari kuliah, mencari informasi beasiswa luar negeri menjadi rutinitasnya. Setahun di Universitas Indonesia beliau mendapat beasiswa ke luar negeri.

Begitu juga dengan sang adiknya Thalita yang melanjutkan pendidikan ke Institut Tegnologi Bandung, hanya setahun di ITB, Thalita mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikannya ke salah satu Universitas di Canada.

Riwayat Pendidikan Haji Anton Saragih

Tahun 1971 SDN Angsana Pagi 1
Tahun 1974 SMPN 71
Tahun 1977 SMAN 15
Tahun 1987 Sarjana (S1), Universitas Jayabaya
Tahun 1997 S2, Universitas Jayabaya
Tahun 2005 S3, Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Profil Rospita Sitorus, Kandidat Cawabup Simalungun

Ir Rospita Sitorus memutuskan mendampingi sosok Anton Saragih dalam Pilkada 2020 di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.  Perempuan yang dikenal dulunya aktivis sosial dan akademisi itu sudah tiga periode duduk di DPRD Kabupaten Simalungun dari PDIP.

Maju di Pilkada Simalungun, Rospita Sitorus kemudian berkontemplasi, melakukan diskusi dengan keluarga terutama sang suami, seorang ASN bernama Raja Sianipar. Dia menerima tawaran H Anton Saragih dan rela akan meninggalkan jabatan Anggota DPRD Simalungun.

Rospita Sitorus, wanita kelahiran Bah Butong, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun pada 15 April 1963, mau mendampingi Anton Saragih dengan perhitungan politik, dengan perhitungan dan keyakinan, bukan pragmatisme.

Katanya, Anton Saragih bisa diandalkan dan memiliki kemampuan emosional, intelektual dan sosial yang memadai jika kelak mereka diberi izin oleh Tuhan menjadi pemenang di Pilkada 2020 Kabupaten Simalungun 9 Desember 2020 mendatang.

Biodata
Nama: Ir Rospita Sitorus
Tempat dan Tanggal Lahir: Bah Butong, 15 April 1963
Alamat: Nagori Kebun Sayur, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun
Pekerjaan: Anggota DPRD Kabupaten Simalungun
Riwayat Pendidikan:
1. SDN Bah Butong Tahun 1976
2. SMP Dharma Pertiwi Bah Butong Tahun 1978
3. SMA FKIP Nommensen Pematangsiantar Tahun 1983
4. Universitas Sumatera Utara Tahun 1988
Pengalaman Organisasi:
1. Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Simalungun 2005-2010
2. Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Simalungun 2010-2015
3. Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Simalungun 2015-2020
4. Bendahara DPC PDIP Kabupaten Simalungun 2019-sekarang
5. Bendahara Cabang GMKI Medan 1985-1987
6. Wakil Sekretaris Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia Siantar-Simalungun 2005-sekarang
7. Sekretaris Persatuan Wanita Kristen Indonesia Kabupaten Simalungun 2006-2011
8. Sekretaris Persatuan Wanita Kristen Indonesia Kabupaten Simalungun 2011-2016
9. Ketua Lembaga Study Pemberdayaan Perempuan Marina Siantar-Simalungun

Riwayat Jabatan:
1. Anggota DPRD Kabupaten Simalungun 2009-2014
2. Wakil Ketua DPRD Kabupaten Simalungun 2014-2019
3. Anggota DPRD Kabupaten Simalungun 2019-2024.

VISI: Semangat baru untuk membangun Simalungun yang lebih MANTAP.

MISI: Menciptakan iklim pemerintahan yang kondusif dan harmonisasi tata sosial yang agamis dan berbudaya. Meningkatkan kerjasama seluruh elemen masyarakat dalam pembangunan ekonomi yang berbasis potensi daerah. Meningkatkan kualitas dan ketersediaan infrastrukur publik (jembatan, jalan, irigasi dan perikanan) dan infrastruktur teknologi guna menunjang sektor ekonomi masyarakat. (Berbagaisumber/Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Posting Komentar