}); }); Lolos Jalur Perseorangan, Wagner Damanik: Suhu Politik Akan Semakin Panas | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , » Lolos Jalur Perseorangan, Wagner Damanik: Suhu Politik Akan Semakin Panas

Lolos Jalur Perseorangan, Wagner Damanik: Suhu Politik Akan Semakin Panas

Written By MediaLintasSumatera on Sabtu, 22 Agustus 2020 | 14.23

Wagner Damanik berdampingan dengan Abidinsyah Saragih menuju Pilkada Simalungun 2020, semakin terang. Pasangan berjuluk WD-BISA ditetapkan sebagai satu-satunya bakal calon perseorangan yang resmi bertanding.(Istimewa)

(Matra, Pematangraya)-Calon Bupati Simalungun dari jalur perseorangan Irjen Pol (Purn) Wagner Damanik mengatakan usai tahapan verifikasi jalur perseorangan, suhu politik akan semakin panas. Para kontestan berikut tim suksesnya sama-sama berupaya keras untuk menang dengan segala cara, tinggal masyarakatlah yang harus pintar dan bijak memilih pemimpinnya.

“Yang pasti kami bangga dan terhormat diusung langsung oleh rakyat. Karena nantipun ketika terpilih akan berbuat totalitas hanya untuk rakyat tanpa tersandera oleh kepentingan siapapun. Rakyatlah yang berdaulat atas negeri ini, karena itulah kami berpikir, bertindak dan berkarya atas dasar “Karenamu Tanoh Simalungun,” ujar Wagner Damanik yang berdampingan dengan Abidinsyah Saragih menuju Pilkada Simalungun 2020, 9 Desember 2020 mendatang.

“Ucapan terimakasih yang tak terhingga kepada masyarakat Simalungun yang telah memberikan dukungan kepada kami dari jalur perseorangan. Hari ini telah dinyatakan lolos oleh KPU Simalungun dan dapat mendaftar bersamaan dengan calon dari Parpol. Hampir setahun lamanya proses tersebut berjalan, banyak tantangan yang dihadapi dan bahkan verifikasipun harus dilaksanakan dua kali,” ujar Wagner Damanik usai menghadiri rapat pleno rekapitulasi perbaikan tingkat kabupaten oleh KPUD Simalungun, di Aula KPU Simalungun di Jalan Jon Horailam Pematang Raya, Simalungun, Jumat (21/8/2020).

Wagner Damanik berdampingan dengan Abidinsyah Saragih menuju Pilkada Simalungun 2020, semakin terang. Pasangan berjuluk WD-BISA ditetapkan sebagai satu-satunya bakal calon perseorangan yang resmi bertanding.

Wagner Damanik juga menyampaikan banyak terima kasih terhadap timnya dan semua pihak yang mendukung langkah WD-BISA selama verifikasi faktual.

"Kami memenuhi syarat untuk mendaftar pada tanggal 4-6 September 2020. Kemudian yang paling utama, terima kasih pada masyarakat Simalungun yang sudah memberi dukungan pada kami, calon perseorangan," katanya.

Wagner berharap, pada masyarakat yang sudah memberi dukungan e-KTP pada verifikasi faktual ini, tetap meneguhkan suara untuk dirinya dan Abidinsyah pada 9 Desember 2020 mendatang.

"Kami juga harapkan kepada masyarakat Simalungun yang memberikan dukungan e-KTP dan lainnya untuk dapat menjadikannya suara pada bulan Desember," terang Wagner.

Putra Simalungun yang pernah menjabat sebagai Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Hankam Lemhannas RI ini meminta masyarakat Simalungun untuk yakin terhadap komitmen dirinya membangun tanah Habonaron Do Bona. Ia dan Abidinsyah janji menjaga amanah rakyat.

“Yakinlah, kami tidak ingkar pada amanah yang diberikan pada kami berdua. Kami akan jadikan Simalungun unggul," kata Wagner Damanik.

Hanya Satu Perseorangan

Sementara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Simalungun 9 Desember 2020 mendatang dipastikan hanya diikuti satu pasangan calon dari jalur independen yakni Paslon Wagner Damanik dan Abidinsyah Saragih. Pada Pilkada Simalungun Februari 2016 lalu, setidaknya ada dua Paslon dari jalur perseorangan yakni Paslon Evra Sassky Damanik-Sugito dan Paslon Lindung Gurning-Soleh Saragih. 

Ketua KPUD Simalungun Raja Ahab Damanik mengatakan, pasangan Wagner Damanik dan Abidinsyah Saragih telah memenuhi syarat minimal dukungan untuk maju di Pilkada Simalungun 2020.
“Syarat minimal yang diminta KPU dalam pencalonan perseorangan sebanyak 47.854 sudah terpenuhi. Artinya, pasangan perseorangan bisa mendaftarkan diri," ujar Raja Ahab Damanik.

Selanjutnya, pasangan Wagner dan Abidinsyah dapat mendaftarkan diri tanggal 4 sampai 6 September 2020 mendatang. Wagner Damanik merupakan purnawirawan polisi berpangkat inspektur jenderal (Irjen). Sedangkan Abidinsyah Saragih dikenal sebagai tokoh masyarakat Simalungun.

Paslon Pilkada Simalungun

Seperti diketahui, bakal pasangan calon peserta Pilkada Simalungun 9 Desember 2010 bakal diikuti lima  paslon. Empat Bapaslon yang diusung Partai Politik yakni Bapaslon St Radiapoh Hasiholan Sinaga SH-Zonny Waldi (Golkar-Hanura-Berkarya). Bapaslon H Anton Saragih-Ir Rospita Sitorus (PDIP-PAN).

Kemudian Bapaslon H Mujahidin Nur Hasim-Tumpak Siregar (Demokrat-Gerindra), Bapaslon Ir Amran Sinaga-Ganda C Manurung (PPP-Perindo-PKS).   

Sementara pasa Pilkada Simalungun Februari 2016 silam, Paslon Pilkada Simalungun diikuti lima Paslon. Lima Paslon itu yakni Jopinus Ramli Saragih-Amran Sinaga diusung Demokrat meraih 120.625 suara (34,69%).

Paslon kedua Tumpak Siregar-Irwansyah Damanik yang diusung PDI Perjuangan, Partai Hanura, dan PKPI dengan meraih 92.402 suara (26,57%). Paslon ketiga ada pasangan Evra Sassky Damanik-Sugito, yang maju dari jalur perseorangan dengan memperoleh 67.435 suara (19,39%).

Selanjutnya, Paslon keempat ada Nuriaty Damanik-Posman Simarmata, yang diusung Partai Nasdem, Partai Gerindra, PAN, PKB, dan Partai Golkar dengan mendapatkan 59.874 suara (17,22%). Serta Paslon kelima adalah Lindung Gurning-Soleh Saragih, yang maju dari jalur perseorangan dengan hanya mendapat 7.416 suara (2,13%). (Asenk Lee Saragih) 

Share this article :

Posting Komentar