. Jaga Kualitas Bangunan, Panji-Yos bakal Kerjasama dengan Kampus Cek Lab Bahan Material | MediaLintasSumatera
Home » , » Jaga Kualitas Bangunan, Panji-Yos bakal Kerjasama dengan Kampus Cek Lab Bahan Material

Jaga Kualitas Bangunan, Panji-Yos bakal Kerjasama dengan Kampus Cek Lab Bahan Material

Written By MediaLintasSumatera on Minggu, 25 Oktober 2020 | 10.45


(Matra,Dharmasraya)—Pasangan cabup dan cawabup Dharmasraya nomor urut satu Panji Mursyidan-Yosrisal akan melakukan kerjasama dengan kampus untuk mengecek bahan material bangunan. Hal itu untuk menjaga kualitas proyek pembangunan pemerintah.

Menurut Panji, di negara maju, proyek pembangunan pemerintah dilakukan dengan melibatkan pihak universitas dalam menjaga mutu bangunan. “Kampus memiliki peralatan dan tenaga ahli yang bisa mengecek secara laboratorik mutu bahan bangunan. Dan hal itu menjadi prasyarat utama kualitas suatu bangunan,” ujarnya.

Menurut ekonom lulusan Master Managemen Institut Perbanas Jakarta ini,  kerjasama dilakukan untuk memperoleh informasi tentang kualitas bahan-bahan bangunan serta ketahanannya. “Pengujian kualitas produk harus sesuai standar yang ditetapkan dalam SOP nasional maupun internasional,” imbuhnya
.
Dijelaskannya, kebijakan itu dilaksanakan untuk pengoptimalan sarana dan prasarana dengan menjaga material bangunan agar sesuai desain dan ketahanan bangunan. Sehingga azas manfaatnya benar-benar di nikmati oleh masyarakat
“Selama ini masyarakat sering mengeluh karena proyek pembangunan banyak yang asal jadi. Selain merugikan keuangan daerah, itu juga merugikan nama baik kontraktor sendiri,” ujarnya. Diharapkan, dengan kebijakan itu nantinya proyek pembangunan tidak dikerjakan asal bangun serta cepat selesai saja. 

Untuk melakukan uji secara laboratorik, pemkab nantinya bekerjasama dengan perguruan tinggi yang telah memiliki sertifikat dari Badan Akreditasi Nasional yang membidangi hal tersebut.(Rel/Asenk Lee)
Share this article :

Posting Komentar