}); }); Melihat Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir | MediaLintasSumatera
Home » , , » Melihat Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Melihat Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Written By MediaLintasSumatera on Kamis, 08 Oktober 2020 | 13.38

Paslon Nomor Urut 2 yakni Vandiko Timoteus Gultom ST dan Drs Martua Sitanggang MM yang diusung koalisi Parpol Nasdem, PKB, Golkar, Gerindra, Demokrat dan Hanura.(Istimewa)

(Matra,
Samosir)-
Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Samosir Rabu 9 Desember 2020 bakal sengit. Tiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Samosir bakal adu strategi dalam meraup suara terbanyak. Paslon Nomor Urut 2 yakni Vandiko Timoteus Gultom ST dan Drs Martua Sitanggang MM yang diusung koalisi Parpol Nasdem, PKB, Golkar, Gerindra, Demokrat dan Hanura ini menjadi lawan tanding berat bagi Paslon Patahanan Drs Rapidin Simbolon MM - Ir Juang Sinaga yang diusung PDI-Perjuangan. Sementara Paslon Nomor Urut 1 dari Jalur Independen Marhuale Simbolon - Guntur Sinaga diprediksi akan memecah suara Patahanan.

Kekuatan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang, tak terlepas dari sosok Martua Sitanggang. Martua Sitanggang merupakan calon yang sudah kali ketiga maju di Pilkada Samosir, dan kali ini aroma kemenangan itu akan menghampirinya.

Keberadaan koalisi partai pengusung dan komunitas marga Parna di Kabupaten Samosir telah membulatkan tekat untuk memenangkan Paslon  Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang pada Pilkada Samosir Rabu 9 Desember 2020.

Seperti Punguan Pomparan Raja Manihuruk Boru, Bere Ibebere Kabupaten Samosir telah menyatakan sikap siap mendukung Drs Martua Sitanggang, MM. Pernyataan sikap sekaligus memberangkatkan Drs Martua Sitanggang, MM menuju Pemilihan Bupati Samosir dilaksanakan di Sidabagas Desa Dos Roha, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Jumat (07/02/2020) lalu.

Acara yang berjalan dengan hikmat tersebut, sebagaimana tradisi adat istiadat Batak, Pomparan Raja Manihuruk menyematkan Ulos serta "Lage - Lage Tiar" (Tikar Batak-Red) kepada Drs Martua Sitanggang, MM.

Saat itu Martua Sitanggang juga mengatakan alasan mengapa dirinya ikut pada kontestasi Pilkada Samosir karena wujud kepedulian akan keadaan Samosir saat ini. Martua Sitanggang juga bercita cita untuk mewujudkan Samosir yang lebih maju.

Adapun Visi dan Misi Martua Sitanggang yakni tak lepas dari peningkatan Pertanian dan Pariwisata Samosir, dengan program menyejahterakan pertanian Samosir serta meningkatkan SDM. Masyarakat Samosir mayoritas petani dan harus memprioritaskan sarana dan prasarana pertanian.
Melihat Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir.

Kemudian Punguan Pomparan Raja Sitempang (PAPORATA) Kabupaten Samosir juga telah menyatakan sikap mendukung Martua Sitanggang menjadi calon Wakil Bupati (Bacawabup) Samosir mendampingi Vandiko Gultom sebagai Cabub Samosir.

Hal itu secara tegas disampaikan Ketua Punguan Raja Sitempang Samosir, Marulak Sitanggang dalam acara deklarasi di Pangururan, Minggu (21/6/2020) lalu. Dalam deklarasi hadir Ketua Kumpulan Raja Sitempang Samosir, Marulak Sitanggang, Ketua pomparan Sitempang se-Jabotabek, Bungaran Sitanggang.

Tercatat Drs Martua Sitanggang juga sebagai Ketua Umum Punguan Pomparan Raja Sitempang (PAPORATA) Provinsi Jambi yang terdiri dari marga Sitanggang, Sigalinging, Manihuruk dan Sidauruk. Paporata Provinsi Jambi juga memberikan dukungan kepada Drs Martua Sitanggang MM jadi Calon Wakil Bupati Samosir.

Marulak Sitanggang dalam sambutannya mengharapkan agar kiranya seluruh keturunan Raja Sitempang khususnya di Samosir untuk dapat bersatu memenangkan Paslon Nomor Urut 2 Vandiko-Martua pada Rabu 9 Desember 2020 mendatang.

“Memang benar dalam pemilihan nantinya kita bebas memilih siapa bakal calon pimpinan, namun salah satu kandidat dari keturunan Raja Sitempang ikut dalam pertarungan pilkada itu. Harapan saya, marilah kita sama-sama membesarkan nama Pomparan Raja Sitempang,” kata Marulak.

Sementara Martua Sitanggang dihadapan punguan pomparan Raja Sitempang Samosir mengatakan bahwa awalnya Dirinya datang ke Samosir dan ingin mencalonkan diri menjadi bakal calon Bupati Samosir. Namun dinamika politik yang terus berjalan, pertarungan yang semakin sengit, akhirnya membuatnya mengikut arus dinamika politik itu dan menjadi Cawabub Samosir.

Terpisah, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Samosir, Binsar Sinaga menyebutkan, Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang optimis Samosir pro perubahan karena pada intinya wargalah yang mengetahui keadaan Samosir sebenarnya.

Rekam Jejak Drs Martua Sitanggang MM

Rekam jejak Drs Martua Sitanggang MM di Pilkada Samosir penuh dengan lika-liku politik. Niat tulus dan iklas untuk mengabdi di Kabupaten Samosir hingga akhir hidupnya sudah sejah lama diidamkan Martua Sitanggang.

Pada Pilkada Samosir Rabu 9 Juni 2010 lalu, pasangan No urut 6 Drs. Martua Sitanggang, MM-Mangiring Tamba,SH belum beruntung di Pemilukada Samosir.

Rekam jejak Martua Sitanggang di Jambi sebagai birokrasi banyak memajukan warga Jambi khususnya bidang infrastruktur dan kesehatan. Pengalaman sebagai Kepala Dinas PU Kota Jambi dan Staf Ahli Pembangunan Walikota Jambi (sekarang), cukup bagus.

Penasehat Paporata Provinsi Jambi O Sitanggang, B Gaja Sigalingging, Ap Judo Manihuruk, TS Sidauruk, L Malau SH mengatakan, pasangan Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang pilihan tepat untuk memimpin Samosir lima tahun kedepan.

Menurut Ap Judo Manihuruk , rekam jejak  Martua Sitanggang selamat menjabat sejumlah jabatan penting di Jambi cukup bagus. Seperti saat menjabat Kepala Dinas PU Kota Jambi banyak gebrakan penting yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Jambi hingga saat ini seperti Rumah Sakit Umum Abdul Manap Kota Jambi.

Kemudian program perbaikan jalan lingkungan dengan program proyek NUSSP (Neighborhood Upgrading And Shelter Sector Projeck) Kota Jambi yang didanai Asian Development Bank (ADB). Program ini berjalan sukses dan sangat bermanfaat saat Martua Sitanggang menjabat Kadis PU Kota Jambi.

Martua Sitanggang memiliki jaringan hubungan baik di Departemen PU Pusat, DPR RI, dan para investor membuat Walikota Jambi mempercayakan pria kelahiran Samosir, 2 Oktober 1954 itu menjabat Kadis PU Kota Jambi tahun 2006-2009. Banyak terebosan yang berhasil dibuat ayah dari dua putra ini.

Kemudian terobosan lain yakni mewujudkan impian masyarakat Jambi dalam bidang pelayanan kesehatan. Masyarakat Kota Jambi hingga kini sudah mendapat mendapat pelayanan kesehatan oleh pemerintah daerah secara maksimal.

Hadirnya Rumah Sakit Umum Daerah H Abdul Manap Kota Jambi menjawab impian masyarakat yang mendambakan pelayanan kesehatan yang prima dan terjangkau. Pembangunan serta diresmikannya RSUD H Abdul Manap Kota Jambi tidak terlepas dari sentuhan pria asal Samosir ini.

Peresmian RSUD H Abdul Manap Kota Jambi juga merupakan hadiah dari Dinas Pekerjaan Umum Kota Jambi saat dikepalai Drs M Sitanggang MM. Menurutnya, pembangunan RSUD H Abdul Manap Kota Jambi itu diawali dengan study kelayakan pada tahun 2005. Dari hasinya study kelayakan itu, masyarakat Kota Jambi rata-rata 100 orang per hari berobat jalan ke setiap Puskesmas/Puskesmas Pembantu.

“Saya ingin membangun dengan berbagai sumbangsih pemikiran untuk Samosir. Saya merasa bertanggungjawab untuk memajukan Samosir. Dukungan yang datang dari berbagai pihak membuat saya iklas dan berbuat untuk Samosir kedepan,”ujar Martua Sitanggang kepada Penulis baru-baru ini.
Dirinya juga meminta dukungan doa restu dari masyarakat Kabupaten Samosir untuk mensukseskannya di Pilkada Samosir Rabu 9 Desember 2020. Semoga. (Rosenman Manihuruk)
Drs Martua Sitanggang MM. (Dok Rosenman Manihuruk)

Biodata Singkat :
Nama   : Drs Martua Sitanggang MM
Tempat/Tgl Lahir  : Samosir, 01 Februari 1954
Istri   : HR br Situmorang
Anak   : -Mahardi Sitanggang 
     -Frans Edward Sitanggang 
Organisasi  :Ketua KNPI (1978)
     -Pembina IPK Provinsi Jambi
     -Ketua Harian Federasi Eurosport Indonesia (FASIDA) Jambi
   -Ketua Kumpulan Marga Sitanggang Kota Jambi
   - Ketua Paporata Provinsi Jambi
Birokrasi  -Staf Bappeda Provinsi Jambi 11 tahun
   -Staf Perindag Provinsi Jambi 3 tahun
   -Kepala Bagian Pembangunan Daerah Kota Jambi (2000)
   -Kadis PU Kota Jambi (2000-2009)
   - Staf Ahli Walikota Jambi Bidang Pembangunan.
-Pengusaha

RSUD Amdul Manap Kota Jambi Hasil Karya Drs Martua Sitanggang MM.

Drs M Sitanggang ( kedua dari kanan) serta Walikota Jambi Drs H Arifien Manap MM (paling kanan) saat meninjau salah satu ruangan medis RSUD H Abdul Manap usai diresmikan Walikota Jambi, Jumat (31/10/2007) silam. Pengguntingan pita dilakukan oleh istri Walikota Jambi, Ny Maisite Arifien. (Foto Dok Rosenman Manihuruk).



Share this article :

Posting Komentar