. Panji-Yos akan Jadikan Dharmasraya Agrobisnis Pertanian Pangan | MediaLintasSumatera
Home » , » Panji-Yos akan Jadikan Dharmasraya Agrobisnis Pertanian Pangan

Panji-Yos akan Jadikan Dharmasraya Agrobisnis Pertanian Pangan

Written By MediaLintasSumatera on Minggu, 25 Oktober 2020 | 10.29


(Matra,Dharmasraya)
—Pasangan Cabup dan Cawabup Dharmasraya nomor urut satu Panji Mursyidan-Yosrisal dorong transformasi agrobisnis untuk pengolahan pertanian pangan serta distribusinya.

Menurut Panji-Yos, transformasi agrobisnis menjadi vital untuk mendorong sektor produktivitas pertanian, yang mencangkup tanaman pangan, perkebunan, peternakan, kehutanan, hingga perikanan. “Karena sektor ini sangat potensial di Dharmasraya,” kata Panji.

Menurut ekonom jebolan Institut Perbanas Jakarta itu, sumber daya alam Dharmasraya sangat potensial yang dijadikan komoditas agrobisnis. “Peluang sektor bidang pertanian ini sangat besar. Apalagi rata-rata warga kita sebagai petani,” imbuhnya.

Sebagai contoh, ibu-ibu rumah tangga dapat memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk budidaya sayur-sayuran baik untuk kebutuhan keluarga maupun dijual. “Apalagi lahan tidur kita masih sangat luas. Jika dikelola dengan baik, tidak saja bisa membuka lapangan pekerjaan tapi juga meningkatkan taraf hidup warga,” ungkap putra Koto Baru ini.

Dikatakannya, untuk mendorong hal ini pemerintah daerah harus hadir dalam melahirkan kebijakan dan regulasi yang berpihak pada petani.  Misalnya, membentuk infrastruktur internet yang handal sehingga data petani, produksi, konsumen, hingga transaksi keuangan terintegrasi. Kedua, membangun infrastruktur pembayaran yang aman dan menjangkau kalangan lebih luas. 

“Ketiga, regulasi harus mendukung dan kondusif agar bisnis ini tumbuh serta di dorong berkolaborasi dengan perbankan, serta sektor terkait seperti asuransi, kelompok petani, hingga pemerintah. Insha Allah ini akan menjadi fokus kami nantinya,” tegas Panji.(Rel/Asenk Lee)












Share this article :

Posting Komentar