. Gebrakan PPM Loreng Macan Tutul Haranggaol Merawat Akses Jalan Wisata Haranggaol | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , » Gebrakan PPM Loreng Macan Tutul Haranggaol Merawat Akses Jalan Wisata Haranggaol

Gebrakan PPM Loreng Macan Tutul Haranggaol Merawat Akses Jalan Wisata Haranggaol

Written By MediaLintasSumatera on Sabtu, 14 November 2020 | 13.08


(Matra, Haranggaol)
-Gebrakan Provost Pemuda Panca Marga (PPM) Loreng Macan Tutul Haranggaol, Jefri Antony Purba Manorsa bersama anggota melakukan aksi nyata dengan program gotong royong “Jumat Bersih” dalam merawat akses jalan lintas Haranggaol. Pembersihan semak sepenjang jalan lintas Haranggaol dan longsong material ke badan jalan sudah dilakukan PPM Loreng Macan Tutul Haranggaol, Kabupaten Simalungun.

Sejak adanya PPM Loreng Macan Tutul Haranggaol budaya gotong royong dengan biaya swadaya anggota dan simpatisan telah melakukan aksi nyata dengan merawat jalan lintas Haranggaol. Baik berupa pemotongan ilalang yang menjulang ke badan jalan dan juga perbaikan selokan-selokan yang tersumbat akibat air hujan. 

Provost Pemuda Panca Marga (PPM) Loreng Macan Tutul Haranggaol, Jefri Antony Purba Manorsa mengatakan, tujuan berdirinya PPM  Loreng Macan Tutul Haranggaol, sebagai salah satu organisasi yang berbuat untuk pengembangan wisata Haranggaol. 

“Aksi pertama yang kami lakukan yakni merawat jalan lintas Haranggaol yang kini sudah mulus. Akses jalan ini merupakan akses utama menuju wisata Haranggaol. Sehingga harus tetap terjaga. Jadi sebagai gerakan awal PPM Haranggaol melakukan gotong royong pembersihan badan dan pinggir jalan setiap hari Jumat. Agar pengendara yang melintasi jalan lintas Haranggaol tetap aman,” ujar  Jefri Antony Purba Manorsa.

“Kini anggota PPM pada awalnya 10 orang, kini sudah ada 25 orang. Banyak juga masyarakat yang menanyakan soal dana operasional gotong royong PPM Haranggaol ini. Saya bisa jelaskan bahwa dana yang kami gunakan adalah bersumber dari anggota itu sendiri. Kadang ada juga sumbangan dari simpatisan saat melintasi jalan ketiga kami gotong royong. Secara umum tidak ada pemasukan, hanya sumbangsing dari kebersamaan anggota PPM itu sendiri,” tambah Jefri Antony Purba Manorsa.

Jefri Antony Purba Manorsa menambahkan,  selama ini banyak slogan-slogan “Haranggaol Indah, Wajah Haranggaol” tapi tidak ada aksi nyata dalam mewujudkan Haranggaol sebagai daerah wisata. Kehadiran PPM Loreng Macan Tutul Haranggaol membuat gebrakan agar organisasi masyarakat, kepemudaan lainnya tertarik untuk melakukan hal yang sama.
Ketua PPM Loreng Macan Tutul Haranggaol saat mengikuti pembinaan bersama KODIM/KORAMIL di P Siantar.(Istimewa)

Disebutkan, alat-alat operasional gotong royong PPM Loreng Macan Tutul Haranggaol juga ada dari sumbangan simpatisan yang juga pengusaha di Haranggaol. Gebrakan perawatan jalan lintas Haranggaol sebagai permulaan agar akses jalan menuju dan dari Haranggaol tetap terjaga dengan baik.

Menurut  Jefri Antony Purba Manorsa, dalam waktu dekat PPM Loreng Macan Tutul Haranggaol akan dilantik oleh Kodim/Koramil Simalungun. Kemudian sebagai Pembina PPM Loreng Macan Tutul Haranggaol adalah St Kol TNI AU (Purn) Drs Warman Martuah Manihuruk MM.

“Semoga pengendara bisa menimkati Panorama Haranggaol,” pungkas  Jefri Antony Purba Manorsa yang membangikan foto bersama dengan Esdina Saragih, Restiomanna Purba Tamsar, Hotben Naibaho, Andre Gregorian Sinaga.

Sementara Pengurus PAC PDIP Haranggaol, Lucy Liu Ana Manihuruk yang merekam video wawancara dengan Jefri Antony Manorsa mengatakan, keberadaan PPM Haranggaol saat ini sangat positif. 

“Mereka ada dengan panggilan jiwa tanpa pamrih. Mereka bukan pemuda yang kurang kerjaan atau pemuda perasaan militer. Kita patut mengapresiasi keberadaan mereka, karena tujuan utama mereka, merawat dan membangun daerah wisata Haranggaol,” ujar Lucy Liu Ana Manihuruk. 

“Banyak nada-nada sumbang bagi yang tidak  memahami. Tetapi mereka tetap semangat  bergotong royong setiap hari Jumat dengan dana pribadi. Semoga dengan ini, kita yang punya rezeki lebih dengan rendah hati mohon memperhatikan keberadaan mereka. Kalau ada saran dan masukan memotivasi PPM Haranggaol ini bisa ke Hotben Naibaho, selaku ketua dan penggagas PPM yang ada di Haranggaol ini. Merdeka. Horas, horas. Marsipature hutana be. Anggolang Hita ise nai be,” kata Lusy.(Asenk Lee Saragih)

Share this article :

Posting Komentar