. Pdt Dr Deddy Fazar Purba Terpilih Sebagai Ephorus GKPS Periode 2020-2025 | MediaLintasSumatera
Home » , , » Pdt Dr Deddy Fazar Purba Terpilih Sebagai Ephorus GKPS Periode 2020-2025

Pdt Dr Deddy Fazar Purba Terpilih Sebagai Ephorus GKPS Periode 2020-2025

Written By MediaLintasSumatera on Sabtu, 21 November 2020 | 12.18


(Matra, Pematangsiantar)
 Pdt Dr Deddy Fazar Purba terpilih sebagai Ephorus (Pimpinan Tertinggi) GKPS Periode 2020-2025 pada Sinode Bolon (SB) Ke 44 yang berlangsung di Balai Bolon Pematangsiantar plus virtual zoom dari distrik II hingga XI GKPS Se Indonesia, Sabtu (21/11/2020). Sebanyak 453 Orang Sinodestan dari yang terdiri dari utusan-utusan yang mewakili resort dan kategorial dan pendeta memiliki hak suara untuk pemilihan tersebut.

Pada pemilihan Ephorus Putaran I tiga perolehan suara terbanyak yakni - Pdt Dr Deddy Fazar Purba dengan perolehan 185 suara, Pdt Marthin Lukito Sinaga memperoleh 153 suara dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe 43 suara.

Selanjutnya dilanjutkan Putara II Pdt Deddy Fazar Purba meraih 260 suara terbanyak mengalahkan  perolehan suara untuk Pdt Marthin Lukito Sinaga dan Pdt Paul Ulrich Munthe. 

Diketahui Pdt Dr Deddy Fajar Purba lahir di Pematangsiantar, 8 Juni 1969, Jabatan Ketua Prodi PAK di STT Abdi Sabda Medan. Sementara untuk pemilihan Sekjen GKPS Periode 2020-2025 masih berlangsung.

Biografi Singkat Pdt. Dr. Deddy Fajar Purba Pakpak

Adalah pendeta di Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS), lahir di Pematangsiantar pada tanggal 08 Juni 1969, anak kedua dari empat bersaudara. Menikah dengan Triwani Saragih, SKM, dianugerahi seorang putri yang diberi nama Yefani Christie Purba.

Ditahbiskan menjadi Pendeta di Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) pada tahun 1995 dan ditugaskan menjadi Pendeta di GKPS Resort Raya Huluan hingga tahun 1999, pernah di utus melayani sebagai salah seorang “International Staff” pada program “Lutheran Outdoor Ministries” yang diselenggarakan oleh Evangelical Lutheran Church of America (ELCA), melayani di di Chicago, dan Ohio (USA), tahun 1997).

Jejak pelayanannya dilanjutkan dengan penugasan di Kantor Pusat GKPS antara lain sebagai Kepala Bidang Pembinaan GKPS, Kepala Departemen Persekutuan GKPS, dan Kepala Biro Administrasi GKPS. 

Pendidikan Theologi yang pernah ditekuni antara lain :

~ Program study Sarjana Teologi di STT-HKBP (1987-1992)

~ Program studi Magister Teologi dari Universitas Duta Wacana. 

~ Pendidikan doktor teologi dari Silliman University-Dumaguete City, Philippine (2010-2013), dimana beliau pernah aktif di sana sebagai salah seorang anggota “Pholosophical Association of The Visayas and Mindanao” (PHAVISMINDA).

~ Tahun 2014 hingga sekarang menerima penugasan menjadi Dosen bidang study Etika Kristen di STT Abdi Sabda Medan.

~ Ketua Majelis Pendeta GKPS masa bakti 2020-2025.

~ Alumni Program Pendidikan Reguler (PPRA) Lemhannas Republik Indonesia angkatan LV tahun 2016

~ Anggota Ikatan Alumni Lemhannas (IKAL) RI Komisariat Sumatera Utara. 

~ Pernah mengikuti Reconciliation Ministries Training Course yang diselenggarakan oleh Lutheran Church of Australia (LCA) meliputi jemaat LCA di Adelaide, Tasmania, dan beberapa gereja Luteran lainnya (Juni – Juli 2019). 

~ Turut mendukung dan menjadi nara sumber dalam berbagai kegiatan pembinaan atau seminar yang diselenggarakan oleh Komite Nasional-Lutheran World Federation (KN-LWF).  (Asenk Lee Saragih)


Share this article :

Posting Komentar