. Sosok Abidinsyah Saragih, Pendamping Wagner Damanik di Pilkada Simalungun | MediaLintasSumatera
Home » , , » Sosok Abidinsyah Saragih, Pendamping Wagner Damanik di Pilkada Simalungun

Sosok Abidinsyah Saragih, Pendamping Wagner Damanik di Pilkada Simalungun

Written By MediaLintasSumatera on Selasa, 10 November 2020 | 07.05

H Abidinsyah Saragih dan Istri Suriyani Br Purba (paling kanan). (Dok BS)

(Matra, Gunung Maligas)
-Sosok H Abidinsyah Saragih sebagai pendamping Irjen Pol (P) Drs M Wagner Damanik di Pilkada Simalungun Rabu 9 Desember 2020, tak diragukan lagi. Putra Simalungun asal Bukit Kataran merupakan anak ke-6 dari delapan bersaudara, lahir 14 April 1961 di RS Tentara, Pematang Siantar ini kini tengah fokus blusukan ditengah 636.303 pemilih Kabupaten Simalungun. 

Orangtua Abidin berlatar belakang militer. Ayahnya seorang prajurit TNI dan sudah  lama menetap di Huta Bukit Kataran, Nagori Rabuhit, Kecamatan Gunung Maligas, Kabupaten Simalungun. Abidinsyah Saragih beserta sanak keluarga sampai sekarang  juga tinggal di daerah itu. 

Abidin menikahi Suriyani Purba dari Bandar Huluan dan dikarunia 3 orang anak yakni Elisah Arini Saragih SE, Jerry Abdi Surahmat Saragih SPt dan Athifah Adzra Saragih SM.

Lulusan SMAN Serbelawan 1981, Abidin sukses memimpin keluarganya dengan baik. Berhasil menghantarkan anak-anaknya sampai ke perguruan tinggi dan ketiga anaknya telah menikah dan hidup mandiri.

Anak pertama Elisah Arini Saragih SE yang menikah dengan Ichsanudin SP, KARPIM di PTPN. Anak kedua Jerry Abdi Surahmat Saragih SPt yang berprofesi sebagai Pengusaha menikah dengan dr Fildzah Nashira yang saat ini bertugas di RS Tentara Pematang Siantar dan yang terakhir Athifah Adzra Saragih SM menikah dengan seorang pengusaha Ihsan Hidayah SE .

Abidinsyah Saragih memulai usahanya sebagai petani, kemudian beralih menjadi peternak ikan dan sapi. Kegigihan dan kerja keras beliau sampai saat ini berhasil menjadi pengusaha sukses dalam bidang pakan ternak (tetes tebu, bungkil dan konsentrat).

Abidin merupakan sosok Pengusaha dan peternak sapi yang bermasyarakat, dibuktikan dengan aktifnya beliau di berbagai organisasi kemasyarakatan di Kabupaten Simalungun.

Diantaranya; Menjadi sebagai Ketua DPD Jam’iyyatul Islamiyah (JmI) Kabupaten Simalungun (1993-2016), saat ini ketua Umum DPP adalah Prof.Dr.H. Imam Suprayogo, berpusat di Jakarta. Tahun 1998 s/d sekarang dipercaya masyarakat menjadi Ketua Kelompok Tani Tiga Desa.

Pernah dipercaya oleh Prof. Riyas Rasyid (2002-2008) sebagai Ketua Partai Persatuan Demokrasi Kebangsaan (PDK) Kabupaten Simalungun, Tahun 2007 s/d sekarang dipercaya sebagai Pengurus Ikatan Keluarga Islam Simalungun (IKEIS) Kabupaten Simalungun Departemen Dakwah. Tahun 2008 s/d sekarang, dipercaya masyarakat peternak sebagai Ketua Himpunan Kelompok Peternak Simalungun (HIKEPSI) dan Tahun 2013 s/d sekarang dipercaya sebagai Ketua Partuha Maujana Simalungun (PMS) Kecamatan Gunung Maligas.

Calon Wakil Bupati Simalungun

Berbekal jaringan (Network) yang baik dengan masyarakat (merakyat), sosok  berlatar belakang pengusaha ini diyakini dapat membangun dan meningkatkan perekonomian masyarakat Simalungun secara profesional dan modern, untuk itu Abidinsyah Saragih maju sebagai Calon Wakil Bupati mendampingi Irjen pol. (P) Drs. M.Wagner Damanik M.AP untuk membangun Simalungun.

Abidinsyah Saragih adalah sosok yang sangat perduli dengan masyarakat. Bermula adanya larangan pengembalaan ternak masyarakat di areal PTPN, maka pada tahun 2008 masyarakat mendirikan organisasi peternak yang diberi nama HIKEPSI (Himpunan Kelompok Peternak Simalungun) dan sesuai dengan hasil musyawarah terpilih Abidinsyah Saragih menjadi ketua sampai dengan saat ini.

Dengan penuh perjuangan hingga persidangan dan mediasi di Kepolisian, pada 27 Maret 2010 HIKEPSI memperjuangkan nasib peternak kecil agar dapat mengembalakan ternaknya di areal PTPN. Alhamdulillah HIKEPSI berhasil dan sampai sekarang peternak yang berada di Kabupaten Simalungun diberikan izin mengembalakan ternaknya di areal PTPN.

Sosok pribadi yang akrab dan ramah dengan masyarakat ini sudah terbukti peduli kepada masyarakat. Mengingat kejadian 10 tahun yang lalu mengenai larangan pengembalaan ternak di areal PTPN, masyarakat menjadi gelisah sebab berternak merupakan mata pencarian mayoritas sebagian masyarakat Simalungun.

Dengan berternak masyarakat dapat menghidupi keluarganya, dapat membuat rumah, dapat menyekolahkan anak, dll. Melihat hal tersebut, Abidin dengan iklas tanpa meminta  upah dan gaji mau menolong masyarakat memperjuangkan peternak yang ada di Kabupaten Simalungun agar dapat mengembalakan ternaknya di areal PTPN dan terbukti berhasil.

Sebagai seorang pengusaha beliau sudah memiliki kehidupan yang enak. Abidin sudah sukses membangun usahanya dan juga sukses mendidik keluarganya, anak-anak beliau pun sudah lulus dari perguruan tinggi dan sudah menikah memiliki kehidupan yang mandiri.

Yakin dengan keseriusan Abidinsyah, membuat Irjen pol (P) Drs M Wagner Damanik M.AP meminangnya untuk menjadi Calon Wakil Bupati Simalungun dalam Pilkada 2020.

Memiliki visi dan misi yang sama, mereka berdua sepakat untuk menjadi Parhobas demi kemajuan Simalungun sesuai dengan taglinenya: “Datang Memberi, Bukan Mengambil”.(Rel/Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Posting Komentar