. GKPS Berduka, Pdt Karyaman Tommy Purba STh MA Tutup Usia | MediaLintasSumatera
Home » , , » GKPS Berduka, Pdt Karyaman Tommy Purba STh MA Tutup Usia

GKPS Berduka, Pdt Karyaman Tommy Purba STh MA Tutup Usia

Written By MediaLintasSumatera on Senin, 21 Desember 2020 | 07.37

 

GKPS Berduka, Pdt Karyaman Tommy Purba STh MA Tutup Usia.

(Matra, Pematangsiantar)
-Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) berdukacita. Seorang pelayannya yakni Pdt Karyaman Tommy Purba,STh,MA, Pdt Resort GKPS Satya Negara Pematangsiantar, tutup usia di Rumah Sakit Umum Daerah dr Jasamen Saragih, Kota Pematangsiantar, Minggu (20/12/2020) pagi. Ucapan dukacitapun dari warganet GKPS menghiasi media sosial.

“GKPS BERDUKA! GKPS MARPUSOK NI UHUR! Domma Marujunggoluh Pdt Karyaman Tommy Purba,STh,MA - Pdt Resort GKPS Satya Negara, nassogod i Rumah Sakit Umum Daerah dr Jasamen Saragih. Margogoh ham da kak Lily Simarmata, sonai niombah naitadingkon,” tulis Pdt Grubers KD Manihuruk, Pendeta GKPS Resort Sibolga, Minggu (20/12/2020) pagi.

“GKPS Dalam Duka. Doma marujung goluh Bapa Pdt Tomy Karyaman Purba (Pendeta GKPS Resort Satia Negara - Pematang Siantar). Satonggo ma hita, Tuhan Naibata mambere apoh2 na tarsulur bai keluarga na itadingkon. Psalmen 116:15 Harga do bani panonggor ni Jahowa, hamatean ni halak na hinaholongan-Ni,” tulis Pdt Parulihan Sipayung.

“Turut berduka cita buat bapak Pdt. Tommy Purba. Mari kita doa kan inang itu sekarang sedang dalam isolasi mandiri, semoga inang itu kuat dan tabah menerima cobaan ini,” ujar Ledy Yuliana Purba.

“RIP kakanda Pdt Tomy Purba karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit, maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia,” tulis Pdt Juna Daniel Saragih.

“Sesak dada ini mendengar berita kepergian mu Tom, (begitulah aku selalu memanggilmu). Perjumpaan2 kita  selalu dengan sapaan pengantar yang  spontan   "yang agak nakal". Kini tak ada lagi, panggilanmu terhadapku yang khas itu, ya panggilanmu itu pertanda sebegitu dekatnya  pertemanan kita selama ini, bersahaja dan jauh dari sikap  merendahkan apalagi melecehkanku. Tak bisa lagi aku menuliskannya Tom, damailah  di sana dan katakanlah sekali lagi Tom.  Aku pergi ya tet....Ya Tom,  pergilah kepadaNya..Salam  duka dari belantara Jambi Tom..Salam Sprequetet :(berpikir bebas, merdeka dan mandiri),” tulis Pdt Mardison Simanjorang.

“Kau sangat indah untuk dikenang bapak ku nabujur. Pembimbingku.. Bukanhanya waktu Aku vikar. Bahkan sampai sekarang. Kenapa begitu cepat Panggi. Pdt Tomy Purba, aku selalu minta bimbinganmu disaat Aku kalut dan takut. Membantuku mencari sebuah solusi. #Mamak Iccel..... Laho lewat hanami daaa!!!!Sonari Lang dong be Pandita na manohu au be...Panggiiiiii....... Adek geta dan Edgar.... Panggi... Liat..... Aiiihhhh..nanggi juga... Aku terinspirasi dari pengorbananmu untuk Keluarga mu. Jam 11 harus sermon di teladan. Waktu itu, Kau berupaya subuh sampai di Siantar hanya untuk ngantar Edgar sekolah. Lalu Pp ke Medan Binjai kala itu. Aku termotivasi sepertimu. Salut Aku. Kau bukan hanya baik untuk Keluarga mu. Tapi pun Idola jemaat mu. Tuhan maha Baik... Menjaga mu di sorga. Kami akan lanjutkan tugas lagi,” tulis Pdt Kurnia Br Girsang, mengenang  Pdt Tomy Purba.

“Jonong terdiam. Kami berduka atas kepergianmu, boto, sahabatku Pdt.Karyaman Tomy Purba. Lima tahun bersama dibangku kuliah, tertawa, ribut, bahkan sering berdebat dalam diskusi dikelas bersama Done Sarsen, Liharson Sigiro, Rayati,Rida, Erni Yanti Pinem, Rinto dan yang lainnya. Bahagia kita tertawa bersama, pacaran juga kita sama. Dan saat vikar kita sama di distrik dua, bahkan masa kau mendekati kekasih hatimu Lily Simarmata, aku ada diantara kalian. Tapi sekarang semua kenangan. Kau kembali pada pemilik kehidupan.  Disiantar 3 kita bersama dalam pelayanan. Selamat jalan boto dan sahabatku, terakhir kau ajak aku ngebolang , merambah cari bunga, tapi karena kita sibuk akhirnya batal. Kuatlah ya edaku, mama Getha. Oleh kasih Tuhan dan cinta pak Getha kalian kuat ya. Kami mendoakan kalian ya,” tulis Erni Julianti mengenang sosok Almarhum.

“Dijomputi Sada Sada ate. Duka yang begitu mendalam atas kepergian abang dan adek, Pdt Jasper Siburian, HKI, Pdt. Agus Purba, Ketua Moderamen Purba, Pdt. Edy Antoni Tondang, GKPS, Pdt. Nelly Butar Butar HKI, Pdt. Invokavit Hutabarat, HKI Pdt. Parningotan Lubis GKPA, Pdt. Tommy Kariaman Purba GKPS dan masih banyak lagi yang tidak kita ingat lagi. Semoga para keluarga yang ditinggal mendapatkan penghiburan dari Tuhan Yesus,” ucap Pdt Kepler James Bakara.

“RIP kawan Tomy Purba. Duka sangat mendalam atas kepergianmu. Tuhan menguatkan dan menghibur Anggi kami dan anak anak,” tulis Pdt Karmen Dija Bram Sipayung.

“Kami sekeluarga merasakan duka yang mendalam telah meninggalnya hamba Tuhan Pdt. Tomy Purba  pada hari Minggu 20 Desember 2020 Pukul 8.00 WIB di Pematang Siantar kepangkuan Bapa. Beliau semasa hidupnya pernah melayani Jemaat GKPS Palangka Raya dan GKPS Pangkalan Bun Kalimantan Tengah dari tahun 2001 s/d 2006. Juga pernah menjadi Wakil Ketua II PGI Wilayah Kalimantan Tengah Periode 2001-2005. Kiranya keluarga isteri dan anak-anak diberikan ketabahan kesabaran bahkan kekuatan serta penghiburan yang sejati dari Tuhan Allah Bapa,” tulis A Rudin Purba bersama Yutta Imel Saleh Saragih dari di GKPS Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

“Turut sangat berduka cita mengenang saat bersama Pdt Tommy Purba saat tugas pelayanan di Kalteng khusus di GKPS Palangkaraya. Buat ibu Lily Simarmata dan Getha,Edgar agar tabah dan menerima keadaan ini dan mohon penghiburan dari Tuhan kita. Banyak kenangan yang indah ditinggalkan untuk kita. Selamat jalan menuju rumah Bapa di Sorga bagimu Pdt kami yang terkasih doa kami menyertaimu,” tulis Dermansyus Saragih Sumbayak.

“RIP Pdt  K Tomy Purba,S.Th. Sebagai sesama keluarga Fultimer, kami atas nama pribadi menyampaikan rasa belasungkawa kedap semua keluarga atas berpulangnya Pdt. K Tomy.Purba, Pendeta GKPS Resort Satia Negara P.Siantar. Tenanglah bersama Bapa di Sorga. Semoga semua keluarga yang ditinggalkan bisa tabah dalam menghadapi cobaan ini,” tulis akun FB Gion Naga.

“Inilah foto kenangan dalam suatu perjalanan pelayanan. Waktu itu kita singgah dan makan malam di Simanabun. Di meja makan itu Pak Pdt  Edy Anthoni Tondang dan pak Pdt. Tomy Purba duduk berhadap-hadapan. Kini mereka berdua telah pergi untuk selamanya. Sedih memang. Tapi begitulah kehidupan. Selamat jalan ke keabadian senior!,” tulis Pdt Japoltak Sipayung mengenang.

“Selamat jalan pak Pdt Tommy Purba saat terakhir mu pak melayani di GKPS Sibarou. Senang lah bersama bapak di surge. Kami lihat bapak berusaha untuk melawan penyakit mu namu badan semakin lemas,” ujar Aslih Haloho.

Kemudian Fulltimer GKPS Resort Jambi, Pendeta GKPS Resort Jambi Pdt Riando Tondang STh, PW Denni R Damanik, Pdt Franky D Malau STh dan Seluruh Majelis GKPS Se Resort Jambi dan Jemaat GKPS Se Resort Jambi menyampaikan Dukacita yang mendalam atas berpulangnya Pdt Karyaman Tommy Purba,STh,MA, Pdt Resort GKPS Satya Negara Pematangsiantar. Semoga keluarga tegar dan tabah serta diberikan penghiburan untuk keluarag yang ditinggal. (Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya