. Bupati Simalungun Terpilih, Radiapoh Sinaga, SH Minta Masyarakat Siantar - Simalungun Tingkatkan Kepatuhan Protokol Kesehatan | MediaLintasSumatera
Home » , , » Bupati Simalungun Terpilih, Radiapoh Sinaga, SH Minta Masyarakat Siantar - Simalungun Tingkatkan Kepatuhan Protokol Kesehatan

Bupati Simalungun Terpilih, Radiapoh Sinaga, SH Minta Masyarakat Siantar - Simalungun Tingkatkan Kepatuhan Protokol Kesehatan

Written By MediaLintasSumatera on Senin, 25 Januari 2021 | 06.28

Bupati Simalungun terpilih periode 2021 – 2024, Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH didampingi isteri, Ratnawati Sidabutar ketika berdialog dengan warga jemaat Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Jambi di GKPS Jambi, Minggu (24/1/2021). (Foto : Matra/AdeSM)

(Matra, Jambi) – Warga masyarakat Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) diminta meningkatkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan (prokes). Kepatuhan pelaksnaan protokol kesehatan tersebut penting mencegah meningkatnya kasus Coronavirus Deseasea 2019 (Covid-19) di kedua daerah yang bertetangga tersebut.

Permintaan tersebut disampaikan Bupati Simalungun terpilih, Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH dalam dialog dengan jemaat Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Jambi di Kota Jambi, Minggu (24/1/2021). Pada kesempatan tersebut yang memenangi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 9 Desember 2020 di Simalungun didamping isteri, Ratnawati Sidabutar.

Menurut Radiapoh Sinaga, kesadaran warga Simalungun dan Kota Pematangsiantar terhadap protokol kesehatan hingga saat ini masih tergolong rendah. Kondisi demikian membuat risiko penularan Covid-19 di kedua daerah tersebut masih cukup tinggi.

“Berdasarkan uji swab (cairan tenggorokan) yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Pematangsiantar baru-baru ini, kasus Covid-19 di kota tersebut cukup tinggi. Dari 100 orang warga Kota Pematangsiantar yang menjalani uji swab, sekitar 70 orang positif Covid-19.  Saya yakin sekitar 50 % warga Kota Pematangsiantar bisa masuk orang tanpa gejala (OTG) jika uji swab dilakukan secara massal,”katanya.

Radiapoh Sinaga yang berpasangan dengan calon Wakil Bupati Simalungun, Zonny Waldi pada Pilkada Serentak 2020 mengatakan, untuk menekan kasus penularan Covid-19 sangat dibutuhkan kesadaran diri agar terhindar dari penularan Covid-19. Salah satu upaya yang bisa dilakukan menjaga diri dari penularan Covid-19, yakni menjaga imunitas (kekebalan) tubuh, menjalani hidup dengan hati gembira dan  tetap beriman teguh agar tidak stres.

“Untuk mencegah penularan Covid-19 memang sangat dibutuhkan 3M, yakni memakai masker, menuci tangan dengan sabun di air mengalir dan menjaga jarak. Namun kita juga perlu menjaga imunitas tubuh, menghindari stres, tetap percaya pada kekuatan Tuhan dan tetapbersuka cita. Biasanya karakter orang yang terkena Covid-19, yaitu stres. Jadi untuk mencegah Covid-19 harus dimulai dari diri sendiri,”katanya.

Sementara itu pantauan Matra dari website Kementerian Kesehatan RI, kasus positif Covid-19 di Kota Pematangsiantar Simalungun hingga Minggu (24/1/2021) sudah mencapai 745 kasus. Kasus pasien Covid-19 yang meninggal di kota tersebut sebanyak 18 orang, sembuh 656 orang dan pasien Covid-19 yang masih dirawat  sebanyak 71 orang. Sedangkan kasus Covid-19 di Kabupaten Simalungun hingga Minggu (24/1/2021) tersisa sekitar 40 orang. Pasien Covid-19 yang meninggal di daerah itu 53 orang dan pasien yang sudah sembuh sebanyak 539 orang. (Matra/Ade SM)




Share this article :

Posting Komentar

Mengucapkan

Mengucapkan
Dari: Hj Dra Elviana MSi

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Mengucapkan

Mengucapkan
Hj Dra Elviana MSi dan Keluarga

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya