. Dana APBD 2021 Pemprov Sumut untuk Jalan Provinsi di Simalungun Hanya Rp 30 Miliar | MediaLintasSumatera
Home » , , , , , » Dana APBD 2021 Pemprov Sumut untuk Jalan Provinsi di Simalungun Hanya Rp 30 Miliar

Dana APBD 2021 Pemprov Sumut untuk Jalan Provinsi di Simalungun Hanya Rp 30 Miliar

Written By MediaLintasSumatera on Senin, 25 Januari 2021 | 21.02

Jeritan Rakyat Simalungun Terhadap Kerusakan Jalan Provinsi Semakin Panjang

Jeritan Rakyat Simalungun Terhadap Kerusakan Jalan Provinsi Semakin Panjang

(Matra, Pematangraya)-Jeritan masyarakat Kabupaten Simalungun terhadap kondisi jalan provinsi di wilayah Simalungun bakal lebih panjang lagi. Pasalnya alokasi Anggaran APBD 2021 Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk perbaikan kerusakan jalan provinsi sepanjang 210 kilo meter (Km) di wilayah Kabupaten Simalungun hanya Rp 30 Miliar. 

Sebelumnya setiap tahun alokasi anggaran untuk jalan provinsi di Simalungun mencapai Rp 80 Miliar. Namun akibat dampak pandemic Covid-19, alokasi anggaran dialihkan Rp 50 Miliar.

Staf UPTJJ Siantar Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumut, S Nainggolan saat mendampingi Anggota DPRD Sumut Dapil X (Siantar-Simalungun) Saut Bangkit Purba meninjau jalan longsor  dan rusak di Kabupaten Simalungun, Sabtu (23/1/2021) lalu mengatakan, kendala utama penanganan jalan provinsi di wilayah Kabupaten Simalungun sepanjang 210 Km adalah minimnya ketersediaan dana.

“Seperti jalan longsor yang ditinjau di Sondi Raya sudah diusulkan penanganannya sejak tahun 2019 lalu. Bahkan setiap tahun terus menerus diusulkan. Namun karena minimnya dana, apalagi dengan adanya pandemi covid-19 mengakibatkan dana banyak digunakan untuk penanganann covid-19,” ujar S Nainggolan.

Menurut S Nainggolan, biasanya alokasi anggaran perbaikan jalan provinsi di Kabupaten Simalungun setiap tahun berkisar Rp 80 M. Namun pada APBD 2021 Provinsi Sumut biaya penanganan jalan provinsi di Kabupaten Simalungun hanya berkisar Rp 30 M.


“Dengan anggaran tahun 2021 yang hanya berkisar Rp 30 M, sehingga sangat minim ruas jalan provinsi di Simalungun yang bisa tertangani,” kata S Nainggolan.

Sementara itu Bangkit Purba meninjau titik lokasi jalan longsor dan rusak yang berstatus jalan provinsi di  Sondi Raya – Raya Kahean yang masih masuk wilayah Nagori Sondi Raya. Pada lokasi ini dua titik jalan longsor yang kondisinya sudah sangat memprihatinkan.

Kemudian Saut Bangkit Purba meninjau jalan rusak ruas jalan Medan Pematangsiantar Km 168 berlokasi di Nagori Raya Usang Kecamatan Raya. Kondisi jalan ini juga sudah sangat memprihatinkan.

Saut Bangkit Purba juga berharap walaupun anggarannya minim, diharapkan ruas jalan di Kabupaten Simalungun yang benar-benar membutuhkan penanganan yang segera karena kondisinya sudah sangat memprihatinkan kiranya bisa segera ditangani.

Dia juga meminta Dinas PUPR Provinsi Sumut  memberikan perhatian dan fokus terhadap kondisi jalan provinsi di wilayah Simalungun secara keseluruhan. Gubernur Sumatera Utara juga diharapnkan untuk memberikan perhatian khusus terhadap ruas jalan provinsi yang berada di Kabupaten Simalungun yang kondisinya kupak kapik. (Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Posting Komentar

Mengucapkan

Mengucapkan
Dari: Hj Dra Elviana MSi

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Mengucapkan

Mengucapkan
Hj Dra Elviana MSi dan Keluarga

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya