. Menunggu Gebrakan Radiapoh Sinaga Memperbaiki Kerusakan Jalan di Simalungun | MediaLintasSumatera
Home » » Menunggu Gebrakan Radiapoh Sinaga Memperbaiki Kerusakan Jalan di Simalungun

Menunggu Gebrakan Radiapoh Sinaga Memperbaiki Kerusakan Jalan di Simalungun

Written By MediaLintasSumatera on Senin, 25 Januari 2021 | 07.46

Bupati Simalungun terpilih periode 2021 - 2024 hasil Pilkada Serentak 2020, St Radiapoh Sinaga, SH siap menjawab harapan warga masyarakat Simalungun untuk menuntaskan perbaikan kerusakan jalan. St Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH ketika mengikuti ibadah minggu di Jemaat Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Jambi di Kota Jambi, Minggu (24/1/2021). (Foto : Matra/AdeSM)
 
(Matra, Jambi) – Menjerit. Itulah satu kata yang cukup tepat dialamatkan melihat kerusakan jalan di Kabupaten Simalungun. Warga masyarakat daerah berpenduduk sekitar satu juta jiwa tersebut benar- benar menjerit menghadapi kerusakan jalan yang cukup parah di daerah mereka yang hingga kini tak kunjung diperbaiki. Jeritan tentang kerusakan jalan di Simalungun yang memiliki luas sekitar 4.369 kilometer (Km) persegi tidak hanya datang dari warga yang tinggal di Simalungun, tetapi juga datang dari warga Simalungun yang tinggal di perantauan.

St Meslan Saragih (56), warga Kota Jambi asal Desa Saranggiting, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatra Utara, (Sumut) di Jambi, Minggu (24/1/2021) mengungkapkan keprihatinannya terhadap kerusakan jalan di Simalungun.

Ketika berkunjung ke Kabupaten Simalungun  libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 lalu, Meslan Saragih menyaksikan dengan mata kepala sendiri betapa parahnya kerusakan jalan di beberapa wilayah di Simalungun. Salah satu di antaranya kerusakan jalan di daerah Perdagangan – Kota Pematangsiantar dan Pematangraya – Seribudolok.

“Jalan rusak di beberapa lokasi sepanjang Kota Pematangraya  -Seribudolok sangat sulit dilalui di saat hujan karena berlumpur. Bahkan sebagian ruas jalan seperti di Desa Rayausang longsor dan tidak bisa dilalui kendaraan,”katanya.

Sementara itu warga Simalungun yang tinggal di Simalungun juga sangat memprihatinkan kerusakan jalan di Simalungun yang tak kunjung mendapat perbaikan. Salah satu keprihatiann tersebut datang dari Rusman (45), warga Marjandi, Simalungun. Menurut Rusman, salah satu kerusakan jalan yang cukup parah di daerahnya, yaitu ruas jalan Kota Pematangsiantar - Tanah Jawa, persisnya di jembatan Sungai Tongguran.

“Kerusakan jalan tersebut kini semakin parah karena kondisi hujan sejakl Desember 2020 – Januari 2021 dan pemerintah daerah tidak memperbaikinya. Pemkab Simalungun harus segera memperbaiki kerusakan jalan tersbeut agar akses Tanah Jawa – Kota Siantar tidak sampai terputus,”katanya.

Tekad Radiapoh

Jeritan warga masyarakat Simalungun mendapat respon dari Bupati Simalungun terpilih periode 2021 -2024, St Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH. St Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH yang memenangi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 9 Desember 2020 bersama wakilnya, Zonny Waldi bertekad memperbaiki kerusakan jalan di Simalungun di masa kepemimpinnya sebagai Bupati Simalungun. 

Dalam percakapan khusus dengan MediaLintasSumatera.com (Matra) di sela-sela pertemuan dengan warga jemaat Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Jambi di Kota Jambi, Minggu (24/1/2021), Radiapoh mengatakan, kerusakan jalan yang cukup parah menjadi salah satu tantangan berat pembangunan di Kabupaten Simalungun, Provinsi Jambi.

Sulitnya mengatasi kerusakan jalan di daerah itu, kata Radiapoh, disebabkan kondisi kerusakan jalan yang semakin berat. Kemudian kerusakan jalan terjadi di sebagian besar wilayah Simalungun. Perbaikan kerusakan jalan tersebut tidak bisa dilakukan secara menyeluruh dan maksimal melalui peningkatan kualitas jalan karena anggaran pembangunan infratruktur yang terbatas.

“Kerusakan jalan memang menjadi salah satu tantangan berat di Kabupaten Simalungun ke depan. Masalahnya kondisi kerusakan jalan di sebagian besar wilayah Simalungun sudah cukup berat. Kerusakan jalan di Simalungun tidak bisa lagi dilakukan secara tambal sulam, tetapi harus secara menyeluruh dengan konsep peningkatan kualitas jalan,”katanya.

Bupati Simalungun terpilih 2021 - 2024, Sumatera Utara, Radiapoh Sinaga (kiri) bersama isteri, Ratnawati Sidabutar yang memenangi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 9 Desember 2020 ketika berkunjung ke jemaat Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Kota Jambi, Minggu (24/1/2021). (Foto : Matra/AdeSM)

Radiapoh yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) KabupatenSimalungun sebegai pemenang Pemilihan Kepala Dearah (Pilkada) Serentak 2020 di Kabupaten Simalungun,  Rabu (20/1/2021) mengatakan, kerusakan jalan di Kabupaten Simalungun saat ini mencapai 1.100 kilometer (Km). Kerusakan jalan tersebut tersebar di 32 kecamatan. Perbaikan kerusakan jalan tersebut perlu dipercepat mencegah lumpuhnya transportasi ke sentra-sentra produksi di Simalungun.

“Kalau perbaikan keruisakan tersebut hanya dilakukan secara bertahap dengan anggaran yang minim, waktu yang dibutuhkan cukup lama, mencapai tujuh tahun. Sedangkan dana yang dibutuhkan memperbaiki kerusakan jalan di Simalungun saat ini minimal Rp 2,2 miliar. Jika pola perbaikan jalan seperti itu ilakukan,  risikonya jalan yang baru diperbaiki di suatu titik sudah rusak kembali ketika perbaikan kerusakan jalan di titik lain dilakukan tahun berikutnya. Jadi perbaikan kerusakan jalan di Simalungun harus dilakukan secara serentak, menyeluruh dan permanen,”katanya.

Menurut Radiapoh Sinaga, setelah dilantik menjadi Bupati Simalungun, 21 April 2021, Dia mengaku tidak bisa langsung melaksanakan perbaikan kerusakan jalan di Simalungun saat ini. Persoalannya Snggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021 Kabupaten Simalungun sudah diketuk palu (disetujui) DPRD Simalungun.

“Namun buka berarti perbaikan kerusakan jalan tidak dilakukan tahun ini. Saya akan memanfaatkan anggaran dana yang tersedia untuk memperbaiki kerusakan jalan di Simalungun. Saya akan mencari peluang-peluang lain untuk mempercepat perbaikan kerusakan jalan di Simalungun,”katanya.

Dijelaskan, selama ini Pemkab Simalungun kurang mampu meningkatkan anggaran pembangunan dan perbaikan jalan akibat komunikasi yang kurang intensif dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

“Nah, peluang ini nanti yang akan saya lakukan. Komunikasi dengan Pemprov Sumut dan Kementerian PUPR akan kami tingkatkan untuk mengatasi kesulitan dana perbaikan kerusakan jalan di Simalungun. Komunikasi itu penting karena sebagian besar jalan rusak di Simalungun berstatus jalan provinsi dan jalan nasional,”ujarnya. (Matra/Ade SM)

 Kerusakan jalan yang cukup berat di ruas jalan Pematangraya, Kabupaten Simalungun – Kabanjahe, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, di Dusun Gotting, Desa Raya Usang, Kecamatan Dolok Masagal, Simalungun. Ruas jalan tersebut ambles akibat tingginya curah hujan, Kamis (7/1/2021) dan sudah diperbaiki secara darurat berkat bantuan Bupati Simalungun terpilih, Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH. (Foto:Ist/Net)

 


Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya