. Pemprov Jambi Kucurkan Dana Rp 12,98 Miliar untuk Pembangunan Infrastruktur di Kota Jambi | MediaLintasSumatera
Home » » Pemprov Jambi Kucurkan Dana Rp 12,98 Miliar untuk Pembangunan Infrastruktur di Kota Jambi

Pemprov Jambi Kucurkan Dana Rp 12,98 Miliar untuk Pembangunan Infrastruktur di Kota Jambi

Written By MediaLintasSumatera on Minggu, 31 Januari 2021 | 06.46

Gubernur Jambi, Fachrori Umar (tiga dari kanan) disaksikan Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Jambi, Sudirman (dua dari kanan) dan Wali Kota Jambi, Syarif Fasha (dua dari kiri) menandatangani hibah tanah dari Pemerintah Provinsi Jambi kepada Pemerintah Kota Jambi di ruang pola kantor Wali Kota Jambi, Jumat (29/1/2021). (Matra/AdeSM)

(Matra, Jambi) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi mengucurkan dana pembangunan infrastruktur atau sarana dan prasarana umum ke Kota Jambi tahun 2021 ini sekitar Rp 12,98 miliar. Anggaran pembangunan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jambi 2021 itu diharapkan dapat mengatasi kerusakan infrastruktur di Kota Jambi.

Hal tersebut dikatakan Gubernur Jambi, Fachrori Umar pada pertemuan dengan Wali Kota Jambi, Syarid Fasha dan jajaran aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi di ruang pola kantor Wali Kota Jambi, Jumat (29/1/2021). Pertemuan tersebut merupakan pertemuan terakhir Fachrori Umar dengan jajaran Pemkot Jambi menjelang berakhirnya masa  jabatannya sebagai Gubernur Jambi pertengahan Februari 2021.

Menurut Fachrori Umar, anggaran pembangunan infrastruktur Provinsi Jambi di Kota Jambi yang akan dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi dialokasikan untuk perbaikan jalan, sarana pengairan dan permukiman. Anggaran yang dialokasikan untuk kegiatan Bina Marga atau pembangunan jalan mencapai Rp 6,99 miliar.

“Anggaran tersebut dialokasikan untuk rehabilitasi jalan di Kota Jambi sebesar Rp 3,49 miliar, yakni untuk rehabilitasi Jalan Mayjen Sutoyo, Kecamatan  Telanaipura sekitar Rp 500 juta dan jalan Haji Agus Salim - Jalan Zainir Havis sekitar Rp 3 miliar,”katanya.

Dikatakan, alokasi anggaran pembangunan bidang Sumber Daya Air yang dialokasikan di Kota Jambi mencapai Rp 1 miliar. Pembangunan sumber daya air tersebut terdiri dari, pembangunan perkuatan tebing Pondok Pesantren As'ad Kota Jambi, pemeliharaan prasarana pengendalian banjir Palmerah dan sekitarnya sertanormalisasi Sungai Bagan Pete, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi.

“Sedangkan anggaran untuk pembangunan bidang ciptakarya (permukiman) diKotaJambi sekitar Rp 861 juta. Anggaran tersebut dialokasikan untuk penyelenggaraan infrastruktur permukiman di kawasan strategis saerah Provinsi Jambi. Kemudian anggaran pembangunan perumahan berupa srusan penyelenggaraan prasarana umum (PSU) permukiman sekitar Rp 4 miliar,”ujarnya.

Hibah

Selain itu, lanjut Fachrori Umar, Pemprov Jambi juga menghibahkan Barang Milik Daerah (BMD) berupa tanah dengan luas sekitar 24.700 M2 (dua puluh empat ribu tujuh ratus meter persegi) dengan nilai sekitar Rp 7 miliar di Jalan Zainir Haviz, Kelurahan Paal Lima, Kecamatan Kota Baru Jambi dan Jalan Jenderal Basuki Rachmat Kota Baru Jambi kepada Pemerintah Kota Jambi.

”Tanah hibah Pemprov Jambi tersebut digunakan untuk Kantor DPRD Kota Jambi, Kantor Dinas Pendidikan Kota Jambi, Kantor Bappeda Kota Jambi dan Kantor BPPR Kota Jambi. Hibah tersebut tertuang dalam Naskah Hibah antara Pemerintah Provinsi Jambi dengan Pemerintah Kota Jambi tanggal 27 Januari 2021,”katanya.

Fachrori Umar pada kesempatan tersebut mengatakan, dirinya sudah mengunjungi sembilan kabupaten dan dua kota sejak 18 Januari 2021. Kunjungan tersebut untuk pamitan kepada seluruh jajaran pemerintah, tokoh masyarakatdan masyarakat.

Gubernur Jambi, Fachrori Umar (dua dari kanan) disaksikan Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Jambi, Sudirman (dua darikanan) dan Wali Kota Jambi, Syarif Fasha (dua dari kiri) memberikan bantuan pendidikan kepada Pondk Pesantren di Kota Jambi di ruang pola kantor Wali Kota Jambi, Jumat (29/1/2021). (Matra/AdeSM)

Pada kunjungan tersebut Fachrori Umar menyampaikan bantuan pendidikan untuk pondok-pondokpesantren di seluruh kabupaten dan kota. Bantuan tersebut berasal dari Badan Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jambi dan bantuan tanggiung jawab sosial (Corporate Social Responsibility/CSR) Bank Jambi. Bantuan pendidikan tersebutdiharapkan dapat meningkatkan kualitas manusia di Jambi.

Menurut Fachrori Umar, jabatannya sebagai Gubernur Jambi/Wakil Gubrnur Jambi periode 2016 – 2021 berakhir 12 Februari 2021. Untuk itu Dia mengucapkan terima kasih kepada segenap elemen masyarakat Jambi, jajaran ASN, pejabat dan pengusaha Jambi yang telah mendukung pembangunan Jambi sejak 2016 – 2021 ini.

“Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak selama saya menjalankan tugas sebagai Wakil Gubernur Jambi (2016 – 2018) dan Gubernur Jambi (2019 – 2021). Secara pribadi, keluarga, dan sebagai Gubernur Jambi, saya mohon maaf apabila dalam menjalankan amanah terdapat kekeliruan dan kesalahan, sekaligus saya mohon pamit. Saya berharap apa yang telah kita upayakan dan lakukan, membawa kemaslahatan bagi Provinsi Jambi,”pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Jambi, Syarif Fasha pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian besar Gubernur Jambi, Fachrori Umar selama ini kepada Pemkot Jambi. Berbagai bantuan Pemprov Jambi selama ini pembangunan infrastruktur diKota Jambi semakin meningkat.

 ”Atas nama Pemkota Jambi dan atas nama masyarakat maupun pribadi, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Jambi atas perhatian beliau selama ini terhadap Pemkot Jambi. Sudah banyak pembangunan di Kota Jambi yang dibangun Pemprov Jambi, baik dalam dana pembangunan, hibah tanah, dana pendidikan melalaui Baznas dan Bank Jambi. Kami akan memelihara atau merawat apa yang telah dibangun dan diberikan tersebut,”katanya. (Matra/AdeSM)


Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya