. Bupati Batanghari dan Tanjabar Dilantik di Auditorium Rumdis Gubernur Jambi | MediaLintasSumatera
Home » , , » Bupati Batanghari dan Tanjabar Dilantik di Auditorium Rumdis Gubernur Jambi

Bupati Batanghari dan Tanjabar Dilantik di Auditorium Rumdis Gubernur Jambi

Written By MediaLintasSumatera on Jumat, 26 Februari 2021 | 07.59

Bupati Batanghari dan Tanjabar Dilantik di Auditorium Rumdis Gubernur Jambi.

(Matra, Jambi)
-Dua dari enam kepala daerah terpilih hasil Pilkada serentak Rabu 9 Desember 2020 di Provinsi Jambi yakni Bupati Batanghari dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabar) dilantik oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jambi Hari Nurcahya Murni, atas nama Presiden RI, Joko Widodo pada Jumat (26/2/2021). Pelantikan Bupati Periode 2021-2024 ini dilaksanakan di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Kasang Kota Jambi. Prosesi pelantikan juga disiarkan virtual di akun Channel YouTube Diskominfo Provinsi Jambi Pukul 09.00 WIB.

Para undangan yang menghadiri pelantikan ini dari Forkopimda, KPU dan Bawaslu Kabupaten Batanghari dan Tanjabbar. Kemudian pada Pukul 14.00 WIB (Pj) Gubernur Jambi Hari Nurcahya Murni akan menghadiri Pelantikan TP-PKK dan Ketua Dekranasda Batanghari dan Tanjabbar di Auditorium Rumdis Gubernur Jambi.

Bupati Batanghari

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batanghari telah menetapkan pasangan calon (Paslon) M.Fadhil Arief dan Bakhtiar sebagai Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Batanghari terpilih pada Pilkada Serentak Rabu 9 Desember 2020. Penetapan dilakukan dalam rapat pleno terbuka di Gedung Pemuda Muarabulian, Batanghari, Jumat (22/1/2021).

Rapat pleno terbuka  dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Batanghari A Kadir dan dihadiri oleh seluruh Komisioner KPU Batanghari, Ketua Bawaslu Batanghari Indra Tritusian dan seluruh Komisioner Bawaslu, serta seluruh Partai Pengusung pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Batanghari.

Ketua KPU Kabupaten Batanghari A Kadir  mengatakan penetapan kepala daerah terpilih ini merupakan tahapan Pilkada sesuai PKPU Nomor 5 tahun 2020. Tahapan ini dilakukan maksimal 5 hari setelah teregisterasi di Mahkamah Konstitusi (MK).

Dalam pembacaan surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batanghari Nomor 03/PL.02.7-kpt/1504/KPU-kab/I/2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Batanghari menetapkan Pasangan Calon Nomor urut 03  Muhammad Fadhil Arief dan Bakhtiar dengan perolehan suara sebanyak 60.842 suara atau 37,82 persen. 

Pada Pilkada Kabupaten Batanghari suara unggul yakni Paslon Muhammad Fadil Arif-Bachtiar dengan 36 persen suara, Paslon M Firdaus-Camelia raih 33,5 persen suara, Paslon Yunninta Asmara-H Muhammad meraih 30,6 persen suara. 

Bupati Batanghari, M Fadiel Arief masih berusia 45 tahun. M Fadiel Arif yang berpasangan dengan calon Wakil Bupati Batanghari, Bakhtiar (59) juga unggul di Pilkada Batanghari dengan perolehan suara terbanyak, 60.941 suara atau 37,8 % dari total suara sah 161.096 suara.

Bupati Tanjabar

Sedangkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanjung Jabung Barat juga telah melaksanakan rapat pleno terbuka penetapan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Pilkada Serentak 2020, di Balai Pertemuan Kantor Bupati, Kamis (21/1/2021). 

Rapat pleno dihadiri Ketua KPU Tanjab Barat, Hairuddin bersama dengan Komisioner KPU Kabupaten Tanjab Barat. Selain itu, rapat pleno juga dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati terpilih, H. Anwar Sadat-Khairan.

Rapat pleno ini turut dihadiri oleh Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro, Dandim 0419/Tanjab Letkol Inf Erwan Susanto, Partai Koalisi, Pengurus Partai, PPK Kecamatan, sejumlah anggota dari pihak Kepolisian, TNI, Satpol PP dan Dishub Kabupaten Tanjab Barat. 

Ketua KPU Kabupaten Tanjab Barat, Hairudin menyebutkan hasil rekapitulasi dari rapat pleno yang dilakukan oleh KPU Tanjabbar, menetapkan Paslon nomor 2, Drs H Anwar Sadat dan Hairan memperoleh suara tertinggi.

Hasil perolehan suara untuk calon Bupati dan Wakil Bupati Tanjabbar, Paslon 1 Mulyani-Amin memperoleh suara sebanyak 51.837. Untuk paslon 2 UAS- Hairan memperoleh suara sebanyak 67.434, sementara paslon 3 Muklis- Supardi memperoleh suara sebanyak 31.501.

Sementara pemenang Pilkada Gubernur Jambi Al Haris- Kh Abdullah Sani, Wali Kota Sungai Penuh Ahmadi Zubir-Alvia Santoni, Bupati Bungo H Mashuri- Safrudin DA, Kabupaten Pilkada Kabupaten Tanjung Timur dari jalur perseorangan (Independen) yakni H Romi Haryanto-H Robby N yang menang telak dengan raihan 75,6 persen suara akan dilantik pada jadwal berikutnya. (Matra/Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya