. Percepatan Vaksinasi Covid-19, 3.527 Orang Tenaga Kesehatan di Kota Jambi Sudah Divaksinasi | MediaLintasSumatera
Home » » Percepatan Vaksinasi Covid-19, 3.527 Orang Tenaga Kesehatan di Kota Jambi Sudah Divaksinasi

Percepatan Vaksinasi Covid-19, 3.527 Orang Tenaga Kesehatan di Kota Jambi Sudah Divaksinasi

Written By MediaLintasSumatera on Kamis, 04 Februari 2021 | 15.10

Bupati Merangin, Jambi, Al Haris (kiri) ketika divaksinasi di Rumah Sakit Umum Daerah  Abunjani Bangko, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. (Matra/HumasPemkabMerangin)
 
(Matra, Jambi) – Sekitar 3.527 orang tenaga kesehatan di Kota Jambi, Provinsi Jambi sudah divaksinasi Covid-19. Jumlah tenaga kesehatan yang sudah mendapatkan vaksinasi tersebut mencapai 48,59 % dari total 7.258 orang tenaga kesehatan yang terdaftar sebagai penerima vaksinasi tahap pertama di Kota Jambi. Sedangkan tenaga kesehatan yang sudah mendapatkan suntikan vaksin kedua di kota tersebut mencapai 606 orang atau sekitar 17 % dari 3.527 orang tenaga kesehatan penerima suntikan pertama vaksin di kota tersebut.

Hal tersebut dikatakan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) PenangananCovid-19 Kota Jambi, Erwandi di Jambi, Kamis (4/2/2021). Menurut Erwandi, Dinas Kesehatan Kota Jambi berupaya terus mempercepat vaksinasi tenaga kesehatan di kota itu agar bisa tuntas hingga akhir Februari.

“Dinas Kesehatan Kota Jambi masih terus melanjutkan vaksinasi tenaga kesehatan untuk mengejar target penyelesaian vaksinasi tahap pertama. Vaksinasi di Kota Jambi dilaksanakan di 17 rumah sakit dan 20 puskesmas. Sedangkan tenaga vaksinator di Kota Jambi sekitar 275 orang,”katanya.

Percepatan Vaksinasi

Sementara itu beberapa kabupaten di Kota Jambi yang baru mendapatkan jatah vaksin Sinovac pekan pertama Februari ini berupaya melakukan percepatan vaksinasi tahap pertama untuk para tenaga kesehatan. Setelah melakukan pencanangan vaksinasi, Rabu (3/2/2021), beberapa kabupaten melanjutkan vaksinasi terhadap para tenaga kesehatan.

Vaksinasi di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi dilanjutkan, Kamis (4/2/2021). Pada vaksinasi hari kedua di daerah itu, Bupati Al Haris menjadi salah satu pejabat pelayanan publik yang mendapatkan suntikan pertama vaksin. Al Haris tidak divaksin pada pencanganan vaksinasi di Merangin, Rabu (3/2/2021) karena berada di luar daerah.

Al Haris beberapa saat setelah disuntik vaksin Sinovac mengatakan tidak merasakan gejala atau efek samping.  Dia merasa santai saja setelah mendapatkan suntikan vaksin.

“’Kuncinya sebelum divaksin, kita harus biasa-biasa saja dan enjoy saja. Mudah-mudahan tekanan daerah kita akan rendah. Kendati sudah divaksinasi, paratenaga kesehatan tetaplah memakai masker, jaga jarak dan sering mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir,’’katanya.

Al Haris meyakinkan seluruh tenaga kesehatan dan warga masyarakat bahwa vaksinasi Covid-19 dengan vaksin Sinovac produksi PT Biofarma Bandung, Jawa Barat aman asalkan orang yang divaksian tidak mengalami penyakit kronis dan bawaan serta tidak mengelami tekanan darah tinggi.

Al Haris juga meminta agar vaksinasi tahap pertama terhadap tenaga kesehatan di daerahnya bisa dipercepat. Hal itu penting  agar vaksinasi missal nanti bisa lebih cepat dilakukan di Merangin.

Pejabat pelayanan publik yang turut divaksinasi di Merangin, Kamis (4/2/2021), yakni Kapolres Merangin, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Irwan Andy Purnamawan. Sedangkan Kepala Kejasaan Negeri (Kejari) Merangin, Martha Parulina Berliana, Kasdim 0420/Sarko Mayor (Inf) TNI Edi Arman, Staf Ahli Bupati Merangin, Dedy Darmantias dan Ketua Pengadilan Negari Merangin, Salman gagal divaksin akibat tekanan darah tinggi.

Sementara itu Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjungjabung Timur (Tanjabtim) juga mempercepat vaksinasi terhadap tenaga kesehatan. Setelah pencanangan vaksinasi dikabupaten itu, Jumat (29/1/2021), vaksinasi di daerah itu dilanjutkan di 18 fasilitas kesehatan (satu rumah sakit dan 17 puskesmas).

Kepala Dinas Kesehatan Tanjabtim, Ernawati mengatakan, pihaknya menargetkan vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan di daerah itu rampung akhir Februri nanti. Jumlah tenaga kesehatan yang terdaftar sebagai penerima vaksinasi di daerah tersebut mencapai 1.600 orang. Sedangkan tenaga vaksinator di daerah pantai timur Jambi itu sebanyak 95 orang. (Matra/AdeSM)



Share this article :

Posting Komentar

Mengucapkan

Mengucapkan
Dari: Hj Dra Elviana MSi

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Mengucapkan

Mengucapkan
Hj Dra Elviana MSi dan Keluarga

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya