. ABSTRAK | MediaLintasSumatera

ABSTRAK

Written By MediaLintasSumatera on Senin, 02 Desember 2019 | 17.56

Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI) mewisuda 1.212 mahasiswa lulusan ke 8 pada 15 Oktober 2017 lalu. Wisuda tersebut berjalan sukses. Dra Hj Elviana Msi yang merupakan Ketua YAAK UNDHARI berharap lulusan UNDHARI bisa Berbakti membangun Negeri.

Kata Kunci: Sistem Informasi, Layanan Bimbingan Akademik, Customer Relationship Management, Perguruan Tinggi 


Oleh: Dr Wahyu Prima M Kom

Jambipos-Berdasarkan hasil studi awal yang dilakukan tentang penerapan sistem informasi layanan bimbingan akademik di Perguruan Tinggi ditemui permasalahan bahwa belum terlaksanakan layanan bimbingan akademik secara optimal, sehingga kebutuhan mahasiswa sebagai pelanggan utama belum terpenuhi secara maksimal. 

Untuk itu perlu dikembangkan sebuah model sistem informasi layanan bimbingan akademik yang dapat memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa sebagai pelanggan utama. 

Salah satunya adalah model sistem informasi layanan bimbingan akademik berbasis Customer Relationship Management (CRM). Tujuan penelitian adalah mengembangkan model sistem informasi layanan bimbingan akademik berbasis CRM di perguruan tinggi yang valid, praktis, dan efektif serta dapat meningkatkan kualitas pelayanan, kepuasan mahasiswa, kepercayaan mahasiswa, komitmen mahasiswa, dan loyalitas mahasiswa. 

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan, yaitu: Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. 

Untuk menjamin keabsahan produk, instrumen divalidasi oleh pakar. Analisis data menggunakan uji Aiken’s V untuk validasi poduk, analisis prekuensi untuk uji praktikalitas model dan buku panduan, sedangkan uji efektifitas model menggunakan uji Wilcoxon. 

Subjek uji coba penelitian ini adalah mahasiswa aktif dan dosen yang ada di lingkungan Univesitas Dharmas Indonesia.

Hasil dari penelitan pengembangan model sistem informasi layanan bimbingan akademik berbasis CRM menghasilkan empat sintak model, yaitu: analisis portofolio, membangun ikatan, menentukan strategi layanan, dan Evaluasi. 

Model sistem informasi layanan bimbingan akademik berbasis CRM berada pada kriteria valid, sangat praktis dan efektif untuk meningkatkan kualitas pelayanan, kepuasan mahasiswa, kepercayaan mahasiswa, komitmen mahasiswa, dan loyalitas mahasiswa. (Penulis Adalah Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dharmas Indonesia. Juga Pengembangan Model Sistem Informasi Layanan Bimbingan Akademik Berbasis Customer Relationship Management (CRM) di Perguruan Tinggi. Disertasi Pascasarjana Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang).
Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya