. Memulai Safari Politik Sondi Silalahi Menuju Kursi Wakil Wali Kota Pematangsiantar | MediaLintasSumatera
Home » , , » Memulai Safari Politik Sondi Silalahi Menuju Kursi Wakil Wali Kota Pematangsiantar

Memulai Safari Politik Sondi Silalahi Menuju Kursi Wakil Wali Kota Pematangsiantar

Written By MediaLintasSumatera on Jumat, 19 Maret 2021 | 19.53

Langkah Pertama Daftar di DPC PDIP Pematangsiantar

(Matra, Pematangsiantar)-Paska meninggalnya Ir Asenr Silalahi MT pada Rabu 13 Januari 2021 lalu, kini Sondi Silalahi ST memulai safari politik guna menuju kursi wakil walikota Pematangsiantar. Sebagai langkah awal, Sondi Silalahi ST, putra sulung Almarhum Ir Asner Silalahi MT mendatangi Kantor DPC PDIP Kota Pematangsiantar di Jalan Ricardo Siahaan, Kecamatan Siantar Selatan, Jumat pagi (19/3/2021) guna mendaftarkan diri sebagai Calon Wakil Walikota Pematangsiantar, menggantikan dr Susanti Dewayani SpA yang kini jadi Wali Kota Pematangsiantar terpilih menggantikan Almahum Ir Asner Silalahi MT.

Setidaknya Sondi Silalahi harus melobi delapan partai politik yakni PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, PAN, Demokrat, Hanura, NasDem dan PKPI agar dirinya dicalonkan sebagai wakil wali kota Pematangsiantar ke DPRD Kota Pematangsiantar. 

Hal itu mutlak agar namanya diusung delapan parpol tersebut sebagai langkah menuju perebutan kursi wakil wali kota Pematangsiantar. Sementara DPC PDIP Pematangsiantar telah memberikan lampu hijau kepada Sondi Silalahi untuk menuju kursi wakil wali kota.

Seperti diketahui, Ir Asner Silalahi MT merupakan Walikota Pematangsiantar terpilih pada Pilkada serentak 9 Desember 2020 lalu yang berpasangan dengan dr Susanti Dewayani SpA. Sehingga secara peraturan, dr Susanti Dewayani SpA secara otomatis naik menjadi Walikota sehingga calon wakil walikota dipilih oleh partai pengusung.

Guna mewujudkan cita-cita ayahnya mengabdi untuk masyarakat Kota Pematangsiantar, Sondi Silalahi didampingi istrinya mendaftar ke partai politik, salah satunya adalah PDIP yang memiliki 8 dari 30 kursi di DPRD Kota Pematangsiantar. 

Sedangkan koalisi parpol pengusung Ir Asner Silalahi MT- dr Susanti Dewayani SpA pada Pilkada 9 Desember 2020 ada 8 partai politik memiliki kursi di DPRD Pematangsiantar sebanyak 30 kursi. Koalisi Parpol itu yakni PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, PAN, Demokrat, Hanura, NasDem dan PKPI. Saat ini Walikota Pematangsiantar dijabat  Hefriansyah dan periodesasinya belum habis.

Saat Sondi Silalahi mendaftarkan diri di Kantor DPC PDIP Kota Pematangsintar disambut langsung oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPC PDIP Pematangsiantar, Togi Siregar didampingi Sekretaris DPC PDI Perjuangan Nurhayati Siregar serta pengurus lainnya. Sondi Silalahi datang didampingi istrinya Maria Karina Aprilia Siagian dan keluarga serta sejumlah tim pemenangan Pasangan Asner Silalahi MT dan dr Susanti Dewayani.

Usai mendaftarkan diri, Togi Siregar berpesan pada Sondi Silalahi agar terus membangun komunikasi untuk berkoordinasi dengan mereka. Togi Silalahi pun mengajak Sondi dan keluarga sama-sama berdoa agar apa yang dicita-citakan dapat tercapai.

“Percayalah partai punya mekanisme dan percayalah semuanya akan berjalan dengan baik. Kita selalu berkoordinasi dengan DPD dan DPP PDI Perjuangan dan soal Sondi sudah kami sampaikan,” kata Togi Siregar menambahkan pernyataan Sekretaris DPC PDI Perjuangan, Nurhayati Siregar.

Sedangkan Ferry SP Sinamo mengatakan bahwa kedatangan Sondi Silalahi mengingatkan keluarga DPC PDI Perjuangan terhadap almarhum Asner Silalahi. “Saya terbanyang waktu almarhum (Asner) datang di bulan September 2019 lalu. Duduknya persis di sini,” ucapnya dengan menekankan bahwa almarhum Asner Silalahi punya sejarah menjadi pemenang hanya saja Tuhan berkehendak lain.

Ferry Sinamo menjelaskan, perjuangan Sondi Silalahi masih panjang untuk meraih cita-cita sebagai wakil wali kota, harus mampu mendapat dukungan dari semua partai yang punya kursi di DPRD Kota Pematangsiantar.

Disebutkan,  Ir Asner Silalahi MT memiliki jasa untuk memenangkan Pilkada Kota Pematangsiantar 9 Desember 2020 lalu. Namun Tuhan berkehendak lain, belum dilantik sudah meninggal dunia. Pada September 2019 lalu, Alm Ir Asner Silalahi MT juga datang ke Kantor DPC PDIP Kota Pematangsintar mendaftarkan diri sebagai calon Wali Kota Pematangsiantar. 

“Cita-cita mulia Sondi Silalahi mengikuti jejak Almarhum ayahnya untuk mendaftar sebagai calon wakil wali kota Pematangsiantar. Setidaknya Sondi Silalahi harus bergerak untuk melobi 7 parpol lainnya agar bisa dicalonkon untuk di pilih DPRD Kota Pematangsiantar,” ujar Ferry Sinamo. 

Karena disebutkan, masing-masing Parpol pengusung  Paslon Ir Asner Silalahi MT- dr Susanti Dewayani SpA hanya diperkenankan mengusulkan dua nama yang tidak boleh berbeda orangya yang diusulkan oleh PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, PAN, Demokrat, Hanura, NasDem dan PKPI. Sondi Silalahi juga diharapkan mampu melakukan safari politik ke pada 7 parpol lainnya.

Sementara Sondi Silalahi dihadapan Pengurus DPC PDIP Kota Pematangsiantar mengutarakan, rasa terimakasih atas dukungan PDIP pada Pilkada Pematangsiantar. 

Sementara Sondi Silalahi langsung menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya kepada kader, pengurus atau petinggi PDI Perjuangan. Pertama, telah bekerja keras untuk memenangkan ayahnya almarhum Asner Silalahi yang berpasangan dengan dr Susanti Dewayani dalam perhelatan Pilkada 9 Desember 2020 lalu.

“Saya mau menyampaikan niat saya, apa tujuan saya. Seperti kita tahu Almarhum Ayah saya Tutup Usia sebelum dilantik jadi walikota. Pekerjaan beliau seperti amanat buat saya. Itulah yang menggerakkan saya. Amanah untuk meneruskan apa yang sudah beliau mulai. Saya juga ingin mengembalikan senyuman ibu saya. Keringat dan air mata ingin saya rumah menjadi senyum di wjah ibu saya,” ujar Sondi Silalahi.

“Ini amanah besar untuk saya. Saya mohon dukungan dan arahan dari Pengurus DPC dan Kader PDIP Kota Pematangsiantar. Semoga niat tulus ini bisa juga didukung oleh 7 parpol lainnya untuk mewujudkan niat saya menjadi calon wakil wali kota Pemetangsiantar,” katanya.

“Mewakili mama (istri almarhum Asner Silalahi), saya mengucapkan terimakasih kepada petinggi partai dan kader untuk semangat dan tenaga serta hal yang diberikan untuk pasangan Asner-Susanti sehingga bisa memenangkan Pilkada 2020 kemarin,” sebutnya.

Sondi juga berterimakasih juga atas keramahan yang ia rasakan dari PDI Perjuangan yang sudah menerima pendaftarannya. Pada kesempatan itu , pria yang menikah di bulan Februari 2021 itu tak lupa menyampaikan tujuan utamanya mencalonkan diri sebagai calon wakil wali kota Pematangsiantar.

“Sebagaimana kita tahu almarhun ayah saya almarhum Asner Silalahi telah dipanggil Tuhan sebelum dilantik menjadi Wali Kota Pematangsiantar. Itulah yang tidak bisa kita lawan, kehendak yang di atas (Tuhan). Pekerjaan beliau seperti amanah buat saya. Itu yang menggerakkan saya. Amanah dari apa yang sudah beliau mulai,” ujarnya. (Matra/Asenk Lee Saragih) 

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya