. Menyasar 21.025 Orang, Puskesmas di Kota Jambi Intensifkan Vaksinasi untuk Lansia | MediaLintasSumatera
Home » » Menyasar 21.025 Orang, Puskesmas di Kota Jambi Intensifkan Vaksinasi untuk Lansia

Menyasar 21.025 Orang, Puskesmas di Kota Jambi Intensifkan Vaksinasi untuk Lansia

Written By MediaLintasSumatera on Minggu, 07 Maret 2021 | 15.12

Komandan Komando Rayon Militer (Danrem) 042/Garuda Putih (Gapu) Jambi, Brigjen TNI M Zulkifli, salah satu pejabat pemerintah di Jambi yang sudah mendapatkan dua kali suntikan vaksinasi Covid-19. (Foto : Matra/Ist)

(Matra, Jambi) – Beberapa pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Kota Jambi mengintensifkan vaksinasi terhadap lanjut usia dan petugas pelayanan publik sebagai upaya menekan kasus Covid-19 di kota tersebut. Puskesmas yang mulai melaksanakan vaksinasi di kota tersebut, yakni Puskesmas KONI Pasar dan  Puskesmas Palmerah I Kota Jambi.

Kepala Puskesmas KONI, Kecamatan Pasar, Kota Jambi, Mefi Drastina di Kota Jambi, Sabtu (6/3/2021) menjelaskan, vaksinasi
tahap II suntikan pertama untuk lansia dan petugas pelayanan publik di puskesmas tersebut sudah dimulai sejak Jumat (5/3/2021). 

Jumlah lansia yang terdaftar untuk divaksinasi di Puskesmas Pasar, Kota Jambi sebanyak 105 orang dengan jumlah vaksin 210 dosis.  Kemudian jumlah petugas pelayanan publik yang terdaftar menerima divaksinasi di puskesmas tersebut sebanyak 100 orang dengan jumlah vaskin 200 dosis.

“Kami menerima vaksin untuk 410 dosis vaksin untuk 205 orang lansia dan petugas pelayanan publik. Satu orang mendapatkan dua kali suntikan vaksinasi. Jumlah vaksinator yang sudah dilatih di Puskesmas Koni Pasar Kota Jambi sebanyak lima orang,”katanya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Palmerah I, Kecamatan Palmerah, Kota Jambi, Repelita Witri mengatakan, pihaknya juga mendapat jatah vaskinsasi lansia dan petugas pelayanan publik hingga ratusan orang. Jumlah lansia yang sudah divaksinasi di puskesmas tersebut pekan lalu mencapai 19 orang, petugas Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Jambi sebanyak lima orang dan wartawan 37 orang.

“Jadi jumlah penerima vaksinasi Puskesmas Palmerah I Kota Jambi pekan lalu sudah mencapai 61 orang. Vaksinasi akan kami lanjutkan pekan kedua Maret ini,”katanya.

Terus Bergulir

Secara terpisah, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Johansyah mengatakan, vaksinasi tahap II untuk lansia dan petugas pelayanan publik di dua kota dan sembilan kabupaten di Provinsi Jambi masih terus bergulir. Setiap kota dan kabupaten masih terus melakukan vaksinasi hingga ke tingkat puskesmas.

Dijelaskan, jumlah vaksin Sinovac yang diterima Provinsi Jambi untuk vaksinasi tahap II, khusus lansia dan petugas pelayanan publik sebanyak  pertama sekitar 70.700 dosis. Jumlah lansia dan petugas pelayanan publik yang menjadi sasaran vaksinasi di daerah tersebut sekitar 57.559 orang.  Penerima vaksinasi khusus lansia dan petugas pelayanan publik  tersebut paling banyak di Kota Jambi, yakni mencapai 21.025 orang dengan jumlah vaksin sekitar 2.410 dosis.

Kemudian sasaran penerima vaksinasi di Kota Sungaipenuh sekitar 578 orang, Kabupaten Kerinci (1.560 orang), Merangin (2.355 orang), Sarolangun (1.781 orang) dan Batanghari (1.645 orang). Sedangkan sasaran vaksinasi di Kabupaten Bungo sekitar 2.244 orang, Tebo (2.159 orang), Tanjungjabung Barat ( 2.015 orang), Tanjungjabung Timur ( 1.390 orang), Muarojambi (2.699 orang) dan sasaran penerima vaksinasi lainnya di tingkat Provinsi Jambi (18.208 orang).

Johansyah mengatakan, total sasaran vaksinasi Covid-19 di Provinsi Jambi untuk kelompok masyarakat mencapai 250.095 orang. Sasaran vaksinasi tersebut terdiri dari aparatur sipil negara (ASN) sekitar 47.081 orang, petugas pelayanan publik (45.133 orang) dan petugas keamanan (13.523 orang).

“Kelompok masyarakat lain yang menjadi sasaran vaksinasi, yakni petugas/pekerja transportasi umum sekitar 4.554 orang, tokoh agama dan tokoh masyarakat (1.194 orang), anggota DPRD (451 orang), petugas pariwisata (250 orang) dan pejabat negara (12 orang),”katanya.

Dikatakan, jumlah petugas vaksinasi (vaksinator) yang disiapkan untuk pelaksanaan vaksinasi massal di daerah itu mencapai 1.420 orang. Vaksinasi di Provinsi Jambi bisa dilaksanakan di 207 puskesmas, 40 rumah sakit dan satu klinik kesehatan.

Mengenai realisasi vaksinasi tahap I untuk suntikan pertama terhadap tenaga kesehatan, pejabat pemerintah dan tokoh masyarakat di Jambi sejak pertengahan Januari lalu sudah mencapai 100 %. Sedangkan vaksinasi tahappertama untuk suntikan kedua mencapai 70%.  (Matra/AdeSM)



Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya