. Pertahankan Zona Hijau, Polres Merangin Terus Gencarkan Kampanye Protokol Kesehatan | MediaLintasSumatera
Home » » Pertahankan Zona Hijau, Polres Merangin Terus Gencarkan Kampanye Protokol Kesehatan

Pertahankan Zona Hijau, Polres Merangin Terus Gencarkan Kampanye Protokol Kesehatan

Written By MediaLintasSumatera on Minggu, 14 Maret 2021 | 09.03

Tim 3 Srikandi Squad 01 Polres Merangin, membagikan masker kepada warga di pasar tradisional Kota Bangko, Merangin, Jambi, Sabtu (13/3/2021). (Foto : Matra/Ist)

(Matra, Jambi) – Keberhasilan Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi mencapai zona hijau (risiko rendah) penularan Covid-19 dua pekan terakhir ternyata tidak terlepas dari berbagai kampanye kepatuhan pelaksanaan protokol kesehatan, khususnya 3 M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir dan menjaga jarak).

Kampanye kepatuhan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan tersebut tidak hanya dilakukan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin maupun Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Merangin. Jajaran kepolisian di Merangin juga termasuk salah satu yang cukup gencar mengkampanyekan (sosialisasi dan edukasi) pelaksanaan protokol kesehatan.

Beberapa strategi yang dilakukan  Polres Merangin untuk meningkatkan kepatuhan warga masyarakat terhadap protokol kesehatan, yaitu membentuk Tim Srikandi Powan Polres Merangin. Tim Srikandi Polres Merangin memiliki tugas sosialisasi, edukasi  dan pembagian masker ke seluruh kelompok masyarakat, baik di jalan raya, pasar tradisional, lokasi wisata dan tempat-tempat umum lainnya.

Selain itu jajaran Polres Merangin juga intensif melakukan penyemprotan disinfektan di jalan raya, tempat umum dan lokasi –lokasi rekreasi yang banyak dikunjungi warga masyarakat.  

Kemudian di tengah program vaksinasi yang digulirkan Pemerintah Pusat, Polres Merangin juga menyambutnya dengan antusias. Hal tersebut ditandai dengan pelaksanaan vaksinasi di jajaran Polres Merangin saat ini. Kapolres Merangin sendiri, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Irwan Andy Purnamawan SIK sudah melakukan vaksinasi Covid-19 sebanyak dua kali suntikan. 

Kapolres Merangin sendiri, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Irwan Andy Purnamawan SIK menunjukkan sertifikat vaksinasi setelah disuntik vaksin Sinovac di Merangin, Jambi baru-baru ini. (Foto : Matra/Ist)

Irwan Andy Purnamawan SIK di Merangin, Jambi, Sabtu (14/3/2021) menjelaskan, pihaknya terus mendorong percepatan vaksinasi di Merangin guna mengatasi penularan Covid-19 sekaligus mempertahankan zona hijau Covid-19 Merangin. Untuk itu seluruh anggota Polri yang bertugas di Polres Merangin dan pekerja harian lepas (PHL) mulai Jumat (12/03/2021) sudah melakukan vaksinasi.

Menurut Irwan Andy Purnamawan, vaksinasi ini wajib dilaksanakan seluruh anggota Polres Merangin dan PHL Polres Merangin untuk mempercepat penanganan pandemic Covid-19 di daerah itu.

“Vaksinasi di lingkungan Polres Merangin merupakan dukungan terhadap program vaksinasi Covid-19 nasional guna memutus penyebaran Covid-19. Vaksinasi di Merangin juga diharapkan dapat mempertahankan zona hijau Covid-19 di Merangin,”katanya.

Polres Merangin, melakukan penyemprotan disinfektan untuk mencegahpenularan Covid-19 di jalan raya Kota Bangko, Merangin, Provinsi Jambi, baru-baru ini. (Foto : Matra/Ist)

Semprot Disinfektan

Dikatakan, Polres Merangin juga masih terus melakukan upaya-upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Merangin melalui penyemprotan disinfektan disejumlah fasilitas umum, termasuk di jalan raya. Penyemprotan disinfektan juga dilakukan terhadap kenderaan roda dua dan roda empat, khususnya di pegangan (hendel) pintu mobil angkutan pedesaan di seputaran terminal pasar bawah Bangko. Selain itu penyemprotan disinfektan juga dilakukan di kawasan Pasar Rakyat Bangko.

“Kami berharap melalui penyemprotan disinfektan penularan Covid- 19 di Merangin dapat dikurangi secara berangsur. Kami juga meminta warga masyarakat Merangin turut membantu memutus rantai penularan Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan. Warga harus tetap disiplin menerapkan 5 M, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas,”katanya.

Irwan Andy Purnamawan lebih lanjut mengatakan, untuk mengintensifkan kampanye atau sosialisasi pencegahan dan penanggulangan Covid-19, Polres Merangin membentuk beberapa Tim Srikandi Polres Merangin. Setiap Tim Srikandi melakukan kampanye protokol kesehatan dan pembagian masker secara rutin.

“Sasaran kampanye protokol kesehatan dan pembagian masker, yakni pasar tradisional, jalan raya, permukiman warga dan tempat-tempat keramaian lainnya. Tim 3 Srikandi Squad 01 Polres Merangin misalnya melakukan kampanye protokol kesehatan dan pembagian masker di pusat Kota Bangko, Merangin, Sabtu (13/03/2021),”katanya.

Sementara itu, Ketua Tim 3 Srikandi Squad 01 Polres Merangin, Ajun Inspektur Dua (Aipda) Maini Sinuraya mengatakan, setiapterjun ke masyarakat, pihaknya mengimbau warga masyarakat agar memakai masker yang sudah diterima dari petugas secara gratis.

“Kami meminta agar warga yang sudah mendapat masker hatus memakainya. Masker jangan dimasukkan ke dalam tas atau saku. Kami juga meminta warga masyarakat mematuhi protokol kesehatan, khususnya 3M,”ujarnya. (Matra/AdeSM)



Share this article :

Posting Komentar

Mengucapkan

Mengucapkan
Dari: Hj Dra Elviana MSi

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Mengucapkan

Mengucapkan
Hj Dra Elviana MSi dan Keluarga

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya