. Sempat Lumpuh Akibat Longsor, Jalur Transportasi Kota Sungaipenuh – Bangko Normal Kembali | MediaLintasSumatera
Home » » Sempat Lumpuh Akibat Longsor, Jalur Transportasi Kota Sungaipenuh – Bangko Normal Kembali

Sempat Lumpuh Akibat Longsor, Jalur Transportasi Kota Sungaipenuh – Bangko Normal Kembali

Written By MediaLintasSumatera on Selasa, 30 Maret 2021 | 05.44

Salah satu ruas jalan Kota Sungaipenuh – Bangko, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi mulai Senin (29/3/2021) dini hari. Ruas jalan yang tertimbun longsor tersebut terdapat di Desa Birun, Kecamatan Pangkalan Jambu, Kabupaten Merangin. (Foto : Matra/Ist)

(Matra, Jambi) – Jalur transportasi darat Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci – Bangko, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi yang sempat lumpuh total hampir 24 jam akibat longsor akhirnya normal kembali mulai Senin (29/3/2021) malam sekitar pukul 22.30 WIB. Material longsor yang menimbun badan jalan di sebanyak tujuh lokasi di Desa Birun, Kecamatan Pangkalan Jambu, Merangin sudah berhasil dibersihkan menggunakan dua alat berat.

Kepala Satuan  Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Merangin, Inspektur Polisi Sati (Iptu) Sudiharsono kepada wartawan di Bangko, Merangin, Senin (29/3/2021) malam menjelaskan, ruas jalan Bangko – Sungaipenuh dan Kerinci sudah mulai normal kembali. Kendaraan dari Bangko menuju Kota Sungaipenuh dan Kerinci yang sempat tertahan di Bangko sudah dapat melanjutkan perjalanan. Papan pengumuman pengalihan jalur trnasportasi di tengah jalan Pasar Bawah, Bangko, Merangin sudah tidak dipasang lagi.

“Jalur lalu lintas Bangko – Kota Sungaipenuh dan Kerinci yang sempat lumpuh sejak Senin (29/3/2021) dini hari akibat longsor sudah mulai normal kembali. Jalur jalan yang tertimbun longsor sudah dibersihkan dan sudah bisa dilewati kendaraan. Papan informasi pengalihan jalan yang dipasang di tengah jalan di Pasar Bawah Bangko sudah tidak dipasang lagi. Namun dua alt berat masih disiagakan di lokasi longsor,”ujarnya.

Sementara itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Merangin, Aspan  mengatakan, pihaknya mengerahkan dua alat berat untuk membersihkan material longsor yang menimbun badan jalan di sebanyak tujuh lokasi pada ruas jalan Kota Sungaipenuh – Bangko sejak Senin (29/3/2021) pagi. Pembersihan material longsor yang menimbun badan jalan berhasil dilakukan Senin malam.  

"Setelah terjadinya longsor di ruas jalan Kota Sungaipenuh – Bangko, Senin dini hari, kami langsung koordinasi dengan pihak Balai Jalan Sumatera untuk mengatasi longsor tersebut. Dua unit eskavator dan dua unit dumtruck langsung dikerahkan ke lokasi longsor dan akhirnya material longsor yang menimbun badan jalan berhasil dibersihkan Senin malam,”ujarnya.

Dijelaskan, jalur transportasi Bangko – Kota Sungaipenuh sempat lumpuh menyusul longsor yang terjadi di Desa Birun, Kecamatan Pangkalan Jambu, Kabupaten Merangin, Senin dini hari. Longsor tebing jalan menutupi badan jalan di sebanyak tujuh lokasi. Longsor tersebut terjadi akibat hujan lebat yang mengguyur daerah itu.

“Akibat longsor, jalur transportasi Bangko – Kota Sungaipenuh dan Kerinci sempat dialihkan melalui melalui Muarabungo, Kabupaten Bungo - Solok Selatan, Sumatera Barat – Kota Sungaipenuh,”katanya. (Matra/AdeSM)



Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya