. Jambi Manfaatkan Pertukaran Pemuda Antar Negara Jadi Ajang Promosi Wisata | MediaLintasSumatera
Home » , , , , » Jambi Manfaatkan Pertukaran Pemuda Antar Negara Jadi Ajang Promosi Wisata

Jambi Manfaatkan Pertukaran Pemuda Antar Negara Jadi Ajang Promosi Wisata

Written By MediaLintasSumatera on Minggu, 18 April 2021 | 21.15

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Jambi, H Sudirman, SH, MH ketika memberikan pengarahan kepada peserta Final Seleksi Calon Peserta  Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) wilayah Jambi di hotel Shang Ratu, Kota Jambi, Minggu (18/4/2021). (Foto : Matra/KominfoProvJambi)

(Matra, Jambi) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi akan memanfaatkan Peserta  Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) menjai ajang promosi pariwisata Jambi di luar negeri. Karena itu para pemuda Jambi yang lolos seleksi mengikuti PPAN tersebut harus benar-benar mampu mengemban misi promosi wisata Jambi di luar negeri. Promosi yang baik terhadap Provinsi Jambi akan turut membangun citra dan kesan yang baik terhadap Provinsi Jambi di luar negeri.

Hal tersebut dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, H Sudirman, SH, MH ketika membuka Final Seleksi Calon Peserta  PPAN wilayah Jambi di hotel Shang Ratu, Kota Jambi, Minggu (18/4/2021).

Menurut Sudirman, pemuda/pemudi Provinsi Jambi yang nantinya menjadi peserta PPAN 2021 akan menjadi duta Provinsi Jambi yang harus mampu mempromosikan Provinsi Jambi di negara mitra tempat pelaksanaan PPAN.

“Supaya bisa mempromosikan Provinsi Jambi dengan baik, maka peserta PPAN harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang sangat baik terhadap Provinsi Jambi, yakni potensi-potensi yang dimiliki Provinsi Jambi, baik sumber daya alam, budaya, pariwisata, dan potensi lainnya,"katanya

Sudirman mengatakan, peserta yang lulus seleksi PPAN dipastikan mempunyai kemampuan komunikasi dalam bahasa Inggris dengan baik, baik secara lisan maupun tertulis. Untuk itu para pemuda Jambi yang lolos seleksi PPAN tersebut menjadikan kegiatan tersebut upaya peningkatan kualitas sumber daya pemuda. Peningkatan sumber daya tersebut penting demi pembangunan yang terus berkesinambungan  secara merata.  

“Program PPAN ini  akan berdampak positif terhadap pembangunan Provinsi Jambi, pembangunan yang tidak hanya dilakukan oleh pemerintah, namun juga oleh seluruh pemangku kepentingan. Dengan demikian, saya menyambut baik penyelenggaraan seleksi calon peserta PPAN Provinsi Jambi Tahun 2021 ini, serta berharap agar kegiatan bisa bisa berlangsung dengan lancar dan mencapai target," tambahnya.

Dikatakan, PPAN merupakan program tahunan, kerja sama Pemerintah Indonesia dengan negara-negara sahabat dalam pengembangan potensi generasi muda. PPAN akan menambah khasanah pengetahuan dan wawasan serta mempersiapkan diri pemuda Indonesia dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks di masa yang akan datang.

"PPAN ini bertujuan untuk mempererat persahabatan dan kerja sama pemuda Indonesia dengan pemuda negara sahabat, serta meningkatkan saling pengertian antara pemuda Indonesia dengan negara sahabat,”ujarnya.  

Sudirman lebih lanjut mengatakan, PPAN 2021 akan dialokasikan ke dua negara, yaitu Pertukaran Pemuda Indonesia Australia (PPIA) seorang (putri) dan Singapore Indonesia Youth Leaders Exchange Programme (SIYLEP) seorang orang (putra).  Sedangkan jumlah peserta seleksi Program PPAN Provinsi Jambi mencapai 140 orang.

Melihat banyaknya peserta seleksi, sementara yang diambil hanya dua orang, lanjut Sudirman, seleksi PPAN tersebut sangat ketat. Peserta yang lulus seleksi dan menjadi pemuda/pemudi utusan Provinsi Jambi dalam PPAN sudah harus memiliki kemampuan yang baik, sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan untuk mengikuti PPAN.

Sudirman mengharapkan, seluruh peserta seleksi mengikuti proses seleksi sebaik-baiknya. Peserta harus menampilkan kemampuan terbaik dengan tetap menjunjung fairness (kejujuran) dan sportif.  Sedangkan tim seleksi diminta melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan yang berlaku serta menciptakan suasana yang bisa menstimulasi peserta untuk menunjukkan kemampuan mereka. (Matra/AdeSM)




Share this article :

Posting Komentar

Mengucapkan

Mengucapkan
Dari: Hj Dra Elviana MSi

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Mengucapkan

Mengucapkan
Hj Dra Elviana MSi dan Keluarga

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya