. Radiapoh Hasiholan Sinaga - Zonny Waldi, Membangun Simalungun dengan Semangat Peduli dan Jiwa Religi | MediaLintasSumatera
Home » , , , , » Radiapoh Hasiholan Sinaga - Zonny Waldi, Membangun Simalungun dengan Semangat Peduli dan Jiwa Religi

Radiapoh Hasiholan Sinaga - Zonny Waldi, Membangun Simalungun dengan Semangat Peduli dan Jiwa Religi

Written By MediaLintasSumatera on Sabtu, 17 April 2021 | 12.46

Bupati Simalungun, St Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH (kiri) dan Wakil Bupati Simalungun,  Zonny Waldi (kanan). (Foto : Matra/Ist)

(Matra, Jambi) - Bupati Simalungun terpilih periode 2021 - 2024 hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 9 Desember 2020, St Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH tidak terlalu banyak dikenal di dunia politik seperti putra Simalungun yang kini menjadi anggota DPR RI, Junimart Girsang atau Marsiaman Saragih. 

Sebelum mencalonkan diri sebagai Bupati Simalungun periode 2021 – 2024, Radiapoh Hasiholan Sinaga lebih dikenal sebagai pengusaha sukses yang dermawan di Batam, Provinsi Kepulauan Riau dan Kalimantan. Radiapoh Hasiholan Sinaga yang lahir di Tigarunggu, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Sumut 18 Juni 1968 juga cukup terkenal seorang pengusaha berjiwa religi. 

Selama ini Radiapoh cukup aktif di jemaat Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Resort Batam, Distrik VI (Riau, Jambi, Bangka Belitung, Bengkulu dan Sumatera Selatan). Radiapoh Sinaga juga pernah mebiayai keberangkatan para pendeta GKPS ke Jerusalem. 

Radiapoh Sinaga sendiri sering ditunjuk menjadi Ketua Umum Pembangunan GKPS di Distrik VI. Sebelum mengikuti Pilkada Serentak 9 Desember 2020, St Radiapoh Hasiholan Sinaga, SH ditunjuk menjadi Ketua Umum Pembangunan Jemaat GKPS Tanah Kanaan Kota Jambi, medio November 2020. 

“Menjadi Ketua Umum Pembangunan GKPS sudah seperti ‘sarapan pagi’ saya. Saya sering ditunjuk menjadi ketua umum pembangunan gedung gereja GKPS. Tugas tersebut tidak pernah saya tolak karena saya merasa penting adanya pembangunan rumah ibadah yang representative bagi warga GKPS di mana pun berada,”kata Radiapoh Hasiholan Sinaga ketika berkunjung ke GKPS Jambi medio Februari lalu. 

Awal Karier

Putra pasangan  Sintua (Penatua) Jahisar Sinaga) dan Korlina Saragih (alm) ini mengawali karier di dunia usaha ketika diterima menjadi karyawan pengusaha sukses dan ternama DL Sitorus, PT Torgamba, Riau,  tahun 1990. Kala itu Radiapoh Sinaga bekerja sebagai karyawan perusahaan kelapa sawit sekaligus merangkap staf koperasi simpan pinjam PT Torgamba.

Setelah mengetahui seluk-beluk dunia usaha atau bisnis selama sembilan tahun bekerja di  PT Torgamba, Radiapoh Sinaga pindah ke Tanjungpinang, Pulau Bintan, Provinsi Kepri tahun 1997. Radiapoh yang menikah dengan Ratnawati Sidabutar tahun 1993 mendirikan usaha sendiri di Tanjungpinang, yaitu koperasi simpan pinjam.

Usaha koperasi simpan pinjam yang didirikan Radiapoh pun berkembang pesat. Radiapoh pun melebarkan sayap membuka usaha perkebunan kelapa sawit dan sampai property (pembangunan perumahan). Ayah tiga anak perempuan dan seorang laki-laki ini pun sukses mengembangkan usaha perkebunan kelapa sawit dan properti di wilayah Riau.

Radiapoh Hasiholan yang juga memiliki kiprah di dunia pelayanan gereja ini tertarik menjadi Bupati Simalungun karena melihat pembangunan Kabupaten Simalungun selama ini masih jauh tertinggal dibandingkan kabupaten lain di Provinsi Sumut. 

Dalam percakapan dengan medialintassumatera.com (Matra) di Kota Jambi, baru-baru ini, Radiapoh Sinaga mengatakan, kerusakan jalan yang cukup parah menjadi salah satu tantangan berat pembangunan di Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumut.  Sulitnya mengatasi kerusakan jalan di daerah itu disebabkan kondisi kerusakan jalan yang semakin berat.

Kemudian kerusakan jalan terjadi di sebagian besar wilayah Simalungun. Perbaikan kerusakan jalan tersebut tidak bisa dilakukan secara menyeluruh dan maksimal melalui peningkatan kualitas jalan karena anggaran pembangunan infratruktur yang terbatas.

 “Kerusakan jalan memang menjadi salah satu tantangan berat di Kabupaten Simalungun ke depan. Masalahnya kondisi kerusakan jalan di sebagian besar wilayah Simalungun sudah cukup berat. Kerusakan jalan di Simalungun tidak bisa lagi dilakukan secara tambal sulam, tetapi harus secara menyeluruh dengan konsep peningkatan kualitas jalan,”katanya.

Menurut Radiapoh Sinaga, kerusakan jalan di Kabupaten Simalungun saat ini sedikitnya mencapai 1.100 kilometer (Km). Kerusakan jalan tersebut tersebar di 32 kecamatan. Perbaikan kerusakan jalan tersebut perlu dipercepat mencegah lumpuhnya transportasi ke sentra-sentra produksi di Simalungun.

Elektabilitas Tinggi 

Radiapoh Sinaga yang merupakan lulusan atau alumni Sekolah Menengah Teknologi Pertanian (SMTP) di Pamatangraya, Kabupaten Simalungun, Sumut tahun 1988 yakin memenangi pertarungan politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 9 Desember 2020 di Kabupaten Simalungun karena berdasarkan hasil survei, elektabilitas (kepercayaan masyarakat) terhadap cukup tinggi. 

Berdasarkan survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia (IPI) kala itu, pasangan bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati Simalungun, Radiapoh Sinaga – Zonny Waldi mencapai 36,7 % atau tertinggi dibandingkan empat elektabilitas tiga pasangan balon bupati dan wakil bupati Simalungun lainnya. 

Akhirnya Radiapoh dan Zonny Waldi memantapkan tekad maju menjadi Calon Bupati dan Wakil Bupati Simalungun periode 2021 – 2024. Pasangan pengusaha dan birokrat tersebut diusung koalisi partai Golkar, Perindo, Hanura, PKS, Berkarya  yang memiliki 20 kursi  dari 50 kursi DPRD Simalungun. Mereka maju mengikuti kontestasi Pilkada Serentak 2020 dengan motto “Rakyat Harus Sejahtera” (RHS).

Akhirnya pasangan Radiapoh – Zonny Waldi pun berhasil memenangi Pilkada Serentak 9 Desember 2020 di Simalungun. Pasangan Radiapoh – Zonny Waldi yang meraih suara sekitar 43,38 % berhasil menyisihkan pasangan calon bupati dan wakil bupati lainnya, Muhajidin Nur Hasim - Tumpak Siregar yang hanya meraih suara 21,25 %, pasangan Irjen Pol (Purn) Wagner Damanik - Abidinsyah Saragih yang hanya meraih suara 7,19 % dan pasangan Anton Achmad Saragih - Rospita Sitorus yang meraih suara 28,18 %. 

Nah, Bupati dan Wakil Bupati Simalungun baru, Radiapoh Hasiholan Sinaga – Zonny Waldi akan dilantik, Senin (26/42021). Simalungun kini memiliki pemimpin baru yang memiliki semangat peduli rakyat, pandai berusaha dan berjiwa religi. Mari kita tunggu kiprah  mereka memeprcepat pembangunan Simalungun. Selamat bertugas. (Matra/Radesman Saragih/BerbagaiSumber)


Share this article :

Posting Komentar

Mengucapkan

Mengucapkan
Dari: Hj Dra Elviana MSi

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Mengucapkan

Mengucapkan
Hj Dra Elviana MSi dan Keluarga

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya