. Perayaan Jumat Agung di Kota Jambi Berlangsung Aman dan Khidmat | MediaLintasSumatera
Home » , » Perayaan Jumat Agung di Kota Jambi Berlangsung Aman dan Khidmat

Perayaan Jumat Agung di Kota Jambi Berlangsung Aman dan Khidmat

Written By MediaLintasSumatera on Jumat, 02 April 2021 | 10.11

Personil Polresta Jambi, Korem 042/Garuda Putih Jambi dan Kodim 0415/Batanghari Jambi bersama petugas piket ibadah perayaan Jumat Agung di Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Kotabaru, Kota Jambi, Jumat (2/4/2021) pagi. (Foto : Matra/AdeSM)

(Matra, Jambi) – Perayaan wafatnya Isa Almasih (Yesus Kristus) atau Jumat Agung di berbagai gereja di Kota Jambi, Jumat (2/4/2021) pagi berlangsung aman dan tertib. Umat Kristen di kota tersebut mengikuti ibadah perayaan Jumat Agung di gereja masing-masing dalam suasana khidmat. Seluruh rangkaian ritual ibadah di setiap gereja yang dipimpin para pendeta dan pastur berjalan dengan lancar.

Pantauan medialintassumatera.com (Matra) di komplek gereja Kotabaru, Kota Jambi, Jumat (2/4/2021) pagi, beberapa gereja melaksanakan ibadah perayaan Jumat Agung mulai jam 07.00 WIB. Seluruh ibadah di setiap gereja memenuhi protokoler kesehatan dengan memakai masker, membatasi jumlah jemaat yang mengikuti ibadah, menjaga jarak, memeriksa suhu tubuh dan mencuci tangan.

Ibadah perayaan Jumat Agung di setiap gereja di komplek gereja Kotabaru, Kota Jambi mendapatkan pengamanan ketat dan berlapis dari aparat keamanan. Setiap gereja dijaga enam sampai belasan orang petugas dari kepolisian, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan organisasi masyarakat, Pemuda Pancasila.

Ibadah perayaan Jumaat Agung tahap pertama di Gereja Methodist Indonesia Moria (GMIM) dan Huria Batak Kristen Protestan (HKBP) Kotabaru, Kota Jambi Jumat pagi pukul 07.00 – 09.00 WIB juga dikawal sejumlah personil Brimob Polda Jambi bersenjata lengkap. Penjagaan yang ketat tersebut juga dilakukan hingga ibadah Jumat Agung tahap kedua Jumat siang pukul 09.00 – 10.30 WIB.

Direktur Samapta Polda Jambi, Komisaris besar Polisi (Kombes Pol) Habib (tiga dari kiri) bersama personil Polresta Jambi, Polda Jambi, Korem 042/Garuda Putih Jambi dan Kodim 0415/Batanghari ketika memantau situasi ibadah perayaan Jumat Agung di  Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Kota Jambi, Jumat (2/4/2021). (Foto : Matra/AdeSM)

Sementara itu ibadah Jumat Agung di Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Kotabaru Jambi Jumat pagi pukul 08.00 – 10.00 WIB juga berlangsung dengan aman. Penjagaan di gereja tersebut dilakukan enam orang personil polisi dan TNI. Pengamanan yang sama di GKPS Jambi juga dilakukan hingga ibadah Jumat Agung tahap kedua Jumat siang pukul 10.30 – 12.00 WIB.

Ibadah perayaan Jumat Agung tahap pertama di GKPS Jambi, Jumat pagi yang dihadiri sekitar 100 orang berlangsung aman, tertib dan khidmat. Ibadah yang dipimpin Pendeta (Pdt) GKPS Resort Jambi, Pdt Riando Tondang, STh diisi dengan perjamuan kasih jemaat.

Petugas piket ibadah Jumat Agung tahap pertama GKPS Jambi, Syamas (Diaken) Hezron Elsafan Saragih, SPd mengatakan, Jemaat GKPS Jambi membagi ibadah Jumat Agung sebanyak tiga tahap atau sesi untuk membatasi jumlah jemaat yang hadir. Ibadah Jumat Agung di GKPS Jambi pagi dan siang menggunakan bahasa Simalungun. Sedangkan ibadah Jumat Agung tahapketiga sore menggunakan bahasa Indonesia.

Sementara itu Pdt Riando Tondang, STh dalam khotbahnya pada ibadah Jumat Agung di GKPS Jambi, Jumat pagi mengangkat tema persekutuan dan pelayanan yang berbuah dan sub tema mengajak jemaat meningkatkan kepedulian sosial. Melalui tema dan sub tema tersebut, seluruh jemaat GKPS Jambi diharapkan dapat meneladani pengorbanan Yesus Kristus yang telah peduli dan mengorbankan dirinya di kayu salib untuk menyelamatkan manusia dari kuasa kegelapan atau dosa.

“Tuhan Yesus Kristus, yakni anak Allah Bapa telah berkorban memberikan nyawanya di kayu salib untuk menyelematkan manusia. Kasih Allah terhadap manusia tersebut hendaknya menjadi teladan bagi warga jemaat GKPS Jambi untuk saling menopang, peduli dan saling menolong menghadapi berbagai pergumulan hidup,”katanya. (Matra/AdeSM)

Ibadah perayaan wafatnya Isa Almasih (Jumat Agung) di Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Kotabaru, Kota Jambi, Jumat (2/4/2021) pagi berlangsung aman, tertib dan khidmat. (Foto : Matra/AdeSM)





Share this article :

Posting Komentar

Mengucapkan

Mengucapkan
Dari: Hj Dra Elviana MSi

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Mengucapkan

Mengucapkan
Hj Dra Elviana MSi dan Keluarga

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya