. Perayaan Paskah, Ratusan Gereja di Jambi Dijaga Ketat | MediaLintasSumatera
Home » , , » Perayaan Paskah, Ratusan Gereja di Jambi Dijaga Ketat

Perayaan Paskah, Ratusan Gereja di Jambi Dijaga Ketat

Written By MediaLintasSumatera on Kamis, 01 April 2021 | 16.04

Kapolda Jambi,  Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, SIK pada apel siaga pengamanan perayaan Paskah dan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur Jambi di Polda Jambi, Rabu (31/3/2021). (Foto : Matra/TribratanewsPoldaJambi)

(Matra, Jambi) – Jajaran kepolisian dan TNI di Provinsi Jambi tidak mau ambil risiko kecolongan terjadap aksi terorisme menghadapai Tri Suci Paskah, Kamis – Minggu (1 – 4/42021). Untuk itu jajaran kepolisian di Jambi menerjunkan sedikitnya 1.500 orang personil mengamankan ibadah perayaan Tri Suci Paskah di setiap Gereja di daerah itu.

Kapolda Jambi Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, SIK di Jambi, Kamis (1/4/2021) menginstruksikan seluruh jajarannya meningkatkan kewaspadaan menyusul adanya serangan terduga teroris ke Mabes Polri, Rabu (31/3/2021).  
 
Seluruh jajaran kepolisian di Jambi mulai dari tingkat kepolisian sektor (Polsek), kepolisian resor (Polres) dan Polda Jambi diminta memperketat pengamanan di lingkungan kesatuan masing-masing. Selain itu pengamanan perayaan Paskah di berbagai Gereja juga ditingkatkan.

Kapolda Jambi melalui Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Mulia Prianto, Kamis (1/4/2021) mengatakan, seluruh kantor, asrama dan aset-aset milik Polri di Jambi haris mendapatkan pengamanan ketat agar tidak sampai dimasuki teroris. 
 
Selain itu pelayanan kepada masyarakat juga harus tetap dilaksanakan sesuai protokol kesehatan. Barang-barang bawaan dan identitas setiap orang yang masuk ke lingkungan kantor, asrama dan satuan kepolisian harus diperiksa Standar Operating Procedure (SOP).

“Kemudian mulai besok pagi (Kamis, 1/4/2021), saudara-saudara kita umat Kristiani akan melaksanakan rangkaian kegiatan keagamaan,  Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci dan Minggu Paskah. Seluruh perayaan hari keagamaan tersebut di setiap gereja yang ada di Jambi haris dijamin keamanannya,”katanya.

72 Gereja
 
Sementara itu Kapolresta Jambi, Komisaris Besar Polisi (Kobes Pol) Dover Christian di Kota Jambi, Kamis (1/4/2021) menjelaskan, pihaknya sudah siap mengamankan perayaan Kamis Putih, Kamis (1/4/2021), Jumat Agung, Jumat (2/4/2021) dan Minggu Paskah, Minggu (4/4/2021).

Jumlah gereja yang mendapatkan penjagaan ketat selama perayaan Tri Suci Paskah tersebut di Kota Jambi sebanyak 72 gereja. Gereja tersebut tersebar di Pasar Kota Jambi, Komplek Gereja Kotabaru, Komplek Gereja di Bagan Pete, Pinang Merah dan Simpang Rimbo dan Talang Bakung, Kota Jambi.

“Personil  yang kami kerahkan mengamankan perayaan Paskah di Kota Jambi sekitar 500 orang. Beberapa orang petugas akan disiagakan di setiap gereja. Kemudian ada juga personil yang melakukan patroli secara rutin ke seluruh komplek gereja. Pasukan pengamanan Polresta Jambi akan diperkuat satuan dari TNI sebanyak 30 orang, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sebanyak 30 orang dan para anggota organisasi masyarakat,”katanya.

Sementara itu Kapolres Muarojambi, Provinsi Jambi, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Ardiyanto mengatakan, pihaknya menerjunkan sekitar 300 orang personil mengamankan perayaan Paskah di daerahnya. Jumlah gereja yang mendapatkan pengamanan ketat di Muarojambi selama perayaan Paskah sebanyak 64 gereja. Gereja – gereja yang merayakan Paskah di Muarojambi antara lain tersebar di Kecamatan Sungaibahar dan Kecamatan Bukit Baling.

“Kami berupaya semaksimal mungkin menjamin keamanan perayaan Paskah di setiap gereja. Petugas akan kami tempatkan di setiap gereja untuk meningkatkan koordinasi dengan warga gereja mencegah aksi-aksi pihak lain yang mengganggu jalannya perayaan Paskah,”ujarnya. (Matra/AdeSM)
 

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya