. Jelang Lebaran, Dinas Kominfo Provinsi Jambi Upayakan Percepatan Pencairan Dana Publikasi | MediaLintasSumatera
Home » » Jelang Lebaran, Dinas Kominfo Provinsi Jambi Upayakan Percepatan Pencairan Dana Publikasi

Jelang Lebaran, Dinas Kominfo Provinsi Jambi Upayakan Percepatan Pencairan Dana Publikasi

Written By MediaLintasSumatera on Selasa, 04 Mei 2021 | 17.01

Para wartawan yang hadir pada pertemuan dengan jajaran Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Provinsi Jambi di ruang pola kantor Gubernur Jambi, Selasa (4/5/2021). (Foto : Matra/AdeSM)

(Matra, Jambi) – Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Provinsi Jambi mengupayakan percepatan pencairan anggaran dana publikasi untuk jajaran pers yang selama ini bermitra dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi.  Percepatan itu penting untuk membantu para awak media atau jurnalis liputan Pemprov Jambi menghadapi hari raya IdulFitri 1442 Hijriyah (H).

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jambi, Ir Nurachmat Herlambang, MMA pada pertemuan dengan para jurnalis di kantor Gubernur Jambi, Selasa (4/5/2021). Pertemuan membahas anggaran publikasi Pemprov Jambi yang dihadiri sekitar 100 orang wartawan dari berbagai media massa tersebut turut dihadiri Sekretaris Dinas Kominfo Provinsi Jambi, Ahmad Muslih.

Menurut Nurachmat Herlambang, keterlambatan pencairan anggaran dana publikasi Pemprov Jambi untuk pers di Pemprov Jambi dipengaruhi peralihan tugas publikasi dan kehumasan dari Biro Humas dan Protokol Pemprov Jambi kepada Dinas Kominfo Provinsi Jambi.  Kemudian pencairan anggaran dana publikasi Pemprov Jambi tersebut juga terlambat akibat terjadinya Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi periode 2021 – 2024.

“PSU Pilgub Jambi membuat belum adanya Gubernur Jambi definitif hasil Pilkada Serentak 2020.  Belum adanya Gubernur Jambi definitif membuat para pejabat yang ditunjuk bertugas di Dinas Kominfo Provinsi Jambi juga belum ada yang definitif. Para pejabat Dinas Kominfo Provinsi Jambi yang mengambil alih  tugas kehumasan Pemprov Jambi masih berstatus pelaksana tugas (Plt), sehingga sulit menagmbil keputusan,”katanya.

Nurachmat Herlambang mengatakan, dirinya sudah melakukan pertemuan intensif dengan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, H Sudirman, SH, MH dan Pimpinan Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Provinsi Jambi sepekan terakhir hingga Selasa (4/5/2021) untuk percepatan pencairan anggaran publikasi di Pemprov Jambi.

“Melalui beberapa kali pertemuan dengan Sekda Pemprov Jambi dan Pimpinan Bakeuda Provinsi Jambi, percepatan pencairan anggaran dana publikasi Pemprov Jambi tersebut sudah ada titik temu. Kami berharap, pencairan anggaran dana publikasi Pemprov Jambi bisa cair, Jumat (7/5/2021),”katanya.
 
Dikatakan, selain upaya percepatan pencairan anggaran piublikasi tersebut, Dinas  Kominfo Jambi juga akan membenahi manajemen peliputan kegiatan Pemprov Jambi yang sempat terputus. Koordinasi antara Dinas Kominfo Provinsi Jambi dengan para jurnalis liputan Pemprov Jambi akan diintensifkan kembali agar semua kegiatan Gubenur Jambi dan jajarannya dapat diliput wartawan.  

“Koordinasi liputan Dinas Kominfo Jambi dengan para wartawan liputan Pemprov Jambi sempat terputus akibat transisi pengelolaan kegiatan dan dana publikasi maupun kehumasan dari Biro Humas dan Protokol Pemprov Jambi kepada Dinas Kominfo Provinsi Jambi. Kami akan berupaya membuat grup baru Dinas Kominfo Provinsi Jambi dengan para wartawan liputan Provinsi Jambi,”katanya.

Sangat Mengharapkan

Sementara itu beberapa perwakilan wartawan pada pertemuan tersebut sangat mengharapkan adanya pencairan dana kemitraan publikasi Pemprov Jambi secepatnya. Pencairan dana publikasi tersebut penting bagi para awak media massa liputan Pemprov Jambi yang sepekan lagi merayakan Idul Fitri.

“Sepekan lagi sudah Lebaran (Idul Fitri). Kawan – kawan media yang hadir di sini sangat membutuhkan dana untuk memenuhi berbagai kebutuhan Lebaran. Jadi kami berharap anggaran dana publikasi Pemprov Jambi bisa cair pekan ini,”kata, Juanda, seorang perwakilan wartawan.

Dikatakan,  anggaran publikasi Pemprov Jambi yang belum cair tahun ini mulai Januari – April 2021. Biasanya, anggaran publikasi untuk media massa di Pemprov Jambi sudah cair sebelum Puasa (Ramadan). Namun kali ini, sudah menjelang Lebaran, anggaran publikasi  tersebut belum cair.

Selain itu, kata Juanda, koordinasi peliputan berita di lingkungan Provinsi Jambi antara Dinas Kominfo Provinsi Jambi dengan para wartawan liputan Pemprov Jambi juga perlu dibenahi lagi. Hal itu penting agar tidak ada kegiatan Gubernur Jambi dan pejabat Pemprov Jambi yang terlewat dalam pemberitaan. (Matra/AdeSM)



Share this article :

Posting Komentar

Mengucapkan

Mengucapkan
Dari: Hj Dra Elviana MSi

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Mengucapkan

Mengucapkan
Hj Dra Elviana MSi dan Keluarga

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya