. Pengurus Baru Dilantik di Tengah Pandemi Covid-19, Gebu Minang Jambi Tingkatkan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat | MediaLintasSumatera
Home » , , , » Pengurus Baru Dilantik di Tengah Pandemi Covid-19, Gebu Minang Jambi Tingkatkan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat

Pengurus Baru Dilantik di Tengah Pandemi Covid-19, Gebu Minang Jambi Tingkatkan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat

Written By MediaLintasSumatera on Kamis, 27 Mei 2021 | 07.52

Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Bidang Organisasi dan Kemasyarakatan Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang (Gebu) Minang, Irjen Pol (Purn) Drs H Marwan Paris melantik pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Minang Provinsi Jambi periode 2020-2025 di Kota Jambi, Rabu (26/05/2021). (Foto : Matra/GebuMinangJambi)

(Matra, Jambi) – Pemberdayaan ekonomi menjadi fokus utama Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang (Gebu) Minang Provinsi Jambi mengatasi kesulitan ekonomi rakyat di tengah pandemi Covid-19. Pemberdayaan ekonomi rakyat tersebut dilakukan melalui pemberian fasilitas bantuan usaha dan pengembangan kualitas sumber daya ekonomi warga masyarakat Minang (Sumatera Barat) di Provinsi Jambi. Selain itu, pelestarian budaya di perantauan juga akan tetap mendapatkan organisasi masyarakat Minangkabau di daerah tersebut.

"Gebu Minang akan memfokuskan diri memperhatikan ekonomi rakyat agar bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19 yang sudah lebih satu tahun melanda masyarakat kita. Kedepannya Gebu Minang akan segera mengurus masyarakat Minangkabau di tingkat kabupaten/kota, khususnya pengembangan program ekonomi, sosial dan budaya,”kata Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Bidang Organisasi dan Kemasyarakatan Gebu Minang Pusat, Irjen Pol (Purn) Drs H. Marwan Paris pada Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Gebu Minang Provinsi Jambi periode 2020-2025 di Kota Jambi, Rabu (26/05/2021).

Menurut Marwan Paris, secara nasional Gebu Minang selama ini berkomitmen memberdayakan ekonomi rakyat Minang di perantauan. Pemberdayaan ekonomi masyarakat Minang yang banyak berusaha di bidang kuliner atau makanan diharapkan bisa menjadi salah satu model pemberdayaan ekonomi masyarakat secara nasional, khususnya di tengah pandemi Covid-19.

"Sebagian besar usaha ekonomi rakyat warga Minang di perantauan bersifat mandiri dan terorganisir dengan baik. Jadi pekerjaan rumah Gebu Minang di Jambi ke depan, yaitu mengejar ketertinggalan ekonomi rakyat dan membangkitkan rasa kesatuan orang Minang. Kita juga terus mencari potensi ekonomi, sosial dan budaya Minang yang bisa kita angkat ke tingkat nasional,"katanya.

Dijelaskan, pelantikan DPW Gebu Minang Provinsi Jambi merupakan pelantikan pengurus Gebu Minang ke-16 yang dilakukan di Indonesia. Kepengurusan Gebu Minang di 15 daerah lain di Indonesia sudah dilakukan sebelumnya. Kepengurusan Gebu Minang di Provinsi Jambi juga akan diupayakan bisa segera terbentuk di sembilan kabupaten dan dua kota.

Ketua Umum DPW Gebu Minang Provinsi Jambi periode 2020-2025 yang dilantik, yaitu Dr Filius Chandra, SE, MM. Turut pada kesempatan tersebut, Wakil Sekjen DPP Gebu Minang, Drs Zulhendri Chaniago, Ketua Bidang Hukum HAM, Basroni Kiran, SH, MH dan Sekretaris DPW Gebu Minang Sumatera Selatan, Drs  Irwansyah.

Pada kesempatan tersebut, DPW Gebu Minang Jambi menyerahkan bantuan Al-Quran kepada Taman Pendidikan Alquran (TPA) Rumah Quran Qoryatulhufazh Mayang, TPA Al Hidayah Desa Teluk, Kecamatan Pemayung dan Tahfiz Gebu Minang.
Para Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang (Gebu) Minang pada pelantikan DPW Gebu Minang Provinsi Jambi periode 2020-2025 di Kota Jambi, Rabu (26/05/2021). (Foto : Matra/GebuMinangJambi)

Sementara itu, Ketua DPW Gebu Minang Provinsi Jambi, Filius Chandra pada kesempatan tersebut mengatakan,  dirinya sangat mengapresiasi pelantikan DPW Gebu Minang Provinsi Jambi yang berlangsung di tengah Covid-19 dan mematuhi protokol kesehatan. Pelantikan pengurus Gebu Minang di Jambi diharapkan bisa membangkitkan kembali semangat berusaha, solidaritas dan berbudaya masyarakat Minang di Jambi.

“Kami sangat bangga dan terharu atas kedatangan DPP Gebu Minang Pusat di Jambi di tengah situasi pandemi ini. Kehadiran DPP Gebu Minang di Jambi menjadi motivasi juga bagi pengurus DPW Gebu Minang Jambi agar berusaha menjalankan roda organisasi. Saya berharap DPW Gebu Minang Jambi akan lebih aktif. Kami juga akan melakukan pembenahan, bergerak terus memajukan ekonomi, sosial dan budaya masyarakat, khususnya di Jambi,"ujarnya.

Senada dengan Wakil Ketua DPP Gebu Minang Pusat, Marwan Paris,  Fillius Chandra juga bertekad meningkatkan pemberdayaan ekonomi warga Minang di Jambi, terutama menghadapi dampak pendemi Covid-19. Untuk itu kepengurusan Gebu MInang di wilayah kabupaten dan kota se-Provinsi Jambi diupayakan segera dibentuk.

"Kami akan segera melakukan road show (kunjungan ke daerah kabupaten dan kota) untuk membentuk Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gebu Minang kabupaten/kota se-Provinsi Jambi. Kami juga akan membahas program peningkatan ekonomi rakyat warga Minang di setiap kabupaten dan kota,”ujarnya. (Matra/AdeSM)


Share this article :

Posting Komentar

Mengucapkan

Mengucapkan
Dari: Hj Dra Elviana MSi

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Mengucapkan

Mengucapkan
Hj Dra Elviana MSi dan Keluarga

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya