. Ratusan Lansia Antusias Ikuti Vaksinasi Massal di Polres Merangin | MediaLintasSumatera
Home » , , » Ratusan Lansia Antusias Ikuti Vaksinasi Massal di Polres Merangin

Ratusan Lansia Antusias Ikuti Vaksinasi Massal di Polres Merangin

Written By MediaLintasSumatera on Jumat, 04 Juni 2021 | 17.25

Kapolres Merangin, Ajun Komisaris Besar Polisi Irwan Andy Purnamawan (dua dari kanan bediri) dan Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Merangin, H Nasution (tiga dari kanan berdiri) menyaksikan proses vaksinasi massal untuk lansia di Mapolres Merangin, Jumat (4/6/2021). (Foto : Matra/KominfoMerangin)

(Matra, Jambi) – Para lanjut usia (lansia) di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi sangat antusias mengikuti vaksinasi Covid-19 secara massal yang dilaksanakan Polres Merangin di Polres Merangin, Jumat (4/6/2021). Jumlah lansia yang mengikuti vaksinasi pada kesempatan tersebut mencapai 200 orang. Vaksinasi massal terhadap yang dilaksanakan Polres Merangin tersebut juga akan dilanjutkan ke kecamatan – kecamatan dengan target sekitar 1.000 orang.

Hal tersebut dikatakan Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merangin, H Nasution ketika menyaksikan vaksinasi Covid-19 massal di Mapolres Merangin, Jumat (4/6/2021). Turut hadir pada kesempatan tersebut, Kapolres Merangin Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Irwan Andy Purnamawan. Vaksinasi massal untuk lansia di Merangin tersebut dilaksanakan atas kerja sama Polres Merangin Dinas Kesehatan Kabupaten Merangin.

Menurut   H Nasution, antusiasme lansia mengikuti vaksinasi di Polres Merangin tersebut sangat tinggi. Ratusan lansia dari berbagai wilayah di Bangko, Merangin mulai pagi sudah tiba di Polres Merangin untuk mengikuti vaksinasi. Hal tersebut menunjukkan bahwa niat para lansia di Merangin menjaga diri dari penularan Covid-19 sangat tinggi,”katanya.

‘’Pelaksanaan vaksinasi massal di Polres Merangin ini sangat luar biasa. Saya salut dan mengapresiasi tingginya niat para lansia di Merangin mendapatkan vaksinasi dalam rangka mencegah dan menanggulangi Covid-19,”katanya.

Sementara itu, Kapolres Merangin, AKBP Irwan Andy Purnamawan pada kesempatan tersebut mengatakan,  pihaknya menggelar vaksinasi massal untuk lansia menyusul masih rendahnya realisasi vaksinasi untuk lansia di daerah itu. Vaksinasi massal di Polres Merangin akan digelar sepekan ini dengan target 200 orang sehari.

Dikatakan, para lansia yang mengikuti vaksinasi tersebut berasal dari berbagai profesi. Ada pedagang kaki lima, petani dan berbagai profesi lainnya. Mereka juga bukan hanya berasal Kota Bangko, tapi juga dari daerah permukiman transmigrasi dan sejumlah kecamatan di Kabupaten Merangin.

“Vaksinasi lansia ini juga akan kami lanjutkan ke kecamatan-kecamatan. Para lansia dari desa-desa di Merangin bisa datang ke Puskesmas – puskesmas di kecamatan masing-masing mengikuti vaksinasi. Mereka tidak perlu datang ke Polres Merangin,”katanya.

Kapolresta Jambi, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Dover Cristian (kiri) menyaksikan vaksinasi lansia di Polresta Jambi, Kamis (3/6/2021). (Foto : Matra/Ist)

Polresta Jambi

Sementara itu, Polresta Jambi juga melaksanakan vaksinasi missal untuk para lansia di Polresta Jambi mulai Kamis (4/6/2021). Vaksinasi lansia tersebut dilaksanakan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Jambi.

Kapolresta Jambi, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Dover Cristian ketika menyaksikan jalannya vaksinasi di Polresta Jambi, Kamis (3/6/2021) menjelaskan, pihaknya melaksanakan vaksi lansia tersebut menyusul masih rendahnya realisasi vaksinasi untuk lansia di kota itu. Jumlah lansia di Kota Jambi yang sudah divaksinasi hingga awal Juni ini baru mencapai 12.960 orang atau 24 % dari total 54.000 orang lansia di Kota Jambi.

“Kami mengupayakan melakukan vaksinasi lansia dengan cara jemput bola. Para Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) kami kerahkan membawa minimal 10 orang lansia untuk divaksinasi. Jadi jumlah lansia yang dibawa 62 Bhabinkamtibmas untuk divaksinasi mencapai 620 lansia,”katanya.

Menurut Dover Christian, vaksinasi lansia di Polresta Jambi dilaksanakans elama tiga hari mulai Kamis – Sabtu (3 – 5/6/2021).  Target vaksinasi lansia selama tiga hari tersebut sekitar 1.000 orang. Jumlah lansia yang sudah divaksin hingga Jumat (4/6/2021) sudah mencapai 600 orang. Beberapa orang lansia batal divaksinasi karena alasan medis, yaknsi adanya penyakit bawaan atau tensi tinggi.

“Para lansia yang sudah divaksinasi diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat lainnya bahwa vaksinasi aman, halal, baik dan penting menjaga kesehatan. ,” katanya

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Dokter Kesehatan (Dokkes) Polda Jambi Kombes Pol Yulie Diana mengatakan, vaksinasi lansia di masih menjadi prioritas di Kota Jambi karena di jumlah lansia yang divaksinasi di kota itu baru mencapai 24 % .

 “Untuk meningkatkan vaksinasi lansia tersebut, TNI dan Polri sudah ditugaskan untuk meningkatkan vaksinasi terhadap lansia. Vaksinasi tidak hanya dilaksanakan di kantor polisi dan puskesmas, tetapI juga di tempat umum seperti pusat perbelanjaan dan pasar,”katanya. (Matra/AdeSM)


Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya