. Beri Bantuan kepada Tukang Tambal Sepatu, Sentuhan Rasa Humanisme di Masa Pandemi ala Gubernur Jambi | MediaLintasSumatera
Home » , , , » Beri Bantuan kepada Tukang Tambal Sepatu, Sentuhan Rasa Humanisme di Masa Pandemi ala Gubernur Jambi

Beri Bantuan kepada Tukang Tambal Sepatu, Sentuhan Rasa Humanisme di Masa Pandemi ala Gubernur Jambi

Written By MediaLintasSumatera on Selasa, 27 Juli 2021 | 17.56

Gubernur Jambi, Al Haris memasangkan masker kepada tukang sol (tambal) sepatu ketika memberikan bantuan paket kebutuhan pokok kepada para tukang sol sepatu di kawasan Tugu Juang, Telanaipura, Kota Jambi, Selasa (27/7/2021). (Foto : Matra/KominfoJambi)

(Matra, Jambi) – Warga masyarakat ekonomi lemah sangatmembutuhkan sentuhan-sentuhan rasa humanisme (kemanusiaan) untuk menopang kekuatan ekonomi dan semangat  hidup mereka menghadapi situasi sulit di tengah pandemi Covid-19 ini.
Salah satu sentuhan humanisme yang  dibutuhkan warga masyarakat kecil saat ini, khususnya di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyatakat (PPKM) yang membatasi aktivitas usaha ekonomi mereka, yaitu bantuan kebutuhan pokok.

Sentuhan rasa kemanusiaan itulah yang diberikan Gubernur Jambi, Dr H Al Haris S Sos, MH dan isteri, Hj Hesnidar  melihat kesulitan ekonomi warga masyarakat kecil di Kota Jambi seperti pedagang kaki lima (PKL), tukang sol (tambal sepatu) dan tukang ojek.

Setelah memberikan bantuan puluhan paket kebutuhan pokok kepada PKL di sekitar rumah dinas Gubernur Jambi, Minggu (25/7/2021), Gubernur Jambi, Al Haris kembali memberikan bantuan paket kebutuhan pokok kepada para PKL, tukang sol sepatu dan tukang ojek di Kota Jambi, Selasa (27/7/2021). Penyaluran bantuan tersebut turut diikuti di didampingi Wakil Gubernur  Jambi, H Abdullah Sani.

Setiap paket kebutuhan pokok tersebut berisi 10 Kg beras, gula pasir, minyak goreng dan tepung terigu masing-masing satu kilogram ditambah puluhan bungkus mi instan. Bantuan tersebut diharapkan bisa meringankan beban ekonomi masyarakat kecil di tengah pandemi Ccovid-19 saat ini. Pengadaan bantuan tersebut dibantu Bank Sembilan Jambi, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jambi dan Bank Indonesia Wilayah Provinsi Jambi.

Jumlah pedagang kecil, tukang sol sepati dan tukang ojek yang mendapatkan bantuan paket kebutuhan pokok Gubernur Jambi tersebut sekitar 500 orang. Pembagian bantuan sosial tersebut dilakukan langsung oleh Al Haris ke tempat-tempat usaha pedagang, tukang sol sepatu dan tukang ojek di kawasan kawasan Tugu Juang, GedungOlah Raga (GOR) Kotabaru dan kawasan Rajawali. 

Gubernur Jambi, Al Haris memberikan bantuan paket kebutuhan pokok kepada tukang sol sepatu di kawasan Tugu Juang, Telanaipura, Kota Jambi, Selasa (27/7/2021). (Foto : Matra/KominfoJambi)

Ringankan Beban

Al Haris pada kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya berusaha membantu warga masyarakat ekonomi lemah, khususnya PKL atau usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) karena mereka menghadapi masa sulit akibat pandemi Covid - 19 (PPKM).

Terbatasnya kegiatan berusaha para pedagang dan pelaku UMKM akiat PPKM saat ini membuat pendapatan mereka berkurang. Bantuan yang disalurkan tersebut diharapkan dapat meringankan beban mereka dalam memenuhi kebutuhan sehari hari.  

“Siang ini, kita mendatangi saudara/teman teman yang kerjanya seperti beliau beliau. Tentu pekerjaan mereka terdampak Covid – 19. Akibat PPKM ini orang yang melintas di daerah berkurang ini. PPKM yang mengharuskan orang banyak di rumah sangat berpengaruh terhadap penghasilan mereka. Pemerintah melihat kelompok masyarakat terdampak PPKM ini perlu dibantu,”katanya.

Dijelaskan, di tengah keterbatasan anggaran dana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi untuk membantu warga terdampak PPKM saat ini, Pemprov Jambi mengusahakan bantuan dari dana pertanggung-jawaban sosial (Community Social Responsibility/CSR) perusahaan, khususnya pihak perbankan.

“Pada kesempatan kali ini, pihak BI, OJK dan Bank Jambi turut membantu pengadaan bantuan paket kebutuhan pokok untuk warga masyarakat kecil ini. Bantuan kebutuhan pokok yang kami salurkan hari ini sebanyak 500 paket,”ujarnya.

Al Haris pada kesempatan tersebut mengharapkan para pelaku usaha kecil yang mendapatkan paket kebutuhan pokok tersebut tetap bersemangat, melakukan pola hidup sehat, mematuhu protokol kesehatan (prokes), khususnya memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

Sementara itu, Zulham (45), seorang tukang sol sepatu dikawasan Tugu Juang, Telanaipura, Kota Jambi mengaku terharu mendapat paket bantuan kebutuhan pokok dari Gubernur Jambi.  Bantuan tersebut dirasakan Zulham sangat berarti menopang keluarganya menghadapi kesulitan hidup sehari-hari saat ini.

“Usaha sol sepatu selama pandemi ini sangat sulit karena warga enggan kontak dengan kami. Hal tersebut mengakibatkan pendapatan kami anjlok hingga 60 %. Karena itukami berterima kasih kepada Pak Gubernur Al Haris. Bantuan ini juga memberikan semangat bagi kami untuk tetap sabar menghadapi situasi sulit saat ini,”ujarnya.

Ketua Tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Jambi yang juga isteri Gubernur Jambi Al Haris, Hj Hesnidar membagikan bantuan kebutuhan pokok ke Panti Asuhan Baiturahman di Kelurahan Rajawali, Jambi Timur, Kota Jambi, Minggu (25/7/2021). (Foto : Matra/KominfoJambi)

Panti Asuhan

Sementara itu, isteri Gubernur Jambi, Hj Hesnidar selaku Ketua Tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Jambi juga memberikan bantuan paket kebutuhan pokok kepada panti asuhan (PA) Baiturahman dan warga di RT 11 Kelurahan Rajawali, Kecamatan Jambi Timur, sekitar rumah dinas Gubernur Jambi, Minggu (25/7/2021).

Bantuan berisi beras 10 Kg, gula pasir, tepung, minyak goreng masing-masingsatu kilogram dan puluhan bungkus mi instan diantarkan langsungoleh Hj Hesnidar bersama pengurus Tim PKK Provinsi Jambi ke rumah warga dan panti asuhan.

“Saya merasa sangat tersentuh menyaksikan secara langsung kehidupan masyarakat yang tidak hanya karena terdampak pandemi tetapi memang karena sebagian sudah tidak bisa bekerja karena usia tua, tidak memiiki keluarga apalagi penghasilan. Mudah-mudahan bantuan paket kebutuhan pokok yang kami berikan bisa meringankan beban dan menambah semangat mereka,”ujar Hj Hesnidar. (Matra/AdeSM)




 

 

Share this article :

Posting Komentar

Mengucapkan

Mengucapkan
Dari: Hj Dra Elviana MSi

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Mengucapkan

Mengucapkan
Hj Dra Elviana MSi dan Keluarga

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya