. Laporan Khusus TMMD ke-111 di Merangin : Jalan ke Desa Terisolir dan Rumah Layak Huni Berhasil Dibangun | MediaLintasSumatera
Home » , , , » Laporan Khusus TMMD ke-111 di Merangin : Jalan ke Desa Terisolir dan Rumah Layak Huni Berhasil Dibangun

Laporan Khusus TMMD ke-111 di Merangin : Jalan ke Desa Terisolir dan Rumah Layak Huni Berhasil Dibangun

Written By MediaLintasSumatera on Rabu, 14 Juli 2021 | 21.35

Danrem 042/Gapu Jambi, Brigjen TNI M Zulkifli, SIP (kiri) dan Wakil Gubernur Jambi, Drs H Abdullah Sani, MPdI (kanan) meninjau hasil-hasil pembangunan desa pada penutupan TNI Manunggal membangun Desa (TMMD) ke-111 di Desa Bukit Beringin, Kecamatan Bangko Barat Kabupaten Merangin, Jambi, Rabu (14/7/2021). (Foto : Matra/Penrem042/GapuJambi)

(Matra, Jambi) – Program Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD) hingga kini masih tetap diandalkan membangun desa-desa terisolir di tengah minimnya anggaran pembangunan daerah. Melalui pengabdian para prajurit TNI, program TMMD cukup mampu membuka akses ke desa-desa terisolir melalui pembangunan jalan desa. Selain itu TMMD juga kini banyak membantu warga masyarakat desa memiliki rumah layak huni melalui bedah rumah.

Peran itulah yang dilakukan jajaran TNI pada pelaksanaan TMMD ke-111 di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi selama satu bulan terakhir. Melalui TMMD ke-111 yang dilaksanakan di Desa Bukit Beringin, Kecamatan Bangko Barat Kabupaten Merangin, beberapa kilometer jalan ke desa tersebut berhasil dibangun.

Pembangunan jalan tersebut membuat akses ke desa terisolir itu kini semakin lancar. Kemudian anggota TNI yang diterjunkan pada TMMD di desa tersebut juga berhasil membangun rumah tak layak huni menjadi layak huni melalui bedah rumah.

Danrem 042/Gapu Jambi, Brigjen TNI M Zulkifli, SIP pada penutupan TMMD ke-111 di Desa Bukit Beringin, Kecamatan Bangko Barat Kabupaten Merangin, Jambi, Rabu (14/7/2021) menjelaskan, TMMD ke-111 yang dilaksanakan di desa tersebut selama 30 hari sejak 15 Juni 2021 memiliki peran penting meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah.

Peran TMMD tersebut  terutama membangun infrastruktur dan membuka daerah yang terisolir, meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan memantapkan kehidupan berbangsa maupun bernegara demi kepentingan pertahanan serta terpeliharanya kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Program TMMD merupakan Operasi Bakti TNI dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat, dilaksanakan lintas sektoral dengan melibatkan pemerintah daerah, Polri dan masyarakat setempat. Seluruh komponen masyarakat bersama jajaran TNI/Polri bergotong – royong membangun infrastruktur desa dan perumahan warga yang belum layak huni,”ujarnya.

Dijelaskan, TMMD ke-111 tersebut dilaksanakan di lima wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), yakni Kabupaten Bengkulu Tengah, Lampung Utara, Way Kanan (Lampung), Merangin (Jambi) dan Musi Bayuasin (SumateraSelatan). TMMD di lima wilayah di Sumbagsel tersebut terlaksana dengan baik berkat partisipasi segenap komponen masyarakat.

Danrem 042/Gapu Jambi, Brigjen TNI M Zulkifli, SIP (dua dari kanan) dan Wakil Gubernur Jambi, Drs H Abdullah Sani, MPdI (tiga dari kanan) disambut warga desa pada penutupan TNI Manunggal membangun Desa (TMMD) ke-111 di Desa Bukit Beringin, Kecamatan Bangko Barat Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, Rabu (14/7/2021). (Foto : Matra/KominfoJambi)

Bedah Rumah

Dikatakan, pada pelaskanaan TMMD ke-111 di Desa Bukit Beringin, Merangin, dilakukan juga bedah rumah untuk memperbaiki rumah warga yang tidak layak huni menjadi rumah layak huni. Salah satu rumah layak huni yang dibangun pada TMMD di Desa Bukit Beringin milik Herman (48) warga Dusun Empat RT 19, Desa Bukitberingin, Kecamatan Bangko Barat, Kabupaten Merangin.

Seusai penutupan TMMD ke-111 tersebut, Danrem 042/Gapu Jambi, Brigjen TNI M Zulkifli, SIP bersama Wakil Gubernur Jambi, Drs H Abdullah Sani, MPdi, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Merangin, H Mashuri, SPd, MM dan Dandim 0420/Sarko, Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis, SAP,MHan meninjau rumah Herman hasil bedah rumah TMMD.

Brigjen TNI M Zulkifli menilai, pembangunan rumah layak huni di Desa Bukit Beringin sangat membantu warga desa bisa hidup lebih layak. Kemudian pembangunan rumah layak huni tersebut juga membuat warga bisa memiliki rumah yang sehat dan asri.

Walaupun sederhana, lanjut M Zulkifli, rumah layak huni yang dibangun TMMD melalui bedah rumah sudah tampak lebih sehat dan asri. Warga perlu memelihara rumah mereka yang baru dibangun tersebut.

“Saya berharap, pembangunan rumah layak huni ini dapat meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat desa. Program bedah rumah ini merupakan wujud kepedulian pemerintah bersama TNI terhadap warga yang kurang mampu,”katanya.

Sementara itu, Herman sangat terharu kini memiliki rumah layak huni yang dibangun prajurit TNI. Rumah layak huni yang dimilikinya saat ini memberikan manfaat kepada warga tidak mampu seperti dirinya.

“Saya ucapkan terima kasih terutama pada para anggota dan pimpinan TNI yang terus membantu dan peduli terhadap nasib masyarakat kurang mampu. TNI juga tetap bersatu – padu, bergotong - royong membangun desa bersama warga masyarakat,”katanya.

Wakil Gubernur Jambi, Drs H Abdullah Sani, MPdI (kiri) memberikan bantuan buku-buku dan Alquran kepada warga Desa Bukit Beringin pada penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 di Desa Bukit Beringin, Kecamatan Bangko Barat Kabupaten Merangin, Jambi, Rabu (14/7/2021). (Foto : Matra/KominfoJambi)

Bangun Desa Terpencil

Sementara itu, Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani pada kesempatan tersebut mengatakan, TMMD merupakan wujud sinergitas pemerintah daerah dengan TNI membangun desa. Keterlibatan TNI dalam pembangunan desa melalui TMMD merupakan salah satu kontribusi para pemangku kepentingan.

Pembangunan, katanya, tidak hanya dilaksanakan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah, tetapi juga oleh semua pihak terkait. Dan TNI juga memiliki kontribusi besar dalam pembangunan, di antaranya melalui Program TMMD. TMMD sangat bermanfaat untuk percepatan dan upaya pemerataan pembangunan, terutama di desa terpencil.

"TMMD juga sangat berperan untuk percepatan pembangunan desa. Karena itu kerja sama yang baik antara TNI dengan pemerintah daerah harus kita rawat, kita pertahankan, bahkan kita tingkatkan,”ujarnya.

Abdullah Sani berharap setelah dilaksakannya TMMD di Desa Bukit Beringin, pembanunan di desa tersebut bisa lebih dipercepat. Pembangunan desa tersebut tentunya akan turut mendorong kemajuan pembangunan Kabupaten Merangin dan Provinsi Jambi.

Menurut Abdullah Sani, hasil pembangunan Desa Bukit Beringin yang dilaksanakan selama TMMD bisa membawa manfaat besar bagi masyarakat desa tersebut. Melalui pembangunan  desa yang semakin baik, warga desa bisa lebih mudah menjual hasil-hasil pertanian mereka ke pasar.

”Saya mengimbau warga masyarakat Desa Bukit Beringin bisa memelihara hasil pembangunan yang dicapai selama TMMD untuk bisa menunjang aktivitas, perekonomian dan kemajuan desa. Kepada para prajurit TNI yang telah melaksanaan pekerjaan dalam TMMD, kami menyampaikan selamat melanjutkan tugas dan pengabdian,”ujarnya. (Matra/AdeSM)



Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya