. Lima Putra Terbaik Jambi Ikuti Ekspedisi Pelayaran Budaya Nusantara | MediaLintasSumatera
Home » , , , » Lima Putra Terbaik Jambi Ikuti Ekspedisi Pelayaran Budaya Nusantara

Lima Putra Terbaik Jambi Ikuti Ekspedisi Pelayaran Budaya Nusantara

Written By MediaLintasSumatera on Sabtu, 03 Juli 2021 | 19.00

Penjabat (Pj) Gubernur Jambi,  Dr Hari Nur Cahya Murni, MSi (kanan) menyaksikan pemasangan selempang peserta Muhibah Budaya Jalur Rempah Nusantara 2021 perwakilan Jambi di rumah dinas Gubernur Jambi, Kota Jambi, Sabtu (3/7/2021). (Foto : Matra/KominfoJambi).

(Matra, Jambi) Provinsi Jambi mengutus lima orang putra/putri terbaik Jambi mengikuti Muhibah Budaya Jalur Rempah Nusantara 2021 untuk mengarungi Samudera Indonesia mulai dari Provinsi Nanggroe Aceh Daruissalam (NAD) hingga Maluku Agustus - Oktober mendatang. Kelima perwakilan Jambi tersebut akan bergabung dengan ratusan putra/putri terbaik berbagai daerah Indonesia pada ekspedisi pelayaran nasional bernuansa budaya dan pariwisata tersebut. 

Penjabat (Pj) Gubernur Jambi,  Dr Hari Nur Cahya Murni, MSi ketika menerima kelima perwakilan Jambi untuk Muhibah Budaya Jalur Rempah Nusantara 2021 tersebut di rumah dinas Gubernur Jambi, Kota Jambi, Sabtu (3/7/2021) menjelaskan, kelima putra/putri Jambi yang terpilih mengikuti kegiatan budaya tersebut akan menjadi duta Provinsi Jambi dalam ekspedisi pelayaran budaya nasional itu.

“Muhibah Budaya Jalur  Rempah Nusantara 2021 ini merupakan sebuah platform (program penting) untuk mengembangkan dan memperkuat ketahanan budaya serta diplomasi budaya di dalam dan luar negeri. Muhibah tersebut juga menjadi momentum promosi dan pemanfaatan Cagar Budaya (CB) dan Warisan Budaya Takbenda (WBTb) untuk memajukan pariwisata Indonesia,”katanya.

Dijelaskan, Muhibah Budaya Jalur Rempah Nusantara 2021 merupakan kegiatan budaya nasional yang digagas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nasional. Muhibah budaya tersebut merupakan rekonstruksi atau membangun kembali jalur rempah nusantara.

Hal itu bisa dicapai  melalui pemahaman dan penanaman nilai-nilai budaya, kebaharian dan kesejarahan jalur rempah nusantara yang membentang dari ujung Barat hingga ujung Timur nusantara, yakni dari NAD hingga Maluku bagi generasi milenial Indonesia.

“Muhibah Budaya Jalur Rempah Nusatara ini sendiri menjadi sebuah napak tilas dan ekspedisi pelayaran ke titik-titik sejarah jalur rempah yang ada di kepulauan Nusantara menggunakan kapal TNI AL Dewa Ruci. Muhibah tersebut berlangsung mulai Agustus - Oktober 2021,”paparnya.

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jambi, Dr Sri Purnama Syam, SSt, MSn, pada kesempatan tersebut mengatakan, lima orang putra/putri Jambi yang akan mengikuti muhibah budaya nusantara tersebut sudah dibekali pengetahuan mengenai seni – budaya Jambi.

“Mereka akan menampilkan seni budaya Jambi dalam muhibah tersebut ketika singgah di setiap daerah yang dikunjungi. Para duta budaya Jambi tersebut juga akan mempromosikan budaya, pariwisata dan daerah Jambi di setiap daerah yang dikunjungi,”katanya. (Matra/AdeSM)



Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya