. Pembagian Daging Kurban di Kota Jambi Terapkan Protokol Kesehatan | MediaLintasSumatera
Home » , , , » Pembagian Daging Kurban di Kota Jambi Terapkan Protokol Kesehatan

Pembagian Daging Kurban di Kota Jambi Terapkan Protokol Kesehatan

Written By MediaLintasSumatera on Selasa, 20 Juli 2021 | 16.39

Pembagian daging kurban berlangsung dengan tertib dan mematuhi protokol kesehatan di Masjid Nurul Huda, Jalan Kolonel M Kukuh, Paal V, Kotabaru, Kota Jambi, Selasa (20/7/2021). (Foto : Matra/Radesman Saragih)

(Matra, Jambi) – Pemotongan dan pembagian daging kurban di Kota Jambi benar-benar menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Pada saat pembagian daging kurban di halaman masjid, warga mengambil daging kurban secara bergiliran, sehingga tidak terjadi kerumunan. 

Pantauan medialintassumatera.com (Matra) di lokasi pembagian daging kurban, Masjid Nurul Huda, Jalan Kolonel M Kukuh, Paal V, Kotabaru, Kota Jambi, Selasa (20/7/2021) siang, warga yang mengambil daging kurban di lokasi-lokasi pembagian daging kurban di halaman masjid tidak ada yang berkerumun. 

Warga yang mengambil daging kurban secara bergiliran dan tertib sesuai jadwal yang ditetapkan panitia.  Kemudian warga yang mengambil daging kurban juga memakai masker dan menjaga jarak. Selain itu para pengurus masjid dan panitia pembagian daging kurban juga rata-rata memakai masker.  

Ketatnya pelaksanaan prokes pada pembagian daging kurban di Kota Jambi juga diterapkan di Masjid An Nawawi, Jalan Kolnel M Kukuh, Paal, Kota Jambi dan Masjid Silaturahim Jalan Pangeran Hidayat, Paal V, Kota Jambi. Warga yang mengambil jatah daging sapi kurban di kedua masjid tersebut wajib memakai masker. Warga juga tidak ada ada yang berkerumun berdesak-desakan karena mereka mengambil daging sapi kurban sesuai dengan jadwal yang ditetapkan pengurus masjid.

Hewan kurban yang dipotong di Masjid An Nawawi terdiri dari delapan ekor sapi dan dua ekor kambing dengan jumlah warga penerima 600 KK. Sedangkan hewan kurban yang dipotong di Masjid Silaturahmi sebnayak enam ekor sapid an lima ekor kambing dengan jumlah warga sekitar 300 KK. 

Pengurus Masjid dan Panitia Hari Raya Kurban atau Idul Adha 1442  Hijriyah Masjid Nurul Huda, Jalan Kolonel M Kukuh, Paal V, Kotabaru, Kota Jambi bergotong – royong membagi daging kurban, Selasa (20/7/2021). (Foto : Matra/Radesman Saragih)

Ketua Pengurus Masjid Nurul Huda, Jalan Kolonel M Kukuh, Sucipto, SE kepada medialintassumatera.com pada saat pembagian daging kurban mengatakan, pihaknya menetapkan jadwal pembagian daging kurban. Pembagian daging kurban dilakukan mulai pukul 14.00 WIB. Pembagian jadwal pengambilan daging kurban tersebut ditetapkan berdasarkan warna kartu atau kupon pengambilan daging kurban yang telah dibagikan kepada warga.

“Sebagian warga bahkan mengambil daging kurban untuk beberapa tetangga mereka. Hal itu dilakukan mencegah kerumunan di tempat pembagian daging kurban. Cara pembagian daging kurban yang kami lakukan cukup berhasil mencegah terjadinya kerumunan saat pembagian daging kurban mulai siang hingga sore hari,”katanya.

Dijelaskan, jumlah keluarga yang mendapatkan daging kurban di lingkungan Masjid Nurul Huda, Paal V, Kota Jambi sekitar 281 kepala keluarga (KK). Penerima daging kurban tersebut terdiri dari para donatur sebanyak 39 KK, panitia 45 KK dan warga masyarakat 197 KK.

Sedangkan  hewan kurban yang dipotong pada hari raya Idul Adha 1442 Hijriyah di Masjid Nurul Huda, yakni sapi lima ekor dan kambing lima ekor. Sapi dan kambing kurban tersebut sumbangan dari para donatur.  Jatah daging kurban untuk setiap keluarga antara 1 – 2 Kg/KK.

Sementara itu, Sumarniatun (35), warga Jalan Kolonel M Kukuh, Paal V, Kotabaru, Kota Jambi mengatakan sangat senang mendapat daging kurban di hari raya Idul Adha ini. Daging kurban yang diterimanya 1,5 Kg cukup membantu keluarganya bisa menikmati hari raya di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19 saat ini.

“Ya, sangat senanglah dapat bantuan daging sapi kurban sebanyak 1,5 Kg ini. Berkat bantuan daging sapi kurban ini, sedikitnya kami bisa merayakan Idul Adha walaupun secara sederhana dalam keluarga di saat pandemi Covid-19 ini. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada para dermawan atau donatur dan pengurus masjid atas bantuan daging kurban ini,”katanya. (Matra/AdeSM)

 

Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya