. Penyaluran Beras Sosial di Jambi Jangan Sampai Melenceng, Penerima Bantuan Capai 153.990 Keluarga | MediaLintasSumatera
Home » , , , , » Penyaluran Beras Sosial di Jambi Jangan Sampai Melenceng, Penerima Bantuan Capai 153.990 Keluarga

Penyaluran Beras Sosial di Jambi Jangan Sampai Melenceng, Penerima Bantuan Capai 153.990 Keluarga

Written By MediaLintasSumatera on Rabu, 21 Juli 2021 | 18.07

Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH meninjau ketersediaan beras bantuan sosial di gudang Bulog Jambi di Kota Jambi, Rabu (21/7/2021).  (Foto : Matra/KominfoJambi)

(Matra, Jambi) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi berupaya mempercepat penyaluran beras bantuan sosial untuk warga masyarakat terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro saat ini. Penyaluran bantuan beras tersebut diharapkan jangan sampai melenceng atau salah sasaran dan terlambat mencegah terjadinya krisis pangan di kalangan masyarakat  kurang mampu di daerah itu. 

“Pemprov Jambi dan Bulog Jambi kini mempersiapkan penyaluran beras bantuan  sosial untuk membantu warga masyarakat yang terdampak PPKM mikro di Jambi. Bantuan beras ini akan disalurkan tepat sasaran dan dalam waktu yang cepat sesuai instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini penting mengatasi masalah ekonomi rakyat di masa PPKM ini,”kata Gubernur Jambi, Dr H Al Haris, SSos, MH ketika meninjau gudang Bulog Divisi Regional(Divre) Jambi di Kota Jambi, abu (21/7/2021).  

Turut hadir pada peninjauan beras bantuan sosial di gudang Bulog Divre Jambi tersebut, Kepala Bulog Divre Jambi,  H Defrizal, Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Jambi, Arif Munandar dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Pinto Jayanegara.  

Menurut Al Haris,  beras bantuan sosialyang disiapkan Bulog Divre Jambi sangat bagus, yaitu beras medium dan sangat layak untuk dikonsumsi masyarakat. Beras bantuan tersebut memang diberikan oleh Presiden Jokowi untuk Provinsi Jambi dan akan disalurkan sampai ke kabupaten/kota yang datanya sudah  ada di dinas sosial. 

“Bantuan beras ini disalurkan dalam rangka menghadapi kondisi negara yang sedang menghadapi kondisi PPKM Darurat,”katanya.

Sementara itu, Kepala Divre Bulog Provinsi Jambi pada kesempatan tersebut mengatakan,  total beras bantuan sosial yang disiapkan untukwarga terdampak PPKM mikro di Provinsi Jambi mencapai 154 ton. Jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) beras bantuan sosial di daerah itu sekitar 153.990 kepala keluarga (KK).

KPM tersebut berasal dari penerima keluarga harapan (PKH) sekitar 94.531 KK dan penerima program bantuan sosial tunai (BST( sekitar 59.459 KK. Masing-masing KPM menerima bantuan beras 10 kilogram (kg).  Beras langsung diantarkan ke rumah KPM. 

Sementara itu data yang dihimpin medialintassumatera.com di Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi (BPKP) Provinsi Jambi selaku pengawas penyaluran beras bantuan sosial, jumlah keluarga miskin berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Provinsi Jambi saat ini mencapai 401.561 KK. 

Keluarga penerima bantuan PKH sekitar 273.131 KK dan keluarga penerima Bantuan LangsungTunai (BLT) Dana Desa (DD) sekitar 130.430 KK. Sedangkan penerima bantuan sosial di Provinsi Jambi mencapai 653.000 KK. (Matra/AdeSM)



Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya