. Simalungun Berduka, Tokoh Budaya Jordi Purba Tutup Usia | MediaLintasSumatera
Home » , , , , » Simalungun Berduka, Tokoh Budaya Jordi Purba Tutup Usia

Simalungun Berduka, Tokoh Budaya Jordi Purba Tutup Usia

Written By MediaLintasSumatera on Kamis, 22 Juli 2021 | 09.30


(Matra, Medan)-
Masyarakat Simalungun kehilangan seorang tokoh Budayawan Simalungun, Jordiman Purba Sigumonrong SE. Putra Simalungun pegiat Seni Budaya kelahiran Sondiraya 30 Maret 1961 ini tutup usia di Rumah Sakit Murni Teguh Kota Medan, Kamis (22/7/2021) sekira Pukul 06.00 WIB akibat terpapar Covid-19. Sebelumnya Jordiman Purba telah menjalani perawatan selama tiga pekan di RS Vita Insani Kota Pematangsiantar selama tiga pekan.

Sementara prosesi pemakaman dilakukan secara prokes oleh Medis RS Murni Teguh di Pemakaman keluarga di Sondiraya, Kecamatan Pamatangraya, Kabupaten Simalungun, Kamis (22/7/2021) sore.

“Kabar duka yang paling dalam buat Simalungun yang telah kehilangan seorang tokoh yang sangat peduli dengan budaya, Pak Jordi Purba Sigumonrong. Selamat jalan Ketua Kami,” tulis Sully Sinaga di Group WA “MarSimalungun” Kamis pagi (22/7/2021).

“Udah dari 3 minggu yang lalu kela positif covid bang, sempat dirawat di RS Vita Insani Pematangsiantar, baru dirujuk ke RS Murni Teguh, Medan. Kami udah di Raya, seharusnya hari ini Kamis kami audiensi sama ketua dpr, tapi dengar kabar kayak gini, kami langsung nunggu di Sondiraya aja lah ya kela. Hancur kali rasanya kela. Padahal kemarin masih sehatnya kela itu, masih semangat nya kela itu untuk kegiatan ini. Kela Jordiman akan dimakamkan di Sondi Raya. Ini sedang dalam pengurusan perjalanan dari Rumah Sakit Murni Teguh Medan ke Sondi Raya,” tulis seorang anggota group WA “MarSimalungun”.

“Rest In Peace. Dihut marpusok ni uhur (turut berdukacita). Telah berpulang ke rumah Bapa . Jordi Purba, Kamis 22 Juli 2021 di RS Murni Teguh Medan. Ketua PB7KS,” tulis Anita Martha Hutagalung dilaman Facebook, Kamis (22/7/2021).

Jordi Purba adalah seorang Tokoh Pemerhati Budaya Simalungun. Tahun 2018 lalu, Jordi Purba membawa Tujuh kerajaan Simalungun berpartisipasi dalam ajang Festival Keraton Nusantara XII di Batu Sangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, 27-30 November 2018.

Kegiatan ini merupakan ajang tahunan yang melibatkan 70 kerajaan se nusantara untuk menampilkan berbagai keragaman adat budaya kerajaan. Berbagai kegiatan dirangkai dalam berbagai sajian menarik sehingga menjadi promosi budaya, seperti seminar budaya, kirab prajurit dan pawai budaya, pameran benda pusaka, pertunjukan tari kerajaan, perjalanan wisata hingga mengunjungi pusat kerajinan.

Kerajaan Simalungun ikut ajang serupa tiga kali berturut yakni FKN XI Cirebon 2017, Festival Keraton dan Masyarakat Adat Asean Sumenep, Madura 2018, hingga FKN XII Batusangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat bersamaan dengan event Pesona Minangkabau 28-2 Desember 2018.

Ke-7 Raja Simalungun  yang mengikuti FKN XII tersebut, yakni Raja Raya, Tuan Artalim Saragih Garingging, Raja Siantar Tuan Difi Sangnuan Damanik, SE, Raja Panei Tuan Jaulan Purba Dasuha , Raja  Dolog Silou Tuan Tanjargaim Purba Tambak, Raja Silimahuta Tuan SN Girsang, Raja Tanah Jawa Tuan Kasli Sinaga, Raja Purba Tuan Aminsyah Purba Pakpak.

Jordi Purba sebagai Ketua Panitia Promosi Budaya tujuh Kerajaan Simalungun (PB7KS) sangat peduli dengan Sejarah Raja Simalungun. Bahkan dirinya bersama tim PB7KS berupaya agar Kerajaan Simalungun resmi menjadi anggota FKN, hingga kemudian mendapat kesempatan menjadi tuan rumah festival Keraton Nusantara.

Jordi Purba juga diketahui sebagai Pimpinan PT. Sitapongan Lestari yang berada di Desa Payung Sekaki Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu. Jordi Purba juga pernah menjadi Caleg DPR RI Dapil 3 Sumut dari Partai NasDem pada Pileg 2019 lalu.

Jordi Purba juga aktif sebagai penggiat sosial media yang kerap mengkritik pembangunan di Kabupaten Simalungun. Selamat jalan Pak Jordi Purba, Kami Turut Berdukacita. (Matra/Asenk Lee Saragih)


Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya