. Peringatan HUT ke-76 RI : Jika Prokes Ketat, Jambi Optimistis Bisa Bebas dari Pandemi Covid-19 | MediaLintasSumatera
Home » » Peringatan HUT ke-76 RI : Jika Prokes Ketat, Jambi Optimistis Bisa Bebas dari Pandemi Covid-19

Peringatan HUT ke-76 RI : Jika Prokes Ketat, Jambi Optimistis Bisa Bebas dari Pandemi Covid-19

Written By MediaLintasSumatera on Selasa, 17 Agustus 2021 | 19.17

Gubernur Jambi, Al Haris menyerahkan bendera sang saka merah putih kepada anggota pasukan Paskibraka Provinsi Jambi untuk dikibarkan pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia di lapangan kantor Gubernur Jambi, Kota Jambi, Selasa (17/8/2021) pagi. (Foto : Matra/KominfoJambi)
 
(Matra, Jambi) – Gubernur Jambi, Al Haris mengatakan, dirinya optimistis seluruh daerah di Indonesia, termasuk di Provinsi Jambi bisa bebas dari hantaman pandemi Covid-19 jika seluruh elemen masyarakat benar-benar konsisten dan disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam melaksanakan seluruh aktivitas sehari-hari. 

Prokes yang harus tetap dipatuhi seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali agar rantai penularan Covid-19 dapat diputus, yakni 5M, memakai masker, mengurangi mobilitas, menghindari kerumunan, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir. Selain itu warga masyarakat juga harus mengikuti vaksinasi dan seluruh aturan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

“HUT ke-76 RI kali ini diliputi suasana keharuan dan keprihatinan di tengah tengah pandemi Covid-19. Namun kita tetap optimis bisa melalui semua ini dengan sebuah keyakinan dan upaya penegakan disiplin prokes bersama-sama. Persatuan dan kesatuan akan mampu membuat kita bertahan dan keluar sebagai pemenang. Mari kita optimis menatap masa depan Indonesia,”kata Al Haris ketika memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 RI di di lapangan kantor Gubenur Jambi, Selasa (17/8/2021) pagi.

Upacara HUT ke-76 RI yang dihadiri seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi dan sejumlah veteran tersebut menerapkan prokes secara ketat. Upacara HUT ke-76 RI di lapangan kantor Gubernur Jambi yang dilakasnakan lebih awal, pukul 07.00 WIB tersebut berlangsung sederhana, singkat namun tetap khidmat.

Rangkaian upacara mulai dari pengibaran sang saka merah putih yang dilakukan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) hingga pemberian penghargaan kepada veteran dan para tenaga kesehatan di akhir upacara berlangsung tertib. Setelah upacara, Gubernur Jambi, Al Haris, unsur Forkopimda Jambi dan para veteran mengikuti upacara peringatan HUT ke-76 RI nasional di Istana Merdeka Jakarta yang dilaksanakan secara virtual.  

Gubernur Jambi, Al Haris (dua dari kiri) didampingi Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto (kiri) menyerahkan penghargaan kepada veteran pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia di lapangan kantor Gubernur Jambi, Kota Jambi, Selasa (17/8/2021) pagi. (Foto : Matra/KominfoJambi)

Semangat Membangun

Sementara itu, upacara penurunan bendera sang saka merah putih di lapangan Gubernur Jambi, Selasa (17/8/2021) sore juga berlangsung tertib dan khidmat. Upacara penurunan sang saka merah putih tersebut dipimpin Wakil Gubernur Jambi, H Abdullah Sani.

Abdullah Sani pada kesempatan tersebut mengatakan, peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI bukan hanya acara seremonial saja. Peringatan HUT Kemerdekaan RI harus dimaknai lebih dalam, yakni untuk merenungkan kembali arti perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan. Peringatan HUT Kemerdekaan RI ini juga hendaknya bisa dimanfaatkan menggelorakan semangat pembangunan di tengah hantaman pandemi Covid-19.

"Peringatan HUT ke-76 RI menjadi momentum menanamkan semangat patriotisme para pejuang terdahulu kepada masyarakat Indonesia. Semangat tersebut penting untuk mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di berbagai sektor. Kemudian seluruh masyaraklat Indonesia juga harus tetap konsisten dan punya komitmen mempertahankan Undang-Undang 1945, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI,”ujarnya.

Seusai upacara tersebut, H Abdullah Sani,bersama Forkopimda Provinsi Jambi mengikuti Penurunan  Bendera Pusaka Merah Putih bersama Presiden Joko Widodo di Istana Negara secara virtual. Turut hadir pada kesempatan tersebut, Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo, Wakapolda Jambi Brigjen Pol Yudawan Roswinarso, Danrem 042/Gapu Jambi Brigjen TNI M Zulkifli dan Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Jambi, H Sudirman,SH,MH. (Matra/AdeSM)

 
Share this article :

Posting Komentar

Mengucapkan

Mengucapkan
Dari: Hj Dra Elviana MSi

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Mengucapkan

Mengucapkan
Hj Dra Elviana MSi dan Keluarga

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya