. Atlet Dayung Jambi Ukir Prestasi di PON XX Papua, Sudah Raih Tiga Medali | MediaLintasSumatera
Home » , , , » Atlet Dayung Jambi Ukir Prestasi di PON XX Papua, Sudah Raih Tiga Medali

Atlet Dayung Jambi Ukir Prestasi di PON XX Papua, Sudah Raih Tiga Medali

Written By MediaLintasSumatera on Rabu, 29 September 2021 | 21.30

Ucapan selamat Gubernur Jambi, H Al Haris atas prestasi atlet dayung Jambi meraih satu medali perak dan dua perunggu di PON XX Papua, Selasa (18/9/2021). (Foto : Matra/KominfoJambi)

(Matra, Jambi) – Gubernur Jambi, H Al Haris mengapresiasi prestasi yang diukir para atlet dayung Provinsi Jambi pada Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX  di Provinsi Papua. Lima atlet dayung andalan Jambi sudah berhasil menyumbangkan tiga medali pada ajang PON XX Papua tersebut, satu medali perak dan dua medali perunggu. Melalui persembahan tiga medali tersebut Provinsi Jambi hingga Rabu (29/9/2021) untuk sementara berhasil menduduki peringkat sembilan perolehan medali PON XX Papua.

“Kami mengapresiasi keberhasilan yang diraih atlet-atlet dayung andalan Jambi pada PON XX Papua. Melalui perjuangan keras dan tekad baja, mereka sudah berhasil menyumbangkan tiga medali untuk Jambi. Sati medali perak dan dua medali perunggu. Posisi Jambi pun sudah berada di 10 besar perolehan medali PON XX Papua,”kata Al Haris di Jambi, Rabu (29/9/2021). Target Jambi di PON XX Papua peringkat 13. 

Menurut Al Haris, lima atlet dayung Provinsi Jambi  yang berhasil meraih medali di babak final lomba dayung PON XX Papua, Selasa (28/9/2021), yakni Joko Andriyanto, M Romi Padli dan Subhi, Devita Safitri dan Riska Andriyani. Joko Andriyanto yang bertanding di nomor Canoeing Kayak Single Putra 1.000 meter (m).  Kemudian M Romi Padli dan Subhi meraih medali perunggu di nomor lomba Kayak Double Putra 1.000 m dan Devita Safitri dan Riska Andriyani meraoh medali perunggu di nomor Cano Double Putri 500 m. 

Al Haris mengharapkan atlet-atlet Jambi yang bertanding di berbagai cabang olah raga pada PON XX Papua tetap berjuang keras agar bisa meraih medali dan mempertahankan posisi Jambi pada peringkat 10 besar. Namun para atlet Jambi yang berlaga di PON XX Papua juga tetah diharapkan menjunjung tinggi sportifitas demi nama baik Jambi serta mematuhi protokol kesehatan.

Dijelaskan, kontingen Jambi yang berlaga di PON XX Papua diperkuat 101 orang atlet dari 21 cabang olah raga. Cabang olah raga yang diikuti para atlet Jambi di PON XX Papua, yakni angkat besi, atletik, billiar, bulutangkis, dayung, gulat, judo, karate, menembak, muaythai, panahan, panjat tebing, pencak silat, aquatik, senam, sepak takraw, sepatu roda, taekwondo, tarung derajat, tinju dan wushu. Cabang olah raga andalan Jambi meraih medali pada PON tersebut, antara lain, dayung dan angkat besi.

Salah satu atlet andalan Jambi untuk mendulang emas pada PON XX Papua, yakni atlet dayung nasional Mutiara Rahma Putri, yang baru memperkuat Indonesia pada Olimpiade Tokyo, 23 Juli – 8 Agustus lalu. Mutiara Rahma Putri akan turun pada nomor Women’s Lightweight Double (ganda putri) Women Lightweight Single (tunggal putri) dengan target medali emas.

Pertandingan dayung PON XX Papua di venue (arena) dayung yang dilaksanakan di Teluk Youtefa, Jayapura, Provinsi Papua, Senin (27/9/2021). (Foto : Matra/HumasPONPapua)

Al Haris mengatakan, pihaknya menyiapkan bonus bagi para atlet peraih medali pada PON XX Papua. Atlet peraih medali emas mendapatkan bonus Rp 300 juta/orang, medali perak Rp 150 juta/orang dan medali perunggu Rp 75 juta/orang. Sedangkan para pelatih atlet berprestasi Jambi disiapkan bonus Rp 250 juta/orang.

Prestasi PON

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi, Ronaldi mengatakan, Provinsi Jambi pernaih meraih prestasi puncak pada PON XV 2020 di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur dengan mernempati peringkat enam nasional. Saat itu Jambi mengoleksi 19 medali emas, sembilan medali perak dan 13 medail perunggu.

Prestasi tersebut meningkat lagi pada PON XVI di Palembang, Sumatera Selatan. Sat itu Jambi meraih peringkat enam dengan perolehan 27 medali emas, 12 medali perak dan 12 medali perunggu. Sedangkan pada PON XVIII 2012 di Riau, prestasi Jambi melorot ke peringkat 24.

Ketika itu para atlet Jambi hanya bisa mempersembahkan  tiga medali emas, delapan perak dan 20 perunggu. Selanjutnya pada PON XIX 2016 di Jawa Barat, Jambi hanya nai satu tingkat ke peringkat 23 dengan perolehan enam medali emas, enam perak dan 21 perunggu.

Nihil Medali

Sementara itu, dari 10 provinsi di Sumatera yang mengikuti PON XX di Papua, baru empat provinsi yang meraih medali, yakni Provinsi Sumatera Utara, Riau, Jambi dan Sumatera Selatan. Provinsi Riau yang berada di peringkat ketujuh perolehan medali PON XX Papua sudah meraih satu medali emas.

Kemudian Sumatera Utara di peringkat kedelapan meraih dua medali perak, Provinsi Jambi di peringkat sembilan meraih satu medali perak dan dua medali perunggu dan Provinsi Sumatera Selatan di peringkat 15 baru meraih satu medali perunggu. Sedangkan enam provinsi lainnya, Lampung, Bangka Belitung, Bengkulu, Kepulauan Riau dan Aceh masih nihil medali.

Para atlet dari Sumatera yang berlaga di PON XX Papua masih memiliki banyakpeluang meraih medali karena PON masih berlangsung hingga 15 Oktober mendatang. Kendati berbagai  cabang olah raga sudah dipertandingkan pekan ini, PON XX Papua baru dibuka secara resmi oleh Presiden RI, Joko Widodo, Sabtu (2/9/2021). (Matra/AdeSM)


Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya