. Jambi Intensifkan Promosi Wisata Digital, Pikat Wisatawan Mancanegara | MediaLintasSumatera
Home » , , , , » Jambi Intensifkan Promosi Wisata Digital, Pikat Wisatawan Mancanegara

Jambi Intensifkan Promosi Wisata Digital, Pikat Wisatawan Mancanegara

Written By MediaLintasSumatera on Rabu, 29 September 2021 | 17.05

Gubernur Jambi, H Al Haris mengikuti seminar wisata secara online (webinar) yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) di Jakarta, Rabu (29/9/2021). (Foto : Matra/KominfoJambi) 

(Matra, Jambi) – Provinsi Jambi mengintensifkan promosi wisata secara digital(online) sebagai salah satu terobosan memikat wisatawan nusantara dan mancanegara di tengah pandemi Covid-19 ini. Promosi wisata digital tersebut juga dilakukan mengatasi anggaran promosi pariwisata. Sedangkan sektor pariwisata perlu segera dibangkitkan untuk memberikan kontribusi terhadap penerimaan devisa negara. 

Hal tersebut dikatakan Gubernur Jambi, H Al Haris pada webinar (seminar online) mengenai Literasi Digital dan Strategi Pemasaran Wisata Digital Nasional di Jambi, Rabu (29/9/2021). Webinar yang dilaksanakan dari Jakarta tersebut diselenggaraan Direktorat Jenderal Aplikasi dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) atas prakasa anggota DPR RI asal Jambi, Hasbi Anshory.

Menurut Al Haris, Digital Marketing Pariwisata merupakan sebuah pendekatan pemasaran pariwisata yang mengedepankan narasi, konten kreatif, living culture (kehidupan budaya) dan kekuatan budaya sebagai kunci promosi. Contohnya adalah medium film, sosial media seperti Instagram story dan unggahan Facebook, animasi hingga teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR). 

“Kami juga memiliki sasaran untuk meningkatkan peran sektor pariwisata, industri kecil dan menengah untuk peningkatan ekonomi rakyat dan daerah. Kami juga terus mengupayakan peningkatan kesadaran masyarakat dalam pengembangkan seni dan budaya. Karena itu promosi wisata sewcara digital ini perlu diintensifkan,”katanya.

Dikatakan, penggunaan digital marketing pariwisata memiliki banyak keunggulan untuk menarik minat wisatawan. Keunggulan tersebut, yaitu kecepatan penyebaran, kemudahan evaluasi, jangkauan lebih luas, murah dan efektif  serta tidak ada batasan geografis.

Destinasi wisata Jambi yang perlu dipromosikan secara digital (online), yakni Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD), Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) dan Taman Nasional Berbak (TNB). Selain itu masih ada warisan budaya situs prubakala Candi Muarojambi, warisan Geopark Merangin, Gunung Kerinci, sebagai gunung tertinggi di Sumatera dan Sungai Batanghari sebagai terpanjang di Sumatera.

“Kemudian Jambi juga memiliki objek wisata lingkungan yang menarik, yakni Koridor Gajah di Tebo dan Mangrove Pantai Cemara di Tanjungjabung Timur. Bila dipromosikan secara intensif secara digital dan dikelola dengan baik, objek-objek wisata tersebut akan menarik minat wisatawan,”katanya. (Matra/AdeS)


Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya