. Kasus Covid-19 Melandai dan PPKM Turun Level, Kota Jambi Segera Gelar Sekolah Tatap Muka 4 Oktober 2021 | MediaLintasSumatera
Home » , , » Kasus Covid-19 Melandai dan PPKM Turun Level, Kota Jambi Segera Gelar Sekolah Tatap Muka 4 Oktober 2021

Kasus Covid-19 Melandai dan PPKM Turun Level, Kota Jambi Segera Gelar Sekolah Tatap Muka 4 Oktober 2021

Written By MediaLintasSumatera on Senin, 27 September 2021 | 17.53

Vaksinasi pelajar di Balai Prajurit Korem 042/Garuda Putih (Gapu) Jambi baru-baru ini. (Foto : Matra/PenremGapuJambi)

(Matra, Jambi) – Melandainya kasus Covid-19 disertai turunnya status Peberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 menjadi PPKM Level 3 di Kota Jambi saat ini memungkinkan digelarnya kembali sekolah atau pembelajaran tatap muka (PTM) di kota itu. Karena itu seluruh sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) sederajat di Kota Jambi diupayakan bisa menggelar PTM mulai Senin (4/10/2021).

Kepala Pendidikan Kota Jambi, Mulyadi kepada wartawan di Kota Jambi, Senin (27/9/2021) menjelaskan, Wali Kota Jambi, Syarif Fasha sudah mengeluarkan instruksi mengenai PTM di Kota Jambi mulai Senin (4/9/2021). PTM dilakukan dengan memberlakukan syarat-syarat protokol kesehatan (prokes). PTM mulai dari tingkat SD hingga SMP dan sederajat dilakukan dengan ketentuan hanya diikuti 50 % dari kapasitas dalam setiap sesi (shift) belajar.

Dikatakan, anak-anak sekolah atau pelajar yang belum divaksin dan usianya masih di bawah 12 tahun tetap mengikuti PTM dengan jumlah dan waktu belajar yang terbatas. Sedangkan anak – anak sekolah usia 12 tahun ke atas yang diperbolehkan mengikuti PTM harus sudah mendapatkan vaksinasi. Selain itu para tenaga pendidik juga semuanya sudah divaksinasi.

Menurut Mulyadi, seluruh sekolah SD, SMP dan sederajat di Kota Jambi sudah siap menggelar PTM. Berdasarkan hasil peninjauan dan rapat koordinasi Dinas Pendidikan Kota Jambi pekan lalu, seluruh sekolah SD, SMP dan sederajat di kota itu telah menyiapkan fasilitas prokes. Baik itu alat pengukur suhu tubuh (thermogun), tempat cuci tangan dengan sabun di air mengalir dan pembatasan jarak kursi dan meja dalam setiap ruang kelas.

“Terkait persiapan PTM tersebut, kami sudah menginformasikan kepada seluruh sekolah SD, SMP dan sederajat di Kota Jambi agar benar-benar mempersiapkan diri menggelar PTM. Setiap sekolah juga kami minta kembali menyiapkan petugas Satgas Covid-19 guna mengawasi pelaksanaan prokes di sekolah selama PTM,”katanya.

Sementara itu, Kepala SMP Muthmainnah Kota Jambi, Nuraini mengatakan, pihaknya sudah siap menggelar PTM. Persiapan-persiapan PTM sudah dilakukan, mulai dari penyediaan fasilitas prokes (cuci tangan dengan sabun di air mengalir, thermogan dan jaga jarak).

“Kami sudah siap melaksanakan PTM dengan prokes yang ketat. Seluruh pelajar di sekolah kami yang usianya 12 tahun ke atas sudah divaksinasi. Sedangkan pelajar di bawah usia 12 tahun kami awasi ketat agar mematuhi prokes selama pTM, terutama menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangand engan sabun di air mengalir dan tidak berkerumun,”katanya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Jambi selaku Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jambi, Abu Bakar mengatakan, kasus Covid-19 di Kota Jambi dua pekan terakhir menurun drastis. Satu bulan lalu, jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di Kota Jambi mencapai 9.674 orang. Sedangkan hingga Minggu (26/9/2021), pasien Covid-19 yang dirawat tersisa sebanyak 374 orang.

Menurut Abu Bakar, status zonasi Kota Jambi yang sempat zona merah (risiko tinggi) penularan Covid-19 hingga awal September lalu kini sudah turun ke zona kuning (risiko rendah). Kemudian status PPKM Level 4 Kota Jambi yang diberlakukan hampir satu bulan kini sudah turun ke PPKM Level 3.

“Saat ini tidak ada lagi di Kota Jambi Rukun Tetangga (RT) berstatus zona merah dan oranye, tetapi hanya zona kuning. RT berstatus zona kuning di Kota Jambi tersisa sebanyak 18 RT. Sedangkan sebanyak 1.524 RT berstatus zona hijau,”katanya.

Terkait total kasus Covdi-19 di Kota Jambi, Abu Bakar mengatakan, jumlah kasus Covid-19 di Kota Jambi sejak Maret hingga September 2021 sudah mencapai 9.624 kasus. Pasien Covid-19 yang sembuh sebanyak 9.174 orang dan meninggal 250 orang.

Mengenai vaksinasi, lanjut Abu Bakar, sekitar 87 % warga Kota Jambi sudah divaksinasi. Sedangkan vaksinasi pelajar usia 12 tahun ke atas masih terus dilayani di puskesmas-puskesmas. (Matra/Radesman Saragih)



Share this article :

Posting Komentar

Kita Bisa

RAGAM BERITA

Redaksi Matra Mengucapkan

Redaksi Matra Mengucapkan
KLIK Benner Untuk Beritanya

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir

Perjuangan Paslon Vandiko Timoteus Gultom -Martua Sitanggang Mengganti Bupati Samosir
KLIK Benner Untuk Beritanya